Comscore Tracker

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!

Jadilah pekerja yang cerdas dalam bekerja

Bagi kamu yang bekerja dengan banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan, maka kamu harus bisa mengatur waktu dan jadwal kerjamu dengan sebaik mungkin agar bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Termasuk dengan memberikan hasil kerja yang terbaik.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan trik yang tepat agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat waktu untuk menunjang kinerjamu di tempat kerja. Nah kamu bisa menggunakan lima trik ini agar bisa melakukan hal tersebut. 

Baca Juga: 7 Trik yang Bikin Pekerjaan di Kantor Cepat Selesai, Makin Produktif  

1. Jauhi rasa malas agar tidak terbiasa menunda-nunda pekerjaan

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!ilustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa malas adalah godaan terbesar yang harus bisa kamu jauhi, karena rasa malas akan membuatmu tidak semangat dalam bekerja. Karena jika kamu mengikuti rasa malas, maka yang ada semua pekerjaanmu menjadi terbengkalai dan jadwal kerjamu pun bisa berantakan dibuatnya. Percayalah, rasa malas akan selalu menuntunmu untuk menunda-nunda pekerjaan yang kamu miliki. 

Jadi biasakan dirimu untuk tidak menunda pekerjaan, walau pekerjaan yang kecil sekalipun. Dengan begitu rasa malas yang suka timbul tiba-tiba akan mudah hilang karena kefokusanmu dalam bekerja terjaga dengan baik. Maka sebanyak dan sesulit apapun pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, bisa kamu selesaikan dengan cepat dan tepat waktu karena niat dan usahamu yang baik dalam menjauhi rasa malas. 

2. Jangan mudah menyerah dan selalu berusaha

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!ilustrasi kesulitan bekerja (pexels.com/Marcus Aurelius)

Jangan mudah menyerah saat kamu mengalami kesulitan dalam proses penyelesaian pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Terutama pekerjaan yang terbilang sulit dan berat untuk diselesaikan. Cobalah untuk selalu berusaha untuk bisa mengerjakannya dengan sebaik dan semaksimal mungkin dari kemampuan yang kamu miliki.

Jika dirasa berat, kamu bisa sejenak meninggalkannya dan mengalihkan diri ke pekerjaan yang mudah agar tidak membuatmu merasa tambah mumet karena pekerjaan yang sebelumnya. Lalu cobalah lagi untuk melanjutkan pekerjaan yang sulit setelah menyelesaikan pekerjaan yang mudah. Tanamkan semangat pantang menyerah agar kamu tidak menjadi pribadi yang gampang lemah saat berhadapan dengan pekerjaan yang berat dan sulit. 

Baca Juga: 5 Tips Cepat Selesaikan Skripsi, Mahasiswa Semester Akhir Wajib Tahu

3. Jangan ragu meminta bantuan jika memang kamu kesulitan

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!ilustrasi meminta bantuan (pexels.com/Theo Decker)

Buang jauh-jauh rasa gengsimu karena tak mau bertanya dan meminta bantuan pada rekan kerja lainnya. Meminta bantuan bukan berarti kamu lemah atau tak mampu, justru kamu akan mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman dari rekan kerja lainnya yang jauh lebih paham dan bisa menyelesaikan kesulitanmu. Maka sisi positifnya kamu akan mendapatkan pembelajaran baru sehingga ke depannya kamu bisa menyelesaikan permasalahan yang sama atau tak jauh berbeda dengan yang saat ini sedang kamu kerjakan. 

Yang terpenting saat meminta bantuan, kamu hanya perlu mempertanyakan hal-hal yang membuatmu bingung saja, sedangkan untuk penyelesaiannya tetap harus kamu yang mengerjakannya. Dengan begitu kamu juga tidak memberatkan rekan kerjamu dan juga tetap membuatmu produktif serta bertanggung jawab akan pekerjaanmu sendiri. Ingat, jangan pernah memaksa saat meminta bantuan agar tetap bisa menjaga relasi yang baik dengan rekan kerja lainnya. 

4. Jadikan sebagai prioritas

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!ilustrasi prioritaskan tugas (pexels.com/cottonbro studio)

Jadikan pekerjaanmu sebagai prioritasmu agar kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tepat waktu. Karena jika kamu mudah mengesampingkan pekerjaaan yang ada untuk hal yang lain, maka pikiran dan konsentrasimu akan beralih ke hal tersebut. Nah saat kamu ingin memulai kembali mengerjakan pekerjaan yang kamu tinggalkan tadi, maka akan membutuhkan waktu tambahan untukmu mengulang dan me-review kembali untuk tahu sudah sampai mana pekerjaanmu yang sebelumnya.

Belum lagi tambahan waktu untuk memusatkan pikiran dan fokusmu agar bisa melanjutkan pekerjaan tersebut. Maka waktu pengerjaanmu menjadi lebih panjang karena ter-pending. Padahal jika saat itu kamu langsung mengerjakannya, maka akan lebih cepat selesai. Apalagi jika kamu tak mengalami kesulitan dan kendala yang berarti di dalam proses pengerjaannya. Maka usahakan untuk tidak mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, terutama karena hal lain yang tidak terlalu mendesak. 

5. Menjaga fokusmu dengan baik dari distraksi yang ada

5 Trik Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat dan Tepat Waktu, Jauhi Malas!ilustrasi fokus kerja (pexels.com/SHVETS production)

Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat waktu akan bisa kamu lakukan saat kamu bisa menjaga fokusmu dengan baik saat mengerjakannya. Karena isi pikiranmu sepenuhnya benar-benar tertuju pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan tersebut. Dengan begitu konsentrasimu tidak akan mudah pecah dan kamu akan merasa lebih mudah untuk bisa menyelesaikannya. Maka usahakan untuk bisa menghindari diri dari distraksi-distraksi yang ada agar pikiranmu saat bekerja gak mudah teralihkan begitu saja. 

Karena tergoda akan distraksi hanya akan membuyarkan fokusmu dalam bekerja. Jika kamu merasa kondisi ruanganmu tidak kondusif, maka pindahlah ke ruangan lain agar kamu bisa tetap fokus bekerja. Misalnya pindah ke ruangan meeting, namun kamu tetap harus meminta izin pada atasanmu dulu agar menghindari hal yang tak diinginkan. Karena bisa saja ketika atasan mencarimu, kamu tidak ada di tempat sehingga berasumsi kamu lalai akan pekerjaanmu karena meninggalkan ruangan kerja tanpa izinnya. 

Tingkatkan kinerjamu dengan bekerja secara efektif dan efisien agar kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada dengan cepat dan tepat waktu. Hal tersebut tentunya baik untuk perkembangan kariermu di tempat kerja. Kamu jugalah yang akan mendapatkan dampak positifnya. Maka untuk mempermudah dan memperingkas pekerjaanmu, kamu bisa mencoba lima trik di atas agar pekerjaanmu dapat cepat selesai dan tepat waktu. Bahkan mungkin sebelum deadline

Baca Juga: 5 Tips Agar Cepat Dapatkan Pekerjaan Melalui LinkedIn, Harus Aktif!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya