Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lain

Jangan mudah percaya ya!

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya komunikasi. Dengan adanya hal tersebut kamu dituntut untuk senantiasa berperilaku baik kepada orang lain tanpa terkecuali. Namun terkadang ada orang yang memanfaatkan kebaikan tersebut dengan cara membohongi.

Oleh karena itu, kamu harus bisa berjaga-jaga agar hal tersebut tidak terjadi dan merugikan dirimu. Ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan agar tak mudah dibohongi. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Selalu berpikir skeptis terhadap sesuatu yang tak pasti

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lainpexels.com/pixabay

Berpikir skeptis berarti tidak mudah percaya terhadap apa pun yang belum pasti kebenarannya. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk menghindarkanmu dari kebohongan yang dilakukan oleh orang lain kepadamu.

Selalu biasakanlah dirimu untuk tidak mudah percaya terhadap pertanyaan yang tak pasti. Carilah fakta yang sebenarnya agar mereka tidak memanfaatkan apa yang telah kamu berikan kepadanya.

2. Mempertanyakan terkait kebenaran hal tersebut sebanyak-banyaknya

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lainpexels.com/mentatdgt

Selain berpikir skeptis, kamu juga harus bisa melihat suatu permasalah dengan kritis. Tanyakan segala hal yang terkait kebenaran hal tersebut agar kamu tidak termakan kebohongan. Berikanlah pertanyaan kepadanya secara membabi buta jika ada sesuatu yang mencurigakan.

Jangan tidak enakan demi kebenaran yang harus dibuktikan. Lagipula mereka juga tega-tega saja membohongimu untuk kepentingannya sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus membiasakan bertanya sebanyak-banyaknya terhadap sesuatu yang belum terbukti benar.

3. Melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lainpexels.com/cottonbro

Ketika ada seseorang yang berusaha membohongimu dengan pernyataan-pernyataan mencengangkan, maka cobalah untuk melihat permasalahan tersebut dengan menggunakan perspektif dua sisi. Kamu harus bisa mencari orang lain untuk diajak diskusi.

Mintalah pendapat pada teman-temanmu agar kamu tidak mudah termakan kebohongan. Jika hal itu menurutmu benar, maka janganlah cepat percaya. Lakukanlah observasi terhadap pendapat orang lain mengenai hal tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Gampang Dibohongi Pasangan, Hati-hati yang Suka Rayuan

4. Melatih kemampuan fokus dengan tidak banyak merenung

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lainpexels.com/bongkarn thanyakij

Seseorang yang mudah dibohongi terkadang dia adalah yang suka berdiam diri. Terlalu banyak merenung akan menimbulkan damapk positif dalam diri. Kamu akan fokus ketika menghadapi segala sesuatu yamg ada di dapam kehidupan segaru-hari.

Ketidakfokusan yang kamu miliki tersebut akan berbuntut panjang pada sikap mudah percaya. Orang lain pasti akan memanfaatkan kekuranganmu tersebut untuk mengelabuhimu. Oleh karena itu, hilangkanlah kebiasaan suka merenung agar kefokusanmu bisa kembali berfungsi dengan baik.

5. Mencari teman sebanyak-banyaknya

Lakukan 5 Hal Bijak Ini Agar Kamu Tak Mudah Dibohongi Orang Lainpexels.com/fauxels

Salah satu cara yang paling efektif agar kamu tidak mudah dibohongi adalah mencari teman sebanyak-banyakna. Ketika kamu memiliki banyak teman, seseorang yang berencana membohongimu akan berlikir dua kali. Hal tersebut karena kamu memiliki power gang besar pada kehidupan bersosial.

Lagipula memiliki banyak teman juga dapat menambah perspektif yang ada di dalam dirimu. Pasti ada banyak orang yang memiliki sudut pandang berbeda jika melihat sebuah permasalahan. Kamu bisa belajar banyak tentang hal tersebut kepada temanmu agar tak mudah dibohongi.

Itulah kelima cara yang bisa dilakukan agar tak mudah dibohongi. Jangan mudah percaya terhadap sesuatu yang masih mengambang ya!

Baca Juga: Polos Banget, 6 Zodiak Ini Konon Gampang Dibohongi!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya