Comscore Tracker

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!

pasti bikin semangat lagi

Ucapan semangat bisa diberikan saat seseorang berada dalam kesulitan atau sedang khawatir akan suatu hal. Meskipun terkesan sederhana, ucapan semangat ini bisa membantu mereka untuk bangkit, loh!

Kamu bisa memberikan ucapan semangat bahasa Korea yang sederhana dan gampang diingat ini. Beberapa di antaranya juga sering muncul di drama Korea, lho!

1. Fighting!

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama While You Were Sleeping (dok. SBS/While You Were Sleeping)

Kata ini mungkin sudah sering kamu dengar. Fighting (파이팅) atau hwaiting (화이팅) digunakan saat kamu akan menyemangati seseorang yang akan melakukan sesuatu.

Meskipun berasal dari kata Bahasa Inggris (fight) yang artinya berkelahi, dalam bahasa Korea kata ini punya makna berbeda. Kata ini menggambarkan ucapan semoga sukses atau untuk mengangkat jiwa juang dengan mengucapkan semangat!

2. Himne

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Be Melodramatic (dok. jtbc/Be Melodramatic)

Himne (힘내) atau bentuk formal himneseyo (힘내세요) juga bisa jadi ungkapan memberikan semangat. Himnae dalam bahasa Indonesia ibaratnya seperti "semangat ya!" atau "yang kuat ya!"

Saat melihat orang lain menghadapi masa sulit, kamu bisa katakan "힘내세요! 제가 있잖아요 (himneseyo jega itjanayo)". Artinya, "Semangat ya! Kan ada aku di sini."

3. Halsuisseo!

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Vincenzo (dok. tvN/Vincenzo)

Saat seseorang sudah pasrah dan butuh dorongan semangat, coba katakan halsuisseo (할수있어). Dalam bahasa Indonesia, frasa ini berarti "Kamu bisa melakukannya!"

Frasa ini bisa digunakan untuk seseorang yang merasa ragu saat melakukan sesuatu. Bisa juga untuk sekadar menyemangati seseorang sebelum mereka melakukan sesuatu yang penting, seperti ujian, wawancara kerja, atau pertandingan.

4. Pogihajima

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Fox Bride Star (dok. SBS/Fox Bride Star)

Pogihajima (포기하지마) memiliki makna "jangan menyerah". Ungkapan ini cocok digunakan untuk menyemangati seseorang yang merasa putus asa, kehilangan motivasi, dan hampir menyerah pada sesuatu.

Bentuk pogihajima (포기하지마) digunakan untuk situasi kasual. Sementara untuk situasi formal seperti berbicara pada atasan, senior, atau orang yang lebih tua, gunakan pogihajimaseyo (포기하지 마세요).

5. Gwenchana

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Welcome to Waikiki (dok. jtbc/Welcome to Waikiki)

Saat sahabat dekatmu sudah berusaha keras namun hasilnya jauh dari harapan, ungkapan gwenchana (괜찮아) bisa digunakan untuk meghibur mereka. Kata ini sama maknanya dengan "it's okay" atau "tidak apa-apa".

Kata ini juga punya bentuk formal yaitu gwenchanayo (괜찮아요). Ungkapan menghibur  ini ditujukan untuk memberi tahu seseorang bahwa mereka akan baik-baik saja.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea, Kiyowo Banget!

6. Jalhesseo

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Reply 1988 (dok. tvN/Reply 1988)

Jalhesseo (잘했어) merupakan ungkapan yang berarti "kerja bagus". Ucapkan saat seseorang melakukan sesuatu dengan tepat atau sempurna.

Ucapan ini bisa memberikan semangat dan dukungan pada orang lain yang sudah berusaha keras. Contohnya, saat seseorang berhasil mendapatkan nilai tinggi saat ujian, kamu bisa katakan jalhesseo (잘했어) atau jalhaesseoyo (잘했어요) untuk bentuk formal.

7. Sugohaesso

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Itaewon Class (dok. jtbc/Itaewon Class)

Kata lain yang bisa jadi ucapan semangat dalam bahasa Korea adalah sugohaeeso (수고했어) atau suggohaessoyo (수고했어요). Ungkapan ini bermakna "kamu sudah bekerja dengan baik".

Ungkapan ini sering diucapkan idol atau artis Korea kepada para staf yang sudah bekerja keras setelah selesai bekerja. Jadi kalau ada teman yang kelelahan sehabis bekerja atau melakukan tugas berat, kamu bisa bilang sugohaeeso (수고했어), ya!

8. Geokjeong hajima

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama It's Okay not to be Okay (dok.tvN/It's Okay not to be Okay)

Temanmu terlalu overthinking? Bilang saja geokjeonghaji ma (걱정하지마) yang berarti "jangan khawatir".

Frasa ini pas digunakan dalam situasi ketika seseorang khawatir tentang suatu masalah. Kalau ditujukkan dalam situasi formal atau orang yang dihormati, bentuknya menjadi geokjeong hajimaseyo (걱정하지마세요).

9. Eungweonhalge

9 Ucapan Semangat Bahasa Korea, Banyak Muncul di KDrama!cuplikan drama Yumi's Cells (dok. tvN/Yumi's Cells)

Kalau kamu ingin menunjukkan dukunganmu pada orang terdekat yang sedang bermasalah, ungkapan yang tepat dalam bahasa Korea adalah eungwonhalge (응원할게). Ungkapan ini bermakna "aku akan mendukungmu".

Jadi, saat ada seseorang yang harus membuat keputusan sulit, kamu bisa katakan eungwonhalge (응원할게) atau eungwonhalgaeyo (응원할게요). Mereka pasti merasa tenang karena ada orang yang mendukungnya!

Itu dia beberapa ucapan semangat bahasa Korea yang bisa kamu berikan pada orang terdekat. Semoga perhatian kecil ini bisa membuat mereka terhibur dan kembali bersemangat, ya!

Baca Juga: 11 Kata Watak Manusia dalam Bahasa Sunda, Bahasa asli Urang Sunda

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya