Comscore Tracker

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembang

Jangan sampai mindset yang salah membatasi potensi diri

Masa depan menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan sedari ini. Apa yang kita alami hingga saat ini akan menjadi bekal untuk terus tumbuh menyongsong masa depan. Coba hitung berapa banyak keputusan yang telah kamu ambil hingga sampai di posisi sekarang ini. Dalam mengambil keputusan pun ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Namun jika kamu kerap berpikiran sempit, kamu akan sulit berkembang terutama saat menghadapi hal baru. Mindset ini harus segera dirubah agar kamu tak rugi sendiri. Mengapa tak boleh berpikiran sempit? Simak sederet alasannya berikut ini.

1. Membuatmu menolak saran bagus

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembangilustrasi menerima saran (pixabay.com/StockSnap)

Berpikiran sempit membuat kamu cenderung antipati terhadap saran yang sebenarnya sifatnya membangun. Pertimbangkan dengan baik jika menerima saran dari orang lain. Seseorang tentu bukan tanpa alasan memberi masukan melainkan hal itu sesuai dengan apa yang pernah dialaminya.

Hidup terlalu singkat untuk mencoba semua hal di dunia, sehingga masukan dari orang yang berpengalaman sangat berharga nilainya. Tidak masalah juga mendengarkan masukan dari orang yang lebih muda jika hal itu berkaitan dengan keahlian yang ia miliki di bidang tertentu. Justru patut bersyukur karena kamu berkesempatan belajar dan mendapat ilmu baru.

2. Melewatkan peluang yang datang

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembangilustrasi merenung (pixabay.com/mcredifine)

Setiap orang memiliki kesempatan dan peluang yang berbeda-beda dalam hidupnya. Sebaiknya jangan pernah melewatkan kesempatan yang datang, apalagi jika hal itu benar-benar datang di depan mata.

Belum tentu orang lain mendapat kesempatan yang sama seperti kamu mendapatkannya, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Ambil semua kesempatan yang ada selama itu menawarkan hal yang lebih baik dari apa yang kamu miliki saat ini karena belum tentu juga peluang akan datang dua kali. Sekalipun kamu gagal, tetap akan ada nilai-nilai berharga yang bisa diambil. 

3. Buang-buang waktu

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembangilustrasi membaca buku (pixabay.com/pasja1000)

Setiap peristiwa selalu mendatangkan pengalaman berharga. Dikatakan berharga karena pengalaman yang kita dapat belum tentu orang lain alami juga. Menggunakan waktu untuk mencoba hal baru akan memberikan pengalaman yang setidaknya bisa berguna baik untuk diri sendiri maupun memberi manfaat bagi orang disekitar.

Malas mencoba dan melakukan sesuatu hanya akan membuat waktumu terbuang. Daripada menyia-nyiakan waktu dan hidup terasa membosankan, lebih baik digunakan untuk mengeksplor hal baru. Siapa tahu kamu bisa menemukan minat dan bakat baru yang sebelumnya tak terpikirkan. Menarik bukan?

Baca Juga: Gak Cuma Duduk Sila, 8 Jenis Meditasi Ini Bikin Pikiran Adem

4. Mempertimbangkan keputusan jangka panjang

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembangilustrasi berpikir (pixabay.com/kaboompics)

Apa yang kita putuskan saat ini bisa jadi tidak langsung memberi dampak pada saat ini juga. Alangkah baiknya saat mengambil keputusan tak hanya mempertimbangkan saat sekarang saja namun juga memperhatikan dampak jangka panjangnya. Jika mengikuti mood saja bukan tidak mungkin kamu akan mengabaikan kesempatan yang datang saat itu. Tapi jika mempertimbangkan efek jangka panjangnya tentu akan ada hasil yang bisa dipetik. Ingat bahwa kita tidak hidup di masa kini saja namun ada masa depan yang harus dipersiapkan. 

5. Investasi di masa mendatang

5 Alasan Harus Stop Berpikiran Sempit, Bikin Gak Berkembangilustrasi bekerja (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Investasi tentu bukan hanya berwujud materi saja, ya. Memacu diri agar terus berkembang tak lain juga untuk investasi di masa mendatang. Sesuatu yang kamu lakukan saat ini bisa jadi adalah hal yang akan kamu butuhkan di masa depan. Peluang yang kamu ambil bahkan dapat membuka peluang-peluang yang lain agar berdatangan. Pertahankan motivasi agar terhindar dari rasa malas berkepanjangan. Menunda-nunda waktu hanya akan membuatmu tertinggal di tengah ketatnya persaingan saat ini.

Itu dia sederet alasan mengapa harus berhenti berpikir sempit. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan diri termasuk mindset kita yang kadang membuat kita jadi membatasi diri akan hal positif di luar sana.

Baca Juga: 7 Kegiatan yang Bisa Mengalihkan Pikiran Penderita Trikotilomania

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya