Comscore Tracker

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!

Jangan sampai terlewat

Bulan Ramadan merupakan waktu yang dinantikan dan istimewa bagi umat muslim. Di bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Bagi mereka yang berhalangan untuk berpuasa harus menggantinya lain waktu.

Banyak keutamaan bulan Ramadan yang membuat umat muslim lebih rajin beribadah. Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu jangan sampai melewatkan bulan istimewa ini ya. Berikut keutamaan bulan ramadan yang harus kamu ketahui.

1. Bulan diturunkannya Al-quran

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!en.shafaqna.com

Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya kitab suci umat muslim, yaitu Al-quran. Seperti yang terdapat dalam surat Al-baqoroh ayat 185 yang berarti, "Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan  Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu."

Dalam ayat itu umat muslim diwajibkan untuk berpuasa pada bulan Ramadan. Dan hendaknya umat muslim mempelajari Al-quran dengan lebih giat pada bulan diturunkannya. Kamu bisa mulai dengan memperbaiki bacaan, menambah hafalan, atau mempelajari tafsinya. Dengan begitu kamu bisa mengamalkan isi Al-qur'an dengan benar.

2. Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!gulfnews.com

Ramadan menjadi bulan di mana pintu surga dibuka seluas-luasnya dan pintu neraka ditutup, setan juga dibelenggu pada bulan Ramadan. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi, "Apabila datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhori).

Hadis tersebut bermaksud bahwa Allah akan membukakan pintu surga sebagai kemudahan bagi hamba-Nya yang beribadah di bulan ramadan. Pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu agar umat dapat menjauhi segala kemaksiatan.

3. Pahala ibadah dilipatgandakan

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!blog.dawntravels.com

Selama bulan Ramadan, pahala setiap ibadah dan kebaikan akan dilipat gandakan. Ibadah rutin seperti sholat dan membaca Al-qur'an akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah. Inilah kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah.

Kamu bisa menambah amalan dengan sholat sunah, tilawah, dan bersedekah. Dalam hadis riwayat Tirmidzi menyebutkan memberi makanan atau minuman untuk orang yang berpuasa akan mendapat pahala seperti orang yang puasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang tersebut. Yuk, panen pahala di bulan Ramadan

Baca Juga: Selama Ramadan, PKS Buka Posko Takjil Gratis untuk Masyarakat

4. Ada malam istimewa di bulan ramadan

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!beabettermuslim.com

Di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Malam tersebut adalah lailatul qadar. Seperti yang terdapat dalam surat Al-qadr yang berbunyi," Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Pada malam-malam ganjil akhir bulan Ramadan terdapat satu malam yang utama. Jadi hendaknya kamu memperbanyak ibadah di bulan Ramadan agar mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar.

5. Salah satu waktu dikabulkannya doa

5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!aboutislam.net

Bulan Ramadan menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Seperti sabda Rasulullah, "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan."

Yuk, perbanyak doa kepada Allah di bulan Ramadan dan perbanyak minta ampunan atas segala dosa. Jangan lupa mendoakan umat muslim lainnya ya.

Itulah 5 keutamaan bulan Ramadan. Jangan lewatkan keutamaannya ya. Yuk perbanyak amal ibadah di bulan Ramadan agar makin berkah.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You