Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!

Bukan karena gak punya ayang

Rasa kesepian sering kali disangkutpautkan dengan tidak adanya pasangan yang menemani kita. Padahal sejatinya rasa kesepian itu tumbuh dari dalam jiwa manusia dan bukan karena tiadanya orang lain di sisi kita. Sekalipun seseorang dikelilingi banyak orang, jika di dalam jiwanya tidak merasa bahagia tentu dia tetap merasa kosong dan kesepian.

Nah, lantas bagaimana agar hati kita senantiasa merasa bahagia dan jauh dari rasa kosong dan kesepian? Gak melulu harus nyari gebetan kok, pertama-tama kamu harus mengubah kebiasaan yang salah lebih dahulu. Apa saja, ya, yang kira-kira perlu diubah? Yuk, simak selengkapnya pada ulasan berikut ini!

1. Hidupmu hanya mengikuti hidup orang kebanyakan

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/cottonbro)

Sering kali seseorang hanya hidup tetapi tidak memaknai hidupnya. Hidup hanya kamu habiskan untuk mengikuti apa yang kebanyakan orang lakukan tanpa benar-benar tahu apa yang kamu inginkan. Jika sudah begini, gak heran jika hal ini sering kali membuatmu merasa kesepian.

Rasa sepi itu timbul karena kamu gak punya tujuan hidup. Kamu gak tahu apa yang kamu cari dan kejar selama ini. Sejauh ini kamu hanya mengemudi di belakang kendaraan orang lain seraya berharap tujuan kendaraan lain yang sedang kamu ikuti akan berakhir di tempat yang indah.

Agar kamu gak lagi merasa kosong, mulai sekarang berbincanglah dengan diri sendiri. Tanyakan kembali pada dirimu apa yang benar-benar dia mau. Ingat, kamu gak harus selalu mengikuti jejak orang lain untuk merasa bahagia. Bahagia itu kamu yang rasakan, bahagia itu gak lahir dari ikut-ikutan.

2. Kamu menutup diri dari orang-orang baru

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Jika kamu kerap menutup diri dari orang-orang baru, wajar rasanya jika kamu kerap merasa kosong dan sepi. Mengapa demikian? Karena semakin kamu membatasi interaksi dengan banyak orang, pengalaman hingga lingkaran pertemananmu akan semakin sedikit. Alhasil, gak jarang kamu benar-benar kesulitan mencari tempat berbagi cerita saat hidup tengah kacau-kacaunya.

Kita memang gak boleh terlalu gampang percaya dengan orang yang baru kita kenal. Tetapi bukan berarti harus menutup diri dan benar-benar antisosial. Punya banyak teman baru bisa memperluas perspektifmu tentang kehidupan. Selain itu, membuka diri dengan orang baru bisa mempertemukanmu dengan orang-orang satu frekuensi, setujuan, mirip dalam hal kepribadian, pemikiran, hingga nasib. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Tetap Merasa Kesepian meski Sudah Menjalin Hubungan

3. Kamu terpaku kepada kelemahanmu

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!ilustrasi perempuan melamun (pexels.com/Liza Summer)

Biasanya rasa sepi dan kosong itu hadir karena kamu gak nyaman dengan dirimu sendiri. Kamu belum sepenuhnya menerima kurang dan lebih yang ada pada dirimu. Alhasil yang kerap muncul ke permukaan hanya perasaan minder dan rendah diri.

Hal tersebut yang membuatmu kesulitan membangun circle pertemanan dan hubungan dengan orang lain. Nah, kalau kamu gak mau semakin akrab dengan yang namanya kesepian, coba deh untuk menerima dulu apa saja kekuranganmu.

Kamu gak perlu fokus menutupi kekurangan itu dengan cara sedemikian rupa. Yang perlu kamu lakukan hanya menonjolkan kelebihanmu sampai orang lain lupa bahwa kamu punya kekurangan. Yuk, berubah!

4. Kamu terlalu ambisius dan lupa menikmati hidup

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!ilustrasi perempuan melamun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu sadar gak, salah satu sebab kamu kerap merasa sepi dan kosong adalah karena kamu gak menikmati hidupmu. Mungkin selama ini, hidup hanya kamu habiskan untuk mengejar uang, jabatan atau nama besar. Kamu punya banyak ambisi yang kamu sendiri susah untuk mewujudkan.

Jika hal tersebut tengah kamu rasakan, gak ada salahnya untuk ambil rehat sebentar. Menenangkan diri sejenak dari rutinitas yang berat dan membebani pikiran. Kembalikan lagi rasa tenang dan ikuti lagi apa yang hati kecilmu bisikkan. Jangan lupa, ambisimu bisa jadi malapetaka jika kamu terlalu bernafsu dalam mengikutinya, lho!

5. Kamu gak mau belajar agama dan terkesan menjauh dari Tuhan

5 Kebiasaan yang Kerap Buat Hatimu Merasa Sepi dan Kosong, Ubah!ilustrasi perempuan depresi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Memang gak semua hal harus dikaitkan dengan agama. Namun, untuk urusan hati terasa sepi dan kosong ilmu agama memang berperan penting di dalamnya. Sejatinya, semakin kamu menjauh dari Tuhan, memang rasa sepi, hampa, dan kosong sering kali hadir menjadi kawan.

Bukan untuk menggurui, tetapi di dalam hidup segala sesuatu memang harus kita kembalikan ke sudut pandang agama. Hal tersebut kita lakukan agar setiap peristiwa dalam hidup bisa kita terima dengan lapang dada dan berujung pada keikhlasan. Jika kita konsisten melakukannya gak ada rasa kosong yang kita rasa, karena hati kita senantiasa mengingat Tuhan.

Alih-alih mencari hiburan dan menghamburkan banyak uang untuk mencari kebahagiaan, coba bersihkan hatimu dan kembalilah ke jalan Tuhan. Lihatlah seberapa ajaibnya ketenangan yang kamu rasakan!

Sudah paham, kan, kebiasaan apa saja yang kerap membuatmu merasa kosong dan kesepian? Diperbaiki pelan-pelan agar hidupmu lebih bahagia. Sekali lagi ingat, ya, untuk bahagia kita gak harus ikut-ikutan standar orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda kalau Kamu Butuh Emotional Healing, Merasa Kosong dan Hampa

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya