Comscore Tracker

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopan

Cukup ucapkan terima kasih pada kepeduliannya

Setelah berpisah dengan orang yang dicintai tentu tidak bisa langsung lupa dan menjadi asing begitu saja. Sehingga, menjadi hal yang wajar bila mantan kamu masih peduli dan perhatian, apalagi jika dia tahu hal buruk terjadi padamu. 

Namun saat merespon kepedulian dan perhatian mantan pun tidak boleh berlebihan, supaya dia tidak merasa diberi kesempatan untuk bisa balikan denganmu. Lalu bagaimana cara menyikapinya dengan benar? Simak beberapa caranya dalam pembahasan berikut ini. 

1. Respon sewajarnya saja ketika dia menghubungimu

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopanilustrasi menelepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika ada seseorang yang peduli kepada kita tentu suatu hal yang patut disyukuri walaupun orang itu mantanmu sekalipun. Sehingga untuk menghargai kepedulian dan perhatiannya, ada baiknya untuk tetap merespon dengan sopan. 

Salah satunya ialah dengan merespon sewajarnya saja. Tidak perlu terlalu excited ataupun berlebihan menunjukkan dirimu terharu olehnya, akan tetapi cukup dengan mengucapkan terima kasih padanya yang masih peduli walaupun kalian sudah putus. Jika dia memberi sesuatu, cukup diterima sebagai tanda kesopanan dan menghargainya saja. 

2. Tolak dengan sopan jika dia ingin memberimu bantuan

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopanilustrasi bicara (pexels.com/Keira Burton)

Jika rasanya kamu agak risi dengan kepedulian mantan padamu, maka cukup dengan menolak bentuk perhatiannya dengan sopan. Katakan baik-baik bahwa dia tidak perlu mengkhawatirkanmu lagi setelah kalian putus. 

Jika menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tentu tidak masalah dan tak akan menyinggung perasaannya. Sehingga kamu pun dapat lebih nyaman ke depannya, dan dia tidak perlu susah-susah memerdulikanmu lagi. 

Baca Juga: 5 Tips Sikapi Mantan yang Ngajak Balikan, Jangan Langsung Mengiyakan!

3. Tetap jaga jarak agar ia tidak berusaha merebut hatimu kembali untuk balikan

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopanilustrasi bicara (pexels.com/William Fortunato)

Ketika mantan menunjukkan kepeduliannya padamu, sebenarnya ada dua hal yang mendasarinya. Pertama, dia memang peduli dan khawatir, atau yang kedua ada niat tersembunyi untuk balikan denganmu. 

Kamu memang tidak bisa mengendalikan perasaannya, akan tetapi jika ingin balikan maka kamu bisa memberi jarak di antara kalian. Sehingga saat dia perhatian dan peduli padamu seperti itu, tetap respon dengan sopan tapi juga jaga jarak dan batasan agar dia tidak berharap lebih ke depannya. 

4. Respon sewajarnya jika dia menunjukkan kepedulian dari media sosial

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopanilustrasi pakai HP (pexels.com/Matheus Bertelli)

Peduli dan perhatian pada seseorang itu gak melulu harus ditunjukkan secara langsung, akan tetapi juga bisa melalui media sosial. Yang mana untuk meresponnya pun kamu cukup sewajarnya saja, sebagaimana interaksi dengan teman di media sosial. 

Karena kalau berlebihan bisa membuatnya baper dan salah paham akan maksudmu. Cukup sukai postingannya tentangmu, atau komentar dengan mengatakan terima kasih, intinya jangan memberi respon yang bisa membuatnya berharap lebih padamu lagi. 

5. Beri batasan privasi kalau dia tidak perlu ikut campur dan kepo dengan hidupmu lagi

5 Cara Sikapi Mantan yang Masih Peduli Padamu, Respon dengan Sopanilustrasi menolak (pexels.com/Vera Arsic)

Peduli dan perhatian pada mantan setelah putus tentu boleh-boleh saja, akan tetapi bukan berarti dia bisa ikut campur dalam kehidupanmu lagi. Sehingga kamu perlu menyadarkannya tentang itu dengan memberi batasan yang jelas. 

Bahwa apa-apa saja yang kamu alami setelah putus bukan lagi urusannya, begitu pula jika kamu sedang mengalami kesulitan. Karena setiap orang kan berbeda-beda, ada yang senang-senang saja dibantu mantan tapi ada juga yang risi dan merasa utang budi kalau dibantu mantan. Apalagi kalau putusnya tidak secara baik-baik. 



Intinya, kalau mantan masih peduli dan perhatian cukup disyukuri saja. Namun saat meresponnya, kamu harus hati-hati dan sewajarnya saja supaya tidak menimbulkan salah paham. 

Baca Juga: 5 Tips jadi Pribadi yang Benar-benar Move On dari Mantan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya