Comscore Tracker

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!

Dia sudah terlampau kecewa dengan sikapmu yang salah

Sebesar apapun keinginan kita untuk menjalin hubungan dalam waktu lama, kalau memang tidak dijalani dengan sungguh-sungguh dari kedua belah pihak pasti ada saja hal yang membuat hubungan berakhir putus. Karena gak bisa kalau cuma satu orang saja yang berjuang sedangkan kamu berbuat seenaknya. 

Gak melulu karena faktor eksternal, bahkan dari kesalahan sikapmu sendiri pun juga bisa membuat pasangan jadi muak dan memilih untuk pergi, lho. Yang mana hal itu disebabkan oleh sikapmu yang benar-benar fatal dan tak bisa ditoleransi lagi hingga rasa kecewanya padamu terlalu dalam. Beberapa contohnya bisa dilihat dalam pembahasan berikut ini. Disimak, ya! 

1. Perselingkuhan yang terjadi berulang kali 

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perselingkuhan adalah tindakan menduakan kekasih yang dilakukan secara sadar, dan gak heran kalau kemudian dia memilih pergi ketika kamu menyelingkuhinya berulang kali. Kesalahan pertama mungkin bisa dimaafkan, tapi tidak dengan yang kedua dan seterusnya. 

Hal yang sangat fatal untuk dilakukan, apalagi jika hubunganmu sudah terjalin lama dan bertujuan ke arah pernikahan. Bisa dibayangkan seberapa dalam kecewanya terhadap tindakanmu hingga akhirnya memutuskan pergi. 

2. Minimnya penghargaanmu terhadap pengorbanannya 

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!ilustrasi menolak (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu sering mengabaikan effort yang dia lakukan untukmu dan menganggap sepele pada setiap pengorbanannya, maka sikapmu ini juga merupakan penyebab kenapa dia muak dan memilih pergi. Bukan karena tak cinta lagi, tapi karena dia sudah lelah ketika semua usahanya tak ada yang dihargai. 

Saat melakukannya kamu mungkin tidak sepenuhnya sadar bahwa hal itu bisa menjadi sesuatu yang kamu sesali. Karena ketika dia pergi dan menemukan seseorang yang bisa lebih menghargainya, di situlah kamu sadar bahwa tidak ada yang sebaik dia padamu. 

3. Dipermalukan di depan teman atau tempat umum 

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!ilustrasi tertawa (pexels.com/Helena Lopes)

Mau itu cewek atau cowok, gak ada lucu-lucunya kalau kamu sengaja mempermalukan pasangan di depan teman atau di tempat umum. Sikap seperti itu sangatlah fatal karena bisa melukai harga diri pasanganmu. 

Dan gak heran juga kalau kemudian dia muak dengan sikapmu yang mempermalukannya hingga memutuskan untuk pergi darimu. Karena hubungan yang sehat itu haruslah didasari dengan sikap saling menghargai sebagai bukti sayangnya kita ke pasangan. Bercanda dengan cara seperti itu pun juga gak pantas dilakukan. 

Baca Juga: Kenali Tanda Hubunganmu Masuk Toxic Relationship Menurut Psikolog

4. Menjadikan kemalangannya sebagai candaan 

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Sikap keempat yang juga merupakan suatu hal yang sangat fatal ialah jika dirimu menjadikan kemalangan yang dialaminya sebagai bahan candaan. Entah itu tentang kemalangan nasibnya, hal buruk yang dialami, atau hal memalukan yang terjadi di dirinya, semua itu sangat tidak pantas untuk dijadikan lelucon. 

Bukan karena tingkat humornya rendah, tapi dirimulah yang melakukan kesalahan besar dengan menertawakan kesulitan hidupnya. Apalagi setiap orang punya tingkat sensitif yang berbeda, bisa jadi dia malah makin sedih ketika kamu malah tertawa ketika dia menceritakannya padamu. 

5. Tidak mau berubah menjadi lebih mengerti dan tetap mengutamakan ego 

5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Muak dan Pergi, Sadari, ya!ilustrasi emosi (pexels.com/Budgeron Bach)

Pada dasarnya semua orang punya ego di dalam dirinya, dan semua itu tergantung dari bagaimana kita bisa mengendalikan ego sendiri. Dan sikapmu yang mengutamakan ego dan gak mau pengertian terhadapnya bisa jadi penyebab dia pergi darimu, lho. 

Dengan tingginya ego yang kamu miliki dan tak pernah mau berusaha mengerti dirinya wajar saja kalau kemudian dia lelah menghadapimu. Karena sesabar-sabarnya orang pasti capek kalau terus bersama dengan orang yang egois. 

Berakhirnya hubungan gak melulu dikarenakan faktor eksternal, bisa jadi karena sikapmu seperti dalam pembahasan tadilah yang kemudian membuatnya terlampau muak dan memilih pergi. Karena untuk apa dipaksakan kalau cuma bikin capek diri sendiri, kan. 

Baca Juga: Mengarah ke Toxic Relationship, 5 Tanda Kamu Dikontrol Oleh Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya