Comscore Tracker

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!

Pacar yang tulus adalah yang mau berbagi bersama

Awal berpacaran semua orang baru mengenal fisik saja, sehingga masih belum paham karakter pacar. Salah satu jenis pacar yang paling gak banget adalah pacar matre. Baik itu pria ataupun wanita, keduanya bisa saja punya sifat materialistis. Kata cinta gak akan cukup cuma sekedar dikatakan tanpa ada pembuktian. Coba cara ini untuk menghindari pacar matremu, pasti efektif!

1. Berani menolak permintaan pacar

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!ilustrasi menolak pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Jadi orang baik itu paling susah karena orang baik akan sangat kesulitan saat menolak permintaan orang lain. Orang baik dan polos lebih sering dimanfaatkan oleh orang lain. Tetapi jadi baik itu bukan hal yang salah kok, hanya saja harus lebih berhati-hati dengan orang yang berniat buruk padamu.

Kalau permintaan pacarmu sudah tak wajar, beranilah menolak permintaan pacarmu. Tegaskan bahwa kamu tak bisa membantunya. Apalagi jika permintaan itu berhubungan dengan uang karena sesuatu yang berhubungan dengan uang akan lebih sensitif. Jangan biarkan pacarmu dimanjakan dengan barang atau uang sehingga tak bisa belajar mandiri.

2. Jangan terlalu terbuka masalah keuangan

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!ilustrasi memperlihatkan keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau hubunganmu baru sekedar pendekatan atau baru awal berpacaran, jangan terlalu percaya padanya. Jangan menceritakan hal-hal pribadi yang seharusnya hanya kamu yang mengetahuinya. Kamu belum kenal luar dalam pacarmu, apalagi kalau hubungan baru terhitung mingguan. Jangan terlalu terbuka masalah keuangan pada pacarmu.

Ingat! Masalah finansialmu sebelum kamu menikah, hanya orangtua dan diri sendiri yang perlu mengetahuinya. Kecuali jika memang kamu ingin ke tahap hubungan yang lebih serius, itupun juga perlu diuji sebelum kamu menginformasikan keadaan finansialmu. Orang yang punya niat buruk akan berpura-pura baik di awal, sehingga kamu akan lengah setelah percaya padanya. Akhirnya, kamu hanya akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Baca Juga: 5 Ciri Cewek Matre yang Bisa Bikin Cowok Tekor, Perhatikan!

3. Sesekali berpura-pura lupa bawa dompet biar dia yang membayar

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!ilustrasi membayar di kasir (pexels.com/Jack Sparrow)

Setelah kenal beberapa bulan biasanya pacar matre sudah mulai kelihatan sifat materialistisnya. Dengan berbagai alasan ia akan menolak membayar saat kalian sedang jalan berdua. Entah itu dengan alasan gak pegang uang kecil atau justru jujur memang gak ada uang sama sekali.

Sesekali cobalah berpura-pura lupa bawa dompet, biarkan dia yang membayar. Lihat apakah dia akan tetap menolak bayar atau bertanggung jawab untuk membayarkan. Seringlah ajak bergantian membayar saat jalan berdua dan ajak patungan. Dengan begitu kamu bisa sedikit menghindari sifat matre pacarmu.

4. Jangan ajak ke tempat perbelanjaan

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!ilustrasi berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pacar matre biasanya lebih boros dan sering mengajak ke tempat perbelanjaan. Kalau kamu sering mengajaknya ke tempat perbelanjaan, ia hanya akan membiarkanmu untuk membayarkan tagihan belanjanya. Maka jangan ajak pacarmu ke tempat perbelanjaan.

Lebih sering ajak ke tempat ekonomis yang minim kesempatan berbelanja. Ajak saja sekedar jalan-jalan, sehingga ia tak punya pilihan untuk berbelanja. Kalaupun ia mengajak makan, ajaklah ke tempat makan sederhana. Berpakaianlah sederhana dan jangan tampak mewah.

5. Tinggalkan segera jika hubungan sudah tak sehat

5 Cara Jitu Menghindari Pacar Matre, Pasti Efektif!ilustrasi meninggalkan pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Bila hubunganmu sudah mulai tak sehat, segera tinggalkan pacarmu. Jangan terkecoh dengan rayuannya! Ia akan berpura-pura lemah, lalu mulai memanfaatkan lagi bila kamu terlalu gampang kasihan terhadapnya. Coba telusuri dirinya, apakah memang dia serius atau sekedar memanfaatkan kebaikanmu saja.

Jika pacarmu masih bisa diubah, coba ubahlah agar ia bisa menjadi orang yang lebih baik. Tetapi jika ia tidak bisa diubah, maka segera putuskan hubunganmu sebelum ia memanfaatkanmu lebih parah. Kalau dia sudah berani meminjam uang atau meminta membelikan barang mahal, maka artinya ia bukan orang baik.

Bedakan antara yang benar-benar membutuhkan bantuan atau sekedar mencari keuntungan dari kebaikanmu. Banyak pria dan wanita yang lebih baik di luar sana, jangan sedih bila ditinggalkan orang yang tak bertanggung jawab. Carilah orang yang mau berbagi susah senang bersama karena hidupmu lebih bermakna.

Baca Juga: 5 Pelajaran Positif yang Perlu Cowok Tahu tentang Cewek Matre

Airani Listia Photo Verified Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya