Comscore Tracker

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumit

Jadi makin ribet?

Keberadaan suatu hubungan asmara harusnya membuat kedua belah pihak merasa bahagia dan baik-baik saja, tidak ada yang merasa merugi atau bahkan dirugikan. Namun, semua itu berubah menjadi rumit di saat cara berpikirmu melebihi batasan yang ada.

Penting sekali mengelola mindset atau cara berpikir di dalam hubungan asmaramu, karena sifatnya sangat sensitif dan mudah mengubah segalanya. Untuk mengantisipasinya, yuk simak lima tanda jika cara kamu berpikir dalam hubungan terlalu rumit di bawah ini. 

1. Kelanjutan dari hubunganmu ke depannya

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumitilustrasi pria dengan wajah sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Tidak ada orang yang tahu kelanjutan seperti apa yang akan kamu hadapi bersama pasangan, apakah sebuah akhir yang bahagia, atau malah perpisahan yang membuat keduanya merasa sakit hati.

Jika kamu terus menerus memikirikan hal tersebut, itu hanya akan menambah beban pikiran dan kesannya hubunganmu sangat rumit. Jangan terlalu berlebihan, yang kamu butuhkan sekarang ini adalah menjaga hubungan sebaik-baiknya agar tidak retak di tengah jalan. 

2. Tidak adanya kepercayaan atas segala yang ia ucapkan

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumitilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/cottonbro)

Inti dari terjalinnya suatu hubungan adalah saling percaya satu sama lain, yang mana tidak ada saling menuduh atau berprasangka buruk secara berlebihan hanya karena cara berpikirmu yang terlalu kelewatan.

Padahal, tindakan semacam itu hanya akan membuat pasanganmu merasa tidak nyaman, apa yang dia katakan seakan suatu kebohongan tanpa ada bukti sama sekali. Bukannya hubungan makin lebih baik, malah ada kemungkinan untuk semakin merenggang. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Menjelaskan Mengapa Kamu Sering Merasa Hidupmu Rumit

3. Selalu negatif thinking tanpa alasan yang jelas

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumitilustrasi cewek mencurigai pasangannya (pexels.com/Alex Green)

Negatif thinking dalam hubungan menjadi sebuah ancaman nyata yang gak bisa dianggap sepele. Kadang kala, cara kita berpikir terlalu over atau berlebihan, yang mana sesuatu yang mudah dipahami bisa menjadi sangat rumit dan di luar kendali.

Apalagi, negatif thinking tanpa alasan yang jelas. Hubunganmu akan semakin menemukan kebuntuan, tidak ada orang yang merasa aman dan nyaman jika pasangannya selalu berpikiran negatif tanpa ada penyaringan terlebih dahulu. 

4. Mengatur pasangan secara berlebih dan terkesan memaksa

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumitilustrasi cewek menunjukkan catatan (pexels.com/ MART PRODUCTION)

Setiap orang pastinya ingin menjadi orang yang minimal punya sedikit kebebasan terlepas dari status seperti apa yang didapatkan, termasuk pasangan seseorang. Dalam hal ini, pasanganmu sama sekali tidak suka jika diatur melebihi batas kewajaran.

Apalagi sampai mengatur pasangan secara berlebihan dan terkesan memaksa, itu hanya akan membuat hubunganmu jadi sangat rumit. Tidak ada salahnya untuk sedikit memberi peraturan, namun tetap perhatikan juga kenyamanan dan persetujuannya juga. 

5. Mengubah pasangan sesuai dengan apa yang kamu mau sepenuhnya

5 Tanda jika Cara Kamu Berpikir dalam Hubungan Terlalu Rumitilustrasi perempuan bersedih (pexels.com/RODNAE Productions)

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, semua orang tahu itu. Namun, sering kali kita tidak sadar untuk mencoba mengubah pasangan sebagai seseorang yang mendekati kesempurnaan di mata kita sendiri.

Bahkan, mengubah pasangan sesuai dengan apa yang kita mau sepenuhnya. Padahal, pasanganmu bukanlah objek yang bisa diubah sedemikian rupa layaknya tidak punya kepribadian, cintailah pasanganmu baik dari kelebihannya maupun kekurangannya.



Setiap orang pastinya ingin mendapatkan hubungan yang langgeng dan tanpa konflik yang kurang jelas. Namun, pahami kelima poin di atas dengan baik, jangan sampai cara kamu berpikir di luar batasan dan membuat segalanya menjadi tambah rumit. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumit

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya