Comscore Tracker

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacar

Cemburu boleh tapi pada tempatnya, ya!

Sering kali orang mengaitkan cemburu dengan cinta. Seperti cemburu itu tandanya cinta. Iya, memang gak sepenuhnya salah, kok. Sebagai kekasihnya, kamu pantas merasa cemburu ketika melihat si dia akrab dengan cewek lain yang gak dikenal. Tetapi tetap saja, cemburu itu harus pada tempatnya. Jangan sampai jadi cemburu buta yang gak jelas apa sebabnya. 

Karena bila itu diteruskan, yang ada kamu malah akan merusak hubunganmu sendiri, lho. Setidaknya lima akibat di bawah ini harus ditanggung, kalau kamu tetap suka cemburu buta ke pacar. Ati-ati, ya!

1. Kamu akan terus dihantui rasa curiga tiap kali dia dekat dengan lawan jenis

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacarpexels/Andrea Piacquadio

Tak selamanya pacarmu hanya bergaul dengan sesama jenisnya saja. Kadang, dia juga perlu berteman dengan cewek selain kamu. Bukan berarti si dia niat selingkuh, lho. Bisa saja kedekatan mereka dipicu karena adanya hubungan kerja profesional. Sebagai rekan kerja di kantor, wajar dong kalau mereka sering bertemu dan terlihat akrab?

Tapi karena sudah dilanda cemburu buta, kamu jadi suka curiga tiap kali pacarmu dekat dengan wanita lain. Belum juga dengar penjelasan darinya, kamu sudah main tuduh seenaknya dan selalu berprasangka buruk terhadapnya. 

2. Kalian akan terus berdebat karena masalah yang sama, jenuh gak sih?

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacarpexels/ Alex Green

Terlalu sering merasa cemburu tanpa sebab, sangat mungkin membuat kalian memperdebatkan masalah yang sama. Satu sisi kamu teguh dengan perasaanmu yang mencurigainya selingkuh, di sisi lain pacarmu mulai jenuh dituduh terus. Wajar, kalau pada akhirnya dia naik pitam dan melawan.

Apa gak capek sih, tiap kali bertemu kalian selalu berdebat tanpa ada ujungnya? Coba kamu bisa lebih bersabar dan mau mendengar. Lihat dulu, penjelasannya. Apakah masuk akal atau tidak. Kalau memang yang dijelaskan sesuai dengan fakta, ya jangan mencari-cari kesalahannya lagi, dong! 

Baca Juga: 6 Tips Hadapi Pacar yang Gampang Cemburu, Biar Gak Sering Ribut! 

3. Daripada jujur tapi bikin ajur, dia lebih memilih bohong demi menghindari konflik denganmu

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacarpexels/Alex Green

Sikapmu yang sedikit-dikit cemburu lama-lama juga bakal bikin pacarmu jengah juga. Alhasil ketika harus bersinggungan dengan wanita lain untuk urusan pekerjaan, dia lebih memilih diam dan menyembunyikannya darimu. Baginya mending bohong sekalian deh, daripada bicara jujur tapi ujung-ujungnya berantem juga.

Terus jangan kecewa dan marah-marah, ya kalau pacarmu ketahuan nipu! Salahmu sendiri, kenapa waktu dia berniat menjelaskan dulu, selalu saja disangkal dan gak dipercaya? Gak salah, dong kalau pacarmu main aman dan memilih berbohong.

4. Hubungan kalian akan jauh dari kata harmonis karena dipenuhi rasa curiga dan terkekang

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacarpexels/Alex Green

Jangan harap kamu merasakan keharmonisan hubungan seperti saat awal jadian dulu. Tahu apa sebabnya? Tentu saja, akibat rasa cemburumu yang sudah kelewatan itu. Syukur, kekasihmu masih mau bertahan meskipun berkali-kali dituduh tidak setia. Itu artinya dia masih sayang padamu dan berharap kamu bisa berubah.

Meskipun bertahan karena masih sayang, tapi wajar jika sikapnya menjadi dingin dan gampang tersinggung tiap kali di dekatmu. Siapa juga yang gak tertekan, kalau hampir setiap hari selalu dituduh berbuat yang tidak-tidak. Tiap kali dekat dengan cewek lain, kamu langsung memberinya umpatan dan sumpah serapah. Padahal bisa saja, mereka hanya sekedar ngobrol tanpa ada maksud lebih di belakangnya. 

5. Bisa saja pada akhirnya pacarmu benar-benar selingkuh. Bukan karena niat, tapi akibat lelah dituduh terus

Tanggung 5 Akibat Ini Kalau Kamu Sering Cemburu Buta ke Pacarpexels/Alex Green

Tahu gak sih, ketakutan yang berlebihan bisa menjadi kenyataan suatu hari nanti? Sama seperti ketika kamu terlalu khawatir si dia bakal selingkuh. Dimana perasaan itu membuatmu jadi gampang cemburu tiap kali tahu dia dekat dengan cewek lain. Karena bosan dituduh terus olehmu, alhasil pacarmu memilih untuk benar-benar selingkuh sekalian. Toh, melakukan atau tidak, kamu tetap menuduhnya buruk kok.

Nah, kalau sudah begini kamu masih mau melimpahkan kesalahan ke dia? Coba pikirkan lagi deh. Introspeksi diri itu penting, sebelum menunjuk ke orang lain. Ada baiknya kamu berkaca dan mencari tahu apa yang kurang dari dirimu sampai si dia tega mendukanmu.

Jangan menjadikan cinta sebagai alasan kamu berhak merasa cemburu seenaknya. Justru karena kalian sudah saling cinta, rasa kepercayaan di antara kamu dan dia juga sudah cukup matang, dong! Cemburu boleh, tapi gak perlu berlebihan dan jatuhnya membuat pasanganmu dibatasi dan terbebani. Kalau posisinya dibalik, tentu kamu juga akan merasa kesal dan risi, deh. 

Baca Juga: Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa Cemburu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya