Comscore Tracker

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagia

Berharap boleh tapi jangan berlebihan

Saat baru saja jadian, sering kali kamu terbawa suasana dan membuatmu berharap banyak akan hubungan ini. Maklum, mungkin di hubungan yang sebelumnya kamu sempat dikecewakan mantan. Dimana itu membuatmu ingin "membalas dendam" dengan berambisi untuk memiliki hubungan asmara yang lebih sempurna lagi.

Maka muncullah beberapa keinginan yang diharapkan bisa terpenuhi oleh kekasihmu ini. Seperti lima ekspektasi berikut. Meskipun sering dianggap wajar, namun siapa sangka kalau dipaksakan itu bisa menjadi penyebab hubungan asmaramu jauh dari kata bahagia. Apa saja ekspektasi yang dimaksud? Keep reading, ya!

1. Ingin pacar selalu ada setiap kali kamu membutuhkannya

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagiapexels/Vlada Karpovich

Lagi kasmaran karena baru sebulan jadian, wajar kok kamu ingin senantiasa dekat dengannya. Tetapi bukan berarti kamu boleh berharap dia selalu ada tiap kali dibutuhkan, lho. Harus lihat situasinya dulu. Tentu pacarmu ingin memberikan bantuan ketika diperlukan. Namun maklum, jika satu-dua kali dia gak bisa menolongmu. Bukan berarti gak cinta atau tak berniat membantu, tapi bisa jadi kondisinya sedang tidak memungkinkan.

Misalnya nih, si dia sedang berada di luar kota sementara kamu perlu bantuannya segera, karena kondisi darurat. Gak mungkin, dong dia harus buru-buru pulang demi menolongmu? Lagi pula masih ada keluarga atau teman-teman terdekatmu yang bisa dimintai bantuan, kan? Terlalu berharap kekasihmu selalu ada setiap saat hanya akan membuatmu kecewa sendiri. Memangnya kepentingan dia cuma menjagamu 1 x 24 jam apa? 

2. Mau dia bersikap romantis dan sering memberi kejutan di momen-momen spesial kalian

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagiapexels/Caleb Oquendo

Bersyukurlah jika memang kamu mendapatkan pacar yang punya sifat super romantis. Karena itu artinya ekspektasimu ini tidak berlebihan. Bahkan tanpa diminta pun dia akan selalu memberimu kejutan di hari-hari spesial kalian. Misalnya pada momen hari jadi atau hari ulang tahunmu. Tapi jika memang kekasihmu bukan tipe yang romantis, ya jangan berharap banget, dong!

Mungkin dia punya cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa sayangnya ke kamu. Gak melulu memberikan kejutan atau membawakan kado serta bunga seperti yang kamu impikan. Daripada berharap berlebihan lalu kecewa, lebih baik bebaskan dia untuk menunjukkan perasaannya dengan jalannya sendiri. Percaya deh, kalau bisa bersikap demikian kamu akan jauh lebih bahagia. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk Pacar

3. Berharap pacarmu gak akan pernah tergoda dengan cewek/cowok lain

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagiapexels/Andrea Piacquadio

Boleh dibilang semua orang pasti ingin kekasihnya bisa setia. Jadi wajar sih, kalau kamu berharap pacarmu gak akan pernah melirik wanita lain. Tapi bukannya berprasangka buruk, ya. Selalu ada kemungkinan pacarmu tertarik dengan cewek lain, lho. Bukan berarti selingkuh juga. Hanya saja manusiawi kali, ketika dia bertemu lawan jenis yang lebih cantik secara fisik darimu, lalu membuatnya terpesona.

Selama itu hanya kekaguman sesaat sih, gak perlu diambil pusing. Kecuali dia berniat untuk mendua di belakangmu. Makanya, lebih baik gak usah deh berharap pacarmu bisa setia seratus persen. Nanti kalau ujung-ujungnya dia suka lirik kanan-kiri kamu jadi kebakaran jenggot sendiri, deh. 

4. Kamu mau hubungan kalian selalu diliputi kebahagiaan dan gak pernah ada masalah sama sekali

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagiapexels/Samson Katt

Siapa sih yang gak mau hubungan asmaranya mulus tanpa rintangan apa pun? Tentunya semua orang termasuk kamu ingin memiliki hubungan yang seperti itu. Tapi namanya juga menyatukan dua kepala yang berbeda ego, wajar kalau sekali-kali kalian terlibat konflik atau menghadapi suatu masalah. Bukan saatnya saling menyalahkan atau terus saja berdebat.

Justru jadikan persoalan itu sebagai ujian untuk semakin mendewasakan kalian. Kamu bisa meminimalisir pertengkaran, tapi gak bisa mencegah masalah gak pernah terjadi sama sekali. Tiap pasangan memiliki pergumulannya sendiri. Daripada kecewa terus karena merasa hubunganmu kurang harmonis, lebih baik bersama-sama mencoba menyelesaikan setiap masalah yang datang. Itu baru namanya pasangan yang kompak dan serasi. 

5. Sejak awal kamu berharap kalian gak akan lama-lama pacaran dan bisa segera menikah

Wajar Sih, Tapi 5 Ekspektasi Ini Bikin Hubungan Asmaramu Susah Bahagiapexels/Jeremy Wong

Berharap bisa langgeng dan melanjutkan hubungan yang serius dengannya, sih gak sepenuhnya salah. Akan tetapi kamu juga wajib berjaga-jaga. Siapa tahu, nih kalian ternyata gak berjodoh lama. Mungkin karena tidak memiliki tujuan yang sama atau karena faktor lain, pada akhirnya kamu harus rela putus dengannya. Jika dari awal kamu gak berharap banyak, tentu rasa kecewa yang ditimbulkan juga gak seberapa besar. Sebaliknya, bila ekspektasimu berlebihan, harus siap lebih terluka juga, dong.

Makanya, istilah "jalani saja dulu" gak selamanya keliru. Bukan berarti tidak serius, hanya saja mungkin masih terlalu dini, ketika kamu berharap akan menikah dengannya padahal kalian jadian belum ada sebulan. Tenang, kalau memang jodoh, gak akan ke mana-mana, kok. Percaya deh!

Memang wajar kalau kamu berharap hubungan asmaramu ini berjalan mulus dan berakhir bahagia. Asalkan harapan itu sesuai porsinya. Juga harus lihat situasi dan kondisi pasanganmu seperti apa. Kira-kira dia bisa memenuhi ekspektasimu itu apa tidak? Lebih baik berdoa saja agar hubungan kalian bisa berjalan lancar dan mampu menghadapi setiap ujian yang datang. Jadi, jika sikon sedang tidak mendukung, kamu gak bakal merasa terlalu kecewa. 

Baca Juga: 5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasangan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya