Comscore Tracker

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu

Coba introspeksi diri deh!

Saat bertemu dengan teman atau lagi ngumpul bareng orang terdekat, mengobrol jadi salah satu aktivitas wajib yang menyenangkan. Bahkan saking asyiknya bergurau, tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Itu tandanya, terjadi percakapan yang menyenangkan dan tidak membosankan. 

Lain cerita jika lawan bicaranya gak asyik sama sekali dan malah bikin jengkel. Jangankan duduk mengobrol berlama-lama, baru mulai membuka percakapan saja rasanya seperti ingin segera mengakhirinya. Nah, apakah kamu merasa kalau akhir-akhir ini banyak temanmu yang sepertinya malas mengobrol lama-lama denganmu? Jika iya, berarti bisa jadi selama ini kamu sering melakukan lima kebiasaan kurang baik berikut ini. 

Coba deh, kamu introspeksi diri dulu. Jika memang mayoritas kebiasaan berikut ada padamu, sudah saatnya kamu berubah dan memperbaikinya ya!

1. Kamu suka tiba-tiba memotong pembicaraan

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmupexels/ Immortal shots

Siapa sih yang suka pembicaraannya dipotong seenaknya? Tentu jika itu terjadi padamu, kamu juga gak bakal merasa nyaman, dong. Itu pula yang dirasakan teman-temanmu saat kamu suka menginterupsi cerita mereka di tengah jalan. Apalagi jika alasan kamu menghentikannya bukan karena ada hal lain yang lebih penting. Seperti kamu sudah gak tahan ingin ke toilet, atau harus segera menerima telepon. 

Seenaknya menghentikan obrolan seseorang hanya akan membuat temanmu itu merasa kamu gak menghargai dirinya. Lebih baik tahan dirimu untuk buru-buru berkomentar, dan dengarkan dulu ceritanya dengan baik. 

2. Seringnya saat diajak ngobrol kamu malah asyik sendiri

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmupexels/ Keegan Checks

Mungkin menurutmu apa yang temanmu bicarakan itu gak begitu penting. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya mengabaikan dia terang-terangan, misalnya sambil main gawai. Bahkan saat sedang ngobrol berdua saja, matamu lebih banyak tertuju pada layar ponsel daripada memandang wajah lawan bicaramu. Itu saja sudah termasuk tidak sopan, lho!

Wajar sih kalau lain kali temanmu jadi malas mengajakmu ngobrol berdua lagi. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-teman

3. Terlalu mudah mengambil kesimpulan, temanmu bisa merasa disepelekan lho!

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmupexels/ Christina Morillo

Meskipun sudah tahu duduk permasalahan yang temanmu ceritakan itu seperti apa, tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya mengambil kesimpulan. Beri dia waktu untuk menyelesaikan ceritanya, baru deh kamu memberikan komentar. Gegabah mengemukakan pendapat hanya akan membuat temanmu merasa disepelekan. 

Mau bagaimana juga, dia sendiri yang paling tahu masalah yang sedang dihadapi. Sebagai teman curhat, tugasmu hanya mendengarkan dan memberi masukan sewajarnya. Lagi pula belum tentu dugaanmu itu benar, kan? 

4. Membandingkan masalahmu dengan masalah yang tengah temanmu hadapi, pernah?

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmupexels/ Andrea Piacquadio

Pernah gak sih, kamu dengan entengnya membandingkan masalah temanmu dengan apa yang pernah kamu alami sebelumnya? Meskipun dulunya kamu pernah melewati permasalahan serupa, tapi bukan berarti bisa seenaknya menganggap sepele masalah tersebut. 

Tentunya kalian punya pola pikir dan pandangan yang berbeda. Daripada sekadar membandingkan, lebih baik kamu tularkan pengalamanmu ke dia. Bantu temanmu untuk menemukan solusi yang tepat baginya, menurut apa yang pernah kamu alami sebelumnya. 

5. Memaksanya untuk menuruti semua nasihatmu. Emang kamu berani tanggung risikonya?

Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmupexels/ mentatdgt

Memberikan saran memang baik, tapi bukan berarti kamu boleh memaksakan pandanganmu pada teman seenaknya. Apalagi sampai menyuruhnya untuk menuruti nasihatmu. Iya kalau solusi darimu ini sudah terbukti berhasil, nah kalau sampai gagal, memangnya kamu berani menanggung risikonya?

Sekali lagi kebiasaan memaksakan kehendak pada orang lain itu tidak baik. Kamu boleh memberi masukan, tapi untuk keputusan tetap ada di tangan orang yang bersangkutan. Jangan sampai karena niat awal ingin membantu teman, kamu justru membuat masalahnya semakin runyam. 

Itu tadi lima kebiasaan yang tanpa sadar bisa membuat temanmu malas ngobrol berlama-lama denganmu. Gimana, di antara kelima poin barusan, mana nih yang ternyata selama ini masih sering kamu lakukan?

Baca Juga: Yakin Kamu Gak Mudah Dimanfaatkan oleh Teman-temanmu?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya