Comscore Tracker

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaran

Mengalah terus menerus, bodoh namanya!

Dalam hubungan berpacaran tentu kamu ingin bisa membahagiakan pasangan. Memang, itu adalah niat yang baik tapi jika cara yang kamu pakai kurang tepat yang terjadi justru sebaliknya. Bukannya kebahagiaan yang kalian capai, namun tanpa sadar justru kamu sedang menghancurkan hubungan kalian perlahan-lahan.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami dulu cara seperti apa yang sebenarnya gak baik diterapkan dalam hubungan pacaran. Meskipun kelihatannya cara-cara itu baik, tapi bisa jadi bumerang ke depannya. Seperti kelima kebiasaan berikut ini nih. Coba deh dibaca satu per satu, siapa tahu selama ini ternyata kamu suka melakukannya. 

1. Memaklumi kekurangan pacar tanpa berusaha untuk mengubahnya

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaranpexels/ sk

Menerima pasangan dengan segala kelebihan serta kekurangannya memang hal yang baik. Namun gak semua kekurangan bisa kamu maklumi. Tentu ada beberapa sifat buruk dia yang masih bisa diubah menjadi lebih baik. Misalnya sifatnya yang malas bangun pagi, suka menunda-nunda pekerjaan, suka bohong, dan lain-lain. 

Jika itu dibiarkan, yang ada akan sulit diubah nantinya. Sebagai pacar yang sungguh sayang padanya, seharuskan kamu menegur dan membantu menghilangkan sikap buruknya tadi dong!

2. Menuruti semua hal yang dia tuntut

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaranpexels/ Thiều Hoàng Phước

Ada kalanya kamu ingin memanjakan si dia dengan menuruti semua keinginannya. Sekali-kali sih gak masalah, ya. Seperti saat hari ulang tahunnya, dia ingin kamu menemaninya seharian. Tapi kalau sikap nurut ini kamu teruskan, yang ada kamu malah jadi seperti dimanfaatkan, lho.

Tanamkan ke dia kalau gak semua yang dia tuntut bisa kamu berikan. Ada kalanya kamu harus menolak, dan mementingkan urusanmu sendiri dulu daripada menuruti kemauannya yang aneh-aneh. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran 

3. Saat bertengkar kamu lebih memilih untuk mengalah

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaranpexels/ Vera Arsic

Wajar jika beberapa kali kalian terlibat perselisihan. Karena memang menyatukan dua pikiran yang berbeda itu tidaklah mudah. Namun meski begitu, gak selayaknya kamu terus-menerus mengalah dan minta maaf duluan tiap kali bertengkar dengannya. Lihat dulu siapa yang salah. Jika memang dia biang keroknya, ya jangan mau mengalah hanya supaya masalah lekas selesai. 

Percaya deh, dengan begitu dia gak akan pernah belajar dari kesalahannya. Sudah pasti, cepat atau lambat dia bakal mengulangi kesalahan yang sama lagi. 

4. Terlalu sering memujinya secara berlebihan

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaranpexels/ Vera Arsic

Memberikan pujian pada pacar adalah hal yang manis. Ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pasangan, dan membuat dia merasa kamu mencintainya apa adanya. Tapi bila pujian itu diberikan secara berlebihan, justru akan membuat pacarmu tinggi hati, lho. Dia bakal merasa menjadi seseorang yang sempurna dan tanpa cela.

Bahkan lama kelamaan, dia tidak akan bisa menerima jika kamu memberinya kritik dan masukan. Itu semua karena dia terlalu sering dipujian, dan gak siap mendengar hal buruk tentang dirinya. 

5. Menutup telinga akan komentar orang-orang terdekatmu

Meskipun Baik, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang Jauh Selama Pacaranpexels/ Matheus Ferrero

Memang ada baiknya kamu gak terlalu ambil pusing dengan komentar buruk orang lain, tentang hubungan asmaramu. Namun jika komentar itu datang dari orang terdekat misalkan keluarga atau teman-temanmu, ada baiknya dipertimbangkan. Gak perlu dibawa perasaan cukup dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Kemudian saring, dan pilah mana yang benar dan salah. 

Jika memang menurut mereka, hubungan kalian mulai tidak sehat ada baiknya kamu pertimbangkan sekali lagi. Karena bagaimana pun, keluarga dan teman-temanmu pasti menginginkan yang terbaik buatmu. 

Itu tadi lima sikap yang kelihatannya sih baik tapi justru bisa memicu hubungan asmaramu berubah jadi tidak sehat. Kalau memang sejauh ini kamu masih sering melakukannya, lebih baik segera tinggalkan kebiasaan itu, ya!

Baca Juga: 5 Ciri People-Pleaser dalam Hubungan Asmara, Kamu Termasuk?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya