Comscore Tracker

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!

Akui bahwa rasa cemburumu berlebihan!

Memiliki rasa cemburu merupakan pertanda bahwa cinta masih bersemi di hati. Ini karena kita gak ingin pasangan membagi perhatian dan kasih sayangnya. Jika dilihat melalui sudut pandang ini, tentu rasa cemburu adalah hal yang normal dan wajar banget.

Namun, apa jadinya jika rasa cemburu kita mulai masuk kategori berlebihan? Misalnya melarang pasangan berinteraksi dengan lawan jenis, gak memperbolehkan dia menerima chat atau telepon, membatasi media sosial, hingga selalu memantau ke mana dia pergi.

Waduh, kalau sudah begini, pasangan bisa merasa kesal juga, lho. Jangan sampai rasa cemburu kita justru membuat hubungan jadi gak harmonis. Jika sudah terasa berlebihan, ikuti lima tips berikut untuk mengatasi rasa cemburumu, ya!

1. Sadari bahwa cemburu berlebihan gak baik untuk hubungan kalian

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!ilustrasi pasangan berkomunikasi (Pexels.com/cottonbro)

Agar bisa mengatasi perasaan cemburu yang berlebihan itu, kamu sendiri harus menyadari bahwa ini sangat mengganggu hubungan. Semakin lama dipelihara, rasa cemburu bisa semakin besar dan membatasi gerak kamu dan pasangan.

Pertengkaran pun bisa terjadi gara-gara rasa cemburu yang gak pada tempatnya. Sebab, siapa pun akan merasa gak nyaman jika terus dicurigai dan dipantau, termasuk juga pasanganmu. Coba lebih pikirkan perasaannya juga. 

2. Cari tahu akar masalahnya dan jujurlah pada diri sendiri

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/SHVETS production)

Rasa cemburu tentu punya penyebab. Yang lebih parah adalah jika akar masalahnya berasal dari dirimu sendiri yang punya trust issue atau masa lalu yang pahit. Ini harus dicari tahu hingga mendalam. Dengan begitu kamu gak akan kesulitan mengatasinya.

Komunikasikan juga dengan pasanganmu agar kalian bisa saling mencari solusinya bersama. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar pasanganmu memahami apa yang sebenarnya terjadi dalam dirimu. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Gampang Cemburu dengan Teman Perempuan Pasangannya

3. Buatlah perjanjian bersama soal batasan interaksi dengan lawan jenis

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Duong Nhan)

Membuat perjanjian bersama pasangan soal batasan berinteraksi dengan lawan jenis juga bisa jadi solusi yang akan membuat hatimu lebih tenang. Dengan begini, kamu juga bisa menata diri dan membangun kepercayaan bersama pasangan.

Bicarakan segala hal yang bagimu membuat kecemburuan bisa muncul dan mengganggu hubungan kalian. Jangan sekali-kali memendam semuanya sendirian karena itu bisa jadi masalah di dirimu. 

4. Sadari bahwa kamu gak bisa mengatur orang lain walaupun dia pasanganmu sendiri

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Selanjutnya kamu juga perlu menyadari bahwa mengatur orang lain adalah hal yang mustahil. Terus berusaha menyetir pasanganmu sendiri dan membuatnya menjauhi lawan jenis sesuai dengan keinginanmu hanya akan membuat dirimu kecewa. Alih-alih demikian, bukankah lebih bijak jika kamu berusaha mengendalikan dirimu sendiri aja?

Kamu harus berusaha untuk mengatasi perasaan cemburu yang berlebihan tersebut. Setelah itu, temukan penyebabnya dan diskusikan dengan baik bersama pasangan. 

5. Mintalah bantuan profesional jika memang diperlukan

5 Tips Atasi Rasa Cemburu yang Berlebihan, Mengganggu Keharmonisan!ilustrasi orang berbicara (Pexels.com/SHVETS Production)

Kecemburuan yang berlebihan menandakan adanya mental yang terganggu. Mungkin ada masalah psikologis yang gak bisa dideteksi seperti penyakit pada fisik. Jika memang diperlukan, konsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog bisa dilakukan, lho.

Gak ada salahnya berusaha memperbaiki dirimu terlebih dahulu. Dengan demikian, hubungan yang harmonis bisa terwujud dan membuat hidupmu lebih tenang.

Pasangan kita adalah seseorang yang juga punya hati dan perasaan. Jika terus dicemburui, apalagi tanpa sebab yang jelas, dia juga pasti akan merasa risi dan gak nyaman. Cobalah lima tips di atas agar kamu gak lagi terganggu dengan perasaan cemburumu sendiri. Siap? 

Baca Juga: Hindari Membahas 5 Hal Ini dengan Pasangan, Bisa Memicu Pertengkaran!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya