Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!

Salah satunya gak bisa LDR

Tanpa kita sadari, kita seringkali merasa insecure hampir karena segala sesuatu. Mulai dari fisik, pekerjaan hingga prestasi orang lain. Rasa percaya diri ini memang sulit sekali untuk dihindari. Bahkan tak jarang kita juga insecure terhadap pasangan sendiri. Entah itu menyangkut soal hubungan atau masalah pribadi lainnya.

Cara terbaik untuk menghilangkan insecure adalah dengan selalu berpikiran positif. Jangan sampai membiarkan rasa insecure mengambil alih kepercayaan dirimu. Terutama insecure terhadap pasangan seperti kelima tanda di bawah ini:

1. Susah bagimu untuk senang karena pencapaian pasangan

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!imdb.com

Ketika pasangan mencapai sesuatu baik dalam skala besar maupun kecil, sudah sewajarnya kita merasa bahagia untuk mereka. Namun, apabila kamu merasa kesulitan untuk berbahagia atas pencapaian mereka, kemungkinan besar memang kamu sedang insecure. Kamu takut jika suatu hari nanti ia akan lebih sukses darimu dan pada akhirnya meninggalkanmu.

Perlu kamu ketahui bahwa sikap seperti ini sangat tidak sehat dalam sebuah hubungan. Sebuah pasangan harusnya bisa saling mendukung satu sama lain, bukannya malah merasa takut dibayang-bayangi pencapaian pasangannya. Oleh karena itu, hal seperti ini yang sebaiknya segera dihentikan.

2. Kamu tidak pernah cukup dengan afeksinya

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!imdb.com

Jika kamu selalu merasa tidak puas dengan apa yang pasanganmu berikan, apalagi selalu membandingkannya dengan perlakuan pasanganmu terhadap mantannya, bisa jadi itu tanda kamu sedang insecure. Kamu tidak pernah cukup dengan segala afeksi yang dia berikan, baik waktu, perhatian, maupun kasih sayang. Kamu juga selalu mempertanyakan apakah dia benar-benar mencintaimu atau tidak.

Memang terkadang kita selalu berekspektasi terlalu tinggi terhadap pasangan, tapi bukan berarti kamu bisa meragukan cintanya hanya karena apa yang kamu harapkan dari pasangan tidak terpenuhi. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam memperlakukan orang yang dicintainya.

Baca Juga: Gawat, 5 Sikap Ini Ternyata Bikin Kamu Insecure dalam Hubungan

3. Cemburu berlebihan ketika pasangan menghabiskan waktu bersama orang lain

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!imdb.com

Cemburu memang sudah menjadi sifat alamiah manusia. Namun, bukan berarti kamu bebas cemburu setiap waktu terhadap pasangan. Terutama jika dia sedang bersama teman lawan jenis. Mau gak mau pasanganmu tentu akan berhubungan dengan teman lawan jenisnya, baik karena pekerjaan atau hal personal lainnya.

Apabila kamu terus menerus cemburu tanpa bersikap realistis, tandanya kamu sedang merasa insecure. Kamu takut pasanganmu akan lebih tertarik dengan teman lawan jenisnya dan meninggalkanmu. Cemburu memang sering mendatangkan perasaan tidak percaya diri namun jika terus-terusan begini yang ada kamu hanya merugi sendiri.

4. Kamu takut ketika tidak bersama pasangan

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!imdb.com

Apabila tidak bersama pasangan membuatmu merasa panik, ini mungkin juga pertanda kamu sedang insecure. Kamu merasa ketakutan apabila dia akan selingkuh apabila jauh darimu. Hubungan jarak jauh sudah seperti mimpi buruk bagimu. Kamu tidak yakin apakah bisa survive menjalani LDR. 

Hanya karena kamu tidak di dekat pasangan, maka bumi akan berhenti bergerak. Tidak semua hal harus kamu cemaskan. Salah satunya pasanganmu yang sedang jauh di luar sana. Cara terampuh untuk menghilangkan insecure ini adalah dengan percaya pada pasanganmu bahwa dia bisa setia.

5. Selalu berpikiran buruk tentang hubunganmu

5 Tanda Kamu Sedang Insecure Terhadap Pasanganmu, Segera Hentikan!imdb.com

Apakah selama ini kamu sering memikirkan sesuatu yang buruk mengenai hubunganmu? misalnya jika kalian putus atau salah satu dari kalian selingkuh? Jika iya, berarti kamu tidak percaya terhadap pasanganmu sendiri. Kamu selalu memikirkan kemungkinan buruk mengenai berakhirnya hubunganmu. Bahkan saat di momen-momen bahagia pun kamu juga memikirkan hal seperti ini.

Ini berarti kamu membiarkan keraguan dan ketakutan menguasai dirimu. Kamu mengira jika kamu sering berpikiran tentang hal ini maka nanti kamu tidak akan terlalu sakit hati saat benar-benar putus dengannya.

Nah, itulah lima tanda kamu sedang merasa insecure terhadap pasangan. Segera hentikan ya jika kamu menemukan kelima tanda di atas.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insecure saat Kamu Merasa Tak Diprioritaskan Pasangan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya