Comscore Tracker

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisi

Meliputi situasi dan reaksi

Cinta merupakan perasaan yang hampir semua orang rasakan. Ini adalah emosi yang alami. Kasih sayang kepada diri sendiri dan orang lain adalah hal terindah jika kamu tahu tentang ilmunya. Tahu bagaimana menanggapi situasinya dan tahu juga bagaimana harus bereaksi ketika cinta hadir di hati.

Cinta adalah emosi positif karena menghadirkan kebaikan di setiap hal yang kamu lakukan, baik ketika mencinta diri sendiri atau mencintai orang lain. Nah, agar kamu bisa menyikapinya dengan bijaksana dan mampu membawa kebahagiaan dalam hidup. Pelajari tentang beberapa ilmu cinta berikut ini. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Ketika kamu jatuh cinta kepada seseorang sejak pertama bertemu 

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisiilustrasi perempuan jatuh cinta (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Berkenalan dan saling mengobrol bersama dengan orang baru, bisa saja membuatmu tertarik hingga merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Perasaan jatuh cinta pada saat bertemu untuk yang pertama kalinya, itu memang bisa saja terjadi pada beberapa orang dan memanglah sebuah fakta yang nyata.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, janganlah khawatir hingga bingung harus berbuat apa. Nikmati saja prosesnya, karena cinta pada pandangan pertama itu gak salah. Tertarik dan memiliki emosi saat berkenalan dan berdekatan, membuatmu bergairah pada beberapa waktu. Namun, biasanya perasaan jatuh cinta yang seperti ini, hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat, karena biasanya rasa tertarik dan sukamu secara fisik saja.

2. Cinta bisa membuat hidupmu semakin berwarna 

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisiilustrasi bahagia (pexels.com/Katerina Holmes)

Salah satu hal yang mampu membuat hidupmu berwarna yaitu perasaan cinta. Cinta memanglah sumber dari kebahagiaan, baik cinta pekerjaan maupun cinta dalam sebuah hubungan asmara. Ketika cinta menjadi dasarnya, maka kehidupan yang kamu jalani setiap hari akan semakin berwarna dan terasa menyenangkan.

Jatuh cinta kepada seseorang yang berbeda karakter maupun hobi atau hal lainnya denganmu, itu bukanlah menjadi hambatan dalam hubungan asmara. Maka dari itu, saat sudah siap berkomitmen dengan pasangan, berusahalah untuk melandasi hubungan dengan cinta yang tulus. Perbedaan yang ada di dalam diri manusia, bisa menjadi sesuatu yang saling melengkapi, jika cinta selalu menjadi dasar hubungan yang sedang dijalani.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Sakit Hati Akibat Penolakan Cinta Berkali-kali

3. Cinta mampu menyeimbangkan berbagai aspek kehidupan 

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisiilustrasi mencintai pekerjaan yang dilakukan (pexels.com/Wendy Wei)

Ilmu cinta berikutnya yang perlu kamu tahu yaitu, bahwa cinta mampu menjadi sesuatu yang menyeimbangkan berbagai aspek dalam kehidupan. Keseimbangan adalah hal yang banyak dicari banyak orang. Cinta bisa menjadi sarana untuk mendapatkan keseimbangan yang kamu harapkan dalam kehidupan.

Berbagai aspek dalam hidup seperti, kehidupan sosial, karier maupun asmara, jika tak ada keseimbangan di dalamnya, tentu saja tak akan mampu menghadirkan kebahagiaan. Maka, apa pun yang sedang kamu kerjakan saat ini, selalu hadirkan perasaan cinta di dalam prosesnya. Ketika terjadi sesuatu yang tak sesuai harapan, saat kamu memiliki rasa cinta, semua gak akan menjadi hal yang membuatmu hilang kendali dan merana.

4. Kesehatan terjaga bagi kamu yang memiliki rasa cinta setiap harinya 

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisiilustrasi orang yang memiliki kesehatan baik (pexels.com/Ron Lach)

Kesehatan yang prima dan selalu terjaga baik, itu tak hanya dengan menjaga pola hidup saja, melainkan harus diimbangi juga dengan rasa cinta. Ketika kamu mencintai seseorang, meski terdapat banyak perbedaan yang terkadang menciptakan kesalahpahaman, dengan cinta yang kuat, itu gak akan mengganggu kesehatanmu, baik secara fisik maupun mental.

Kekuatan cinta memang luar biasa, mampu membuat perbedaan yang ada menjadi hal yang saling melengkapi, serta cinta juga mampu memulihkan beberapa rasa sakit hati. Jatuh cinta yang gak sehat, gak hanya menjadikan mental terpuruk, tapi kesehatan badan pun ikut terpengaruh menjadi kian memburuk. Jadi, solusinya adalah ketika kamu jatuh cinta, entah kepada seseorang, pekerjaan atau yang lainnya, belajarnya menghadirkan cinta yang tanpa syarat. Tulus saja secara apa adanya.

5. Saat kamu berkonflik karena urusan cinta 

5 Ilmu Cinta yang Perlu Kamu Ketahui dan Pahami dari Berbagai Sisiilustrasi sebuah pertengkaran (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ilmu tentang cinta berikutnya yaitu, saat kamu berkonflik karena urusan cinta. Dalam sebuah hubungan asmara, terjadi konflik itu sudah biasa. Konflik yang mengakibatkan pertengkaran di antara kamu dan pasangan, juga pasti dialami oleh yang lainnya. Cinta memang bisa menjadi konflik utama, sekali lagi ini merupakan hal yang biasa terjadi.

Ketika kamu mengalami konflik karena urusan percintaan, janganlah terlalu dipikirkan. Sikapilah semuanya secara wajar dan cari solusi yang tepat, serta terbaik untuk bersama. Tak perlu merasa ada yang salah dalam hubungan percintaan, ketika terjadi konflik dengan pasangan. Saat kamu mampu menyelesaikannya dengan baik dan penuh kebijaksanaan, cinta yang berkonflik ini malah bisa menjadi sarana untuk belajar menjadi dewasa.

Membahas soal ilmu cinta itu memang tak terbatas ruang lingkupnya. Namun, secara garis besar, itulah kelima ilmu cinta yang perlu kamu tahu. Ketika sudah kamu ketahui, cobalah pelajari dan pahami lagi, ya. Sebab sebuah ilmu yang hanya diketahui tanpa dipahami, itu akan sia-sia dan menjadi gak bermanfaat.

Pada intinya, cinta itu adalah perasaan positif yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Percayalah, meski terkadang terasa begitu kompleks, hingga ada yang menyebut cinta adalah hal yang rumit, tapi sebenarnya perasaan cinta itu selalu bisa diartikan dan bisa kamu pahami. Kuncinya yaitu, lihatlah cinta dari berbagai sisi, meliputi situasi dan reaksi secara lebih positif lagi.

Baca Juga: Bukan Tipemu, 5 Hal yang Bikin Kamu Menerima Cinta dari Gebetan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya