Comscore Tracker

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move On

Kamu akan menemukan orang yang tepat ketika sudah waktunya

Millennials barangkali sudah tidak asing dengan kisah asmara Tom dan Summer. Cerita mereka dikemas epic pada film (500) Days of Summer tahun 2009. Kisah romansa dibungkus dramatis ketika Tom tidak bisa bersama dengan tokoh utama, Summer. Namun banyak pelajaran berharga dari film ini, berikut beberapa pelajaran cinta yang bisa dipetik.

1. Ketika kamu jatuh hati dengan seseorang, jangan menyangkal dan sambut perasaan yang datang dengan sukacita

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move Onimdb.com

Cerita bermula saat ada karyawan baru di kantor agensi Greeting Cards miliknya, yang bernama Summer. Tom Hansen yang diperankan oleh Jeseph Gordon-Levitt, punya spektrum emosi yang besar perihal cinta. Ia yang saat itu tinggal di New York City,  berprofesi sebagai penulis kartu ucapan. 

Kedatangan Summer Finn yang diperankan oleh Zooey Deschanel ke kantor memberi warna baru dalam keseharian Tom. Sosok Summer merupakan orang yang selama ini ia cari, ia jatuh hati untuk pandangan pertama pada Summer.

Inilah yang dialami sebagian orang, perasaan jatuh cinta secara tiba-tiba yang tidak tahu alasannya kenapa. Namun di sini, Tom tak pernah menyangkal dan justru bersikukuh mendapatkan Summer. Pertemuan awal mereka di lift menjadi salah satu icon di film ini. 

2. Kecocokan bisa dimulai dari hal sederhana, termasuk kesamaan dalam preferensi

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move Onimdb.com

Pertemuan awal mereka di lift saat itu menggambarkan Tom yang sedang memakai headphone dan mendengarkan lagu "There is a Light That Never Goes Out". Lagu milik The Smith ini menjadi jembatan jalinan asmara keduanya. Pada saat yang sama, Summer yang saat itu berdiri di samping Tom berceletuk bahwa dia juga menyukai lagu itu.

Apabila kamu ingin dekat dengan seseorang, samakan frekuensi kalian terlebih dahulu. Inilah awal mula hubungan Summer dan Tom. Mereka memiliki preferensi yang sama dalam hal musik. Hal-hal seperti ini bisa menjadi alasan kenapa seseorang bisa saling dekat satu sama lain. 

3. Putusnya hubungan Tom dan Summer bisa jadi disebabkan karena kurangnya komitmen, meski keduanya sudah mencapai intimacy dan passion

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move Onimdb.com

Menurut The Triangular Theory of Love oleh Stenberg, syarat berlangsungnya sebuah hubungan harus memiliki tiga komponen dasar. Tiga elemen itu adalah passion (keinginan dan kedekatan fisik), intimacy (kelekatan emosional), dan komitmen.

Hubungan mereka baik-baik saja sampai ketika Summer memberi peringatan pada Tom bahwa dia tidak serius dengan hubungan yang dijalani. Summer tampak have fun dengan hubungan yang dijalani, namun gak berkeinginan untuk mengarahkan hubungannya ke jenjang lebih tinggi.

Inilah konflik utama cerita Tom dan Summer, saat mereka sudah saling dekat kemudian Summer mengatakan bahwa dia tidak percaya dengan cinta. Flashback ke belakang bahwa cerita tentang orangtuanya yang berpisah menjadi salah satu alasan bagaimana Summer memandang komitmen dalam hubungan. 

Baca Juga: 9 Pelajaran Cinta Rayhan & Isyana Syarasvati, Teladan Millennials!

4. Mungkin apabila pemeran utama yang menemukan cinta sejati tidak dengan pemeran utama lain

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move Onimdb.com

Tentu saja Tom saat itu terlihat terpukul dengan putusnya hubungan dengan Summer. Inilah puncak dari cerita (500) Days of Summer, bagaimana Tom jatuh bangun bertahan tanpa Summer lagi di sisinya. Bagaimana dia melihat realitas sekarang setelah berekspektasi tinggi terhadap sosok Summer. 

Film ini mengajarkan bahwa tidak selalu tokoh utama berakhir bahagia dengan tokoh utama lainnya. Orang yang kamu pikir adalah pendamping hidup, bisa jadi adalah jodoh dari orang lain yang sedang kamu jaga. Kenyataan pahit lainnya menggambarkan ketika Tom tahu bahwa Summer ternyata sudah menikah dengan pria lain. 

5. Pada akhirnya kamu akan menemukan orang yang tepat ketika sudah waktunya

Pelajaran Cinta Film 500 Days of Summer, Obat buat yang Susah Move Onthoughtcatalog.com

Ketika kamu sedang jatuh cinta, rasakan itu tanpa menampik perasaanmu. Ketika kamu harus putus, rasakan itu namun jangan berlarut dengan kesedihanmu. Tom mengajarkan bahwa kamu harus menikmati apa yang kamu alami saat itu tanpa menyangkal atau menyembunyikan.

Sampai pada akhirnya Tom bertemu dengan Autumn ketika wawancara kerja, saat itulah kehidupan cintanya mulai bersemi lagi. Lembaran baru telah dibuka kembali, ia memberi tahu penonton bahwa kebahagiaan dan kesedihan itu layaknya musim yang terus berganti dalam kehidupan. 

Baca Juga: 6 Pelajaran Cinta Dari Kisah Tom dan Summer di Film 500 Days of Summer

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya