Comscore Tracker

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat Karib

Sahabat buat hidupmu lebih berwarna

Membangun persahabatan tidaklah mudah, butuh proses panjang dan tentunya kedewasaan yang matang. Terlepas dari perbedaan yang kadang sering menimbulkan perselisihan, sosok sahabat tentunya akan selalu mendukung dan menguatkan. Dia tahu kebutuhanmu tanpa harus meminta. Meski tidak memiliki ikatan darah, sahabat seperti layaknya keluarga yang siap jadi pelindung di berbagai kondisi dalam hidup.

Jika kamu tengah menjalin persahabatan, pertahankanlah sampai tua. Secara tidak langsung, beberapa hal di bawah ini akan kamu dapat saat bisa menjalin persahabatan lama dengan seseorang.

1. Punya penguat yang mampu dijadikan pegangan

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Brooke Cagle

Ada beberapa hal yang kadang dijadikan tolak ukur saat sedang menjalin hubungan spesial antara pria wanita, namun lain lagi dengan persahabatan.Tumbuh bersama menjadikan kamu dan sahabat cenderung punya perspektif yang saling menerima satu dengan yang lain. 

Kamu akan bebas jadi diri sendiri dan terlepas dari berbagai macam kepentingan. Saat kamu berada pada titik terendah dalam hidup, justru kebutuhan untuk saling menguatkan itu jadi pengikat antara kamu dan sahabat sampai tua nanti. 

2. Seru saat punya seseorang yang mau menyaksikan kekonyolan dalam hidupmu

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Vince Fleming

Dalam hidup ini, kamu pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut bisa jadi berupa hal konyol yang bisa merugikan dirimu dan mungkin juga orang lain. Kadang, sahabat akan membantumu menemukan titik terang sehingga kamu bisa memaafkan dan tentunya belajar menerima dirimu sendiri.

Bayangkan betapa serunya jika punya seseorang yang bisa diajak tertawa bersama tentang kekonyolan yang pernah kamu lakukan. Peran sahabat sangat penting dalam hal ini, agar hidupmu gak garing lagi.

3. Sahabat akan memahami dan menerima dirimu secara utuh

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Matheus Ferrero

Memiliki sahabat membuatmu belajar mengurangi sifat egois dalam diri. Sahabat yang selama ini menerima kekurangan dan kelebihan kamu itu akan memperluas pandangan kamu tentang kehidupan. Adakalanya kamu dan dia bertengkar, namun hal itu justru jadi ajang pendewasaan untuk bisa direnungkan.

Sekian tahun bersama menjadikan kamu dan sahabat belajar gimana caranya menjalani hubungan sehat yang saling mendukung.

4. Melatih membangun komitmen dan konsistensi

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Dario Valenzuela

Persahabatan bukan hanya tentang bagaimana membuat pondasi, namun juga mempertahankannya tetap kokoh sampai tua nanti. Hanya dengan sahabat kamu gak perlu susah payah mendapatkan komitmen dan konsistensi, karena pada dasarnya persahabatan justru jadi ruang paling bebas untuk dua hal ini. Betapa beruntungnya kamu saat punya seseorang yang bisa saling mendukung, terlepas dari keadaan apapun yang sedang kamu alami.

Baca Juga: Sahabatmu Sedang Sedih? Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menenangkan Hatinya

5. Punya orang yang dengan jujur mau memberi tahu kekurangan atau kelemahanmu

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Greg Raines

Kalau ada pepatah mengatakan akan selalu ada teman yang menusukmu dari belakang, lain halnya dengan persabahatan. Tidak ada hal yang kamu dan dia sembunyikan, justru inilah yang membedakannya dengan pertemanan biasa. Terkadang, sahabat adalah orang paling jujur yang mau sukarela mengkritikmu, sepedas apa pun hal itu.

Kamu dan dia sama-sama tahu bahwa saling mengingatkan adalah hal wajib yang sudah sepatutnya dilakukan. Meski kadang berada pada selisih paham, entah kenapa kamu dan dia bisa saling menerima dan balik lagi.

6. Teman bercerita sepanjang usia

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Val Vesa

Kamu boleh jadi berada di tempat yang jauh dengan sahabatmu, namun hal tersebut gak membuat kamu dan dia jadi terputus komunikasi. Mau di mana pun dan kapan pun, sahabat selalu ada untuk mendengarkanmu. Betapa membahagiakan jika kamu punya satu orang yang bisa diajak berbagi cerita sampai tua, sahabat ada untuk itu.

7. Belajar buat berbagi

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Clem Onojeghuo

Sekian tahun menjalin hubungan persahabatan membuatmu dan dia punya banyak hal yang bisa dibagikan. Kamu jadi tahu gimana tenangnya ada orang yang mau diajak makan dan susah bareng, jatuh bangun meniti karier bersama, atau berlibur merasakan pengalaman di tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. 

Menyenangkan juga untuk mendatangi momen-momen bahagia sahabatmu. Semua itu mengajarkanmu untuk jadi orang yang bisa berbagi, meski hanya waktu yang kamu miliki. Karena sejatinya, kehidupan ini tercipta untuk memberi arti satu dengan yang lain.

8. Saling mendukung sehingga bisa jadi trigger dalam segala hal

8 Hal Istimewa Ini Hanya Dirasakan Kamu yang Punya Sahabat KaribUnsplash/Priscilla Du Preez

Tak dimungkiri, lika-liku kehidupan dan realitas dunia ini cukup berat. Adakalanya kamu tersungkur di keadaan paling tidak kamu harapkan. Seorang sahabat akan selalu bisa menerima kamu, mendorong atau memberi semangat, dan kadang juga mampu menunjukkan kebenaran yang selama ini kurang bisa terbaca olehmu. 

Begitulah beberapa hal positif yang bisa kamu dapat saat punya setidaknya satu orang sahabat hingga tua nanti. Coba deh tag nama sahabatmu di kolom komentar!

Baca Juga: Jaga Pertemanan, Hindari 5 Pertanyaan Basa-basi Ini Pada Sahabatmu

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya