Comscore Tracker

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!

Apakah sudah kamu terapkan dalam hubungan?

Pernikahan merupakan momen yang sakral dan ingin dilakukan sekali seumur hidup. Tak ada orang yang berpikir akan bercerai ketika hendak mengucapkan janji suci pernikahan. Namun, pada kenyataannya banyak juga pernikahan yang harus berakhir di meja hijau. 

Sebenarnya banyak aturan dalam pernikahan yang memang tidak tertulis secara formal di mata hukum. Namun demikian, dengan mengamalkan kelima norma tak tertulis yang harus dijalani dalam pernikahan ini, maka kehidupan pernikahan bisa sedikit berjalan lancar dan minim masalah. Apa saja?

1. Harus ada pihak yang mengalah ketika pihak lain sedang emosi 

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!ilustrasi pasangan bertengkar (pixabay.com/Javaistan)

Mungkin sudah sering kamu dengar peraturan ini, tetapi memang terkadang sulit dilakukan saat keadaan sedang memanas akibat suatu permasalahan. Ketika pasangan sedang terbawa emosi, jangan sekali-kali membalasnya dengan emosi pula.

Kamu bisa kehilangan kendali dan melakukan hal yang akan disesali jika melawan emosi dengan emosi juga. Lebih baik menghindar atau diam saja, karena pertengkaran dalam rumah tangga tak akan usai jika kedua pihak sama-sama ingin menang dalam argumentasi. 

2. Jangan membiarkan masalah begitu saja dan menumpuk dalam hati

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!ilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Setelah terjadi pertengkaran yang hanya mengeluarkan emosi tapi tidak menyelesaikan masalah, ketika suasana sudah membaik, jangan berpikir bahwa masalahnya sudah selesai. Masalah tidak akan selesai hanya karena dia atau kamu sudah tidak marah-marah lagi, ya.

Kalian tetap harus duduk berdua dan membicarakan masalah yang sudah terjadi. Jika kamu merasa ketika bicara malah bisa bertengkar lagi, carilah bantuan pihak ketiga baik itu konselor pernikahan atau orang yang bisa bersikap netral sebagai mediator. Jangan menumpuk masalah, karena itu akan jadi bom waktu dalam pernikahan. 

Baca Juga: 5 Kiat Menjaga Cinta di Pernikahan, Sesekali Gak Bicarakan Anak

3. Tidak boleh berhubungan dekat dengan lawan jenis tanpa sepengetahuan pasangan

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/gracinistudios)

Biasanya ini terjadi dengan rekan kerja lawan jenis. Kamu merasa bahwa menumpangi rekan kerja untuk pergi ke kantor boleh-boleh saja. Sesekali boleh, tetapi jangan dijadikan rutinitas apalagi pasangan tidak mengetahuinya. Jangan menguji keimanan dengan mendekati hal-hal yang menurutmu tak boleh dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pasangan.

Bagaimana pun, kamu harus menghormati perasaan pasangan jika memutuskan untuk menikah. Walau itu hanya teman dan sudah mengenalnya jauh sebelum mengenal pasanganmu, tetapi ketika kamu sudah menikah jangan pernah berhubungan sembunyi-sembunyi dari pasangan. 

4. Jangan membicarakan keburukan pasangan ke orangtua sendiri, tetapi ke orangtuanya 

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!ilustrasi pasangan tua (pixabay.com/un-perfekt)

Ketika kamu sedang dalam tahap yang sangat kesal, dan terpaksa untuk membicarakan sikap buruk pasangan, jangan bicarakan dengan orangtua sendiri. Bicarakanlah itu kepada orangtua pasangan alias mertuamu. Karena sebagai orangtua, mereka pasti lebih mengerti sikap buruk anaknya itu.

Membicarakan keburukan pasangan dengan orangtua sendiri malah akan membuat orangtua jadi tidak suka atau memiliki pandangan negatif terhadap menantu. Padahal kamu pun bisa memaklumi ketika masalah itu sudah beres. Memang langkah terbaik adalah menyimpan masalah rumah tangga di antara kamu dan dia saja, ya.

5. Menyepakati pembagian tugas dan menjalaninya 

5 Norma Tak Tertulis yang harus Dijalani dalam Pernikahan, Catat!ilustrasi keluarga (pixabay.com/miltonhuallpa95)

Dalam rumah tangga pasti memiliki peraturan serta pembagian tugas dan peran masing-masing. Nah, sepakatilah hal tersebut dan laksanakan sebagaimana sudah dibahas bersama pasangan. Memang dalam pelaksanaannya, pasti ada kesalahan baik dari kamu atau pasangan.

Selama itu tidak fatal, memaklumi dan memaafkan adalah formula yang tepat untuk menyelamatkan pernikahan. Menyalahkan pasangan tidak akan menyelesaikan masalah.

Pernikahan memang pembelajaran seumur hidup, maka dari itu, jangan sampai kamu bosan untuk menjalankan norma, belajar, memaafkan, dan melupakan kesalahan pasangan. Tidak ada formula yang pas untuk pasangan ideal, tetapi setidaknya dari kelima norma tak tertulis yang harus dijalani dalam pernikahan di atas, akan membuat rumah tangga minim masalah.

Baca Juga: 5 Aturan Tak Tertulis yang Harus Ada dalam Pernikahan, Taati!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya