Comscore Tracker

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang Sukses

#IDNTimesLife Tunjukkan dahulu siapa kamu

Soal jodoh memang hanya Tuhan yang tahu. Namun pastinya gak ada orang yang bercita-cita punya pasangan yang pemalas dan gagal dalam segala hal, kan? Selain kriteria umum seperti baik, setia, dan bertanggung jawab; wajar kalau kamu juga menginginkan pasangan yang sukses.

Selain biar bisa menjadi kebanggaan keluarga, tentu kamu juga akan jauh lebih optimis dalam membangun masa depan bersamanya. Nah, kalau kamu serius menginginkannya, kamu gak bisa cuma berharap seseorang yang amat sukses tiba-tiba menghampirimu dan bilang cinta. Kamu punya tujuh PR yang harus segera dikerjakan, apa saja?

1. Memiliki kualitas diri yang top

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/sincerelymedia

Sebagai orang sukses, gak diragukan lagi kalau dia pasti punya kualitas diri di atas rata-rata. Pertanyaannya bakal menohok banget, nih. Kira-kira, dengan kualitas diri sebaik itu, mau gak dia sama kamu yang kualitas dirinya buruk?

Tentu dia akan mencari pasangan yang memiliki kualitas diri sepadan dengannya. Maka kamu harus mendidik diri sendiri biar daya tarikmu makin terpancar. Kamu harus punya tekad yang kuat untuk mengubah sifat-sifat burukmu dan menonjolkan kelebihanmu.

2. Bisa mengurangi kecemburuan

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/j_a_r

Kesuksesan itu bukan tanpa konsekuensi. Di bidang apa pun dia meraih kesuksesan, pasti dia akan menjadi tempat bertanya banyak orang. Mungkin juga dia punya banyak penggemar. Tentu saja, kesibukannya juga makin tinggi. 

Maka penting untukmu bisa menahan rasa cemburu. Bukan berarti kamu sama sekali gak boleh cemburu. Namun jangan berlebihan. Kalau berlebihan, dia pasti gak betah menjadi pasanganmu. Harus ada rasa saling percaya yang lebih besar di antara kalian.

3. Bisa mengimbangi langkahnya

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/smithmajorphotography

Kalau dia tipe orang yang optimis, jangan kamu gampang pesimis. Kalau dia rajin, jangan malah kamu senangnya bermalas-malasan saja. Kalau dia selalu berusaha untuk berinovasi, kamu jangan justru skeptis pada segala hal. Kalau dia penuh semangat, kamu jangan loyo menjalani hidup.

Meski kalian dua orang yang berbeda, pastikan kalian gak timpang banget dalam pencapaian maupun karakter. Ini sangat fundamental. Biar sebagai pasangan, kalian tetap merasa nyambung. 

4. Bisa menjadi teman diskusi yang baik

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/laurachouette

Jangan cuma menyahut, "Oo...," saban diajaknya bicara tentang sesuatu. Nanti lama-kelamaan dia malas mengobrol denganmu karena merasa gak berkembang. Kalau sudah begini, hubungan kalian akan makin berjarak dari waktu ke waktu.

Perkaya dirimu sendiri dengan ilmu dan wawasan yang luas, ya. Modal ini sangat berguna supaya kamu bisa jadi teman diskusi seimbang untuknya. Yakin deh, dia pasti bakal akan sangat menikmati waktunya saat berbincang denganmu.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Jarak dengan Teman Lawan Jenis saat Sudah Pacaran

5. Menghargai prosesnya, bukan sekadar hasilnya

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/yogendras31

Orang sukses itu cerdas. Dia bisa membedakan orang-orang yang menghampirinya hanya karena tergiur hasil kerja kerasnya dengan orang yang mencintainya karena karakter-karakternya sehingga dia bisa sesukses sekarang.

Jadi, jangan coba-coba memasuki hidupnya hanya untuk menjadi parasit. Masuklah dalam hidupnya karena kamu benar-benar menyayanginya. Bukan cuma sayang sama harta atau ketenarannya.

6. Bisa menjaga sikap di hadapan teman-temannya

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/fideletty

Koleganya tentu banyak. Maka penting banget untukmu bisa menjaga sikap. Bukan menjadi angkuh atau sok high class melainkan justru tetap rendah hati, punya kemampuan berkomunikasi yang baik, gak kekanak-kanakan, bisa menahan emosi, dan paham tempat serta situasi.

Kalau emosimu meledak-ledak, gak stabil, candaanmu jorok, omonganmu gak bermutu, dan penampilanmu kelewat berantakan; tentu dia akan malu. Bahkan mungkin bisa merusak hubungan baiknya dengan teman-temannya dan akhirnya memengaruhi pekerjaannya.

7. Bisa menjadi suporter terbaiknya

7 Hal yang Harus Dimiliki kalau Ingin Punya Pasangan yang SuksesUnsplash.com/matfelipe

Orang yang saat ini sudah sukses bukan berarti hidupnya sudah kelar. Semua telah menjadi begitu mudah baginya. Ibaratnya, tinggal menjentik pun segalanya langsung beres. Gak begitu. Justru seiring kesuksesannya, tantangan yang dihadapinya makin banyak dan besar.

Maka penting banget baginya memiliki pasangan yang selalu bisa mendukungnya. Sekalipun dia tangguh sekali, dukunganmu sebagai orang terdekatnya tetaplah penting. Lagi pula setiap kali dia berhasil menaklukkan tantangan, secara langsung maupun gak, kamu juga akan ikut merasakan hasilnya bukan? Jadi, jangan mau enaknya saja, ya.

Membayangkan punya pasangan yang sukses memang menyenangkan. Namun untuk mewujudkannya, butuh usaha besar dari dirimu sendiri. Tanpa itu, akan sulit untuk menjadi nyata. Kalaupun sempat terwujud, mungkin hubungan kalian hanya bertahan sebentar sekali.

Dia gak tahan sama kamu. Kamu juga gak tahan berada di sisinya. Sayang, kan? Yang pasti, jangan mengawali langkahmu mencari pasangan yang sukses dengan sifat materialistismu. Ketulusanmu adalah yang paling berharga baginya.

Baca Juga: Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya