Comscore Tracker

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering Terabaikan

Sudah ada dalam hubungan kalian belum, nih?

Hampir setiap orang pasti menginginkan hubungan yang langgeng dengan pasangannya. Namun, untuk mencapai semua itu bukanlah hal yang mudah. Karena dalam hubungan pasti akan selalu ada hal-hal baik atau buruk yang menyertainya.

Nah, untuk itu simak dulu yuk apa-apa saja hal yang bisa menjadi kunci kelanggengan hubungan kalian.

1. Penerimaan terhadap kelebihan dan kekurangan masing-masing

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering TerabaikanUnsplash/Priscilla Du Preez

Pasangan adalah dua orang yang berbeda dan disatukan dalam suatu hubungan. Jika mendengar kata berbeda maka artinya ada hal-hal yang tidak sama dan bahkan bisa bertentangan dengan diri masing-masing. 

Nah, maka belajarlah untuk saling menerima. Karena tidak ada pasangan yang sempurna. Kekurangan pasanganmu bisa jadi ada pada kelebihanmu. Sebaliknya pula, kelebihan pasanganmu bisa jadi ada pada kekuranganmu. So, kalian akan saling melengkapi satu sama lain.

2. Saling menghargai dan menghormati dalam berbagai hal

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering TerabaikanUnsplash/Dennis Acevedo

Setiap hubungan pasti akan melewati suatu masalah. Tidak akan ada hubungan yang selalu lancar tanpa adanya hambatan. Nah, yang paling penting bukanlah masalahnya, tapi bagaimana kalian dalam menyelesaikannya.

Ketika berbeda pandangan dengan pasangan, maka biasakanlah untuk tetap saling menghormati. Jika tidak ditemukan jalan keluar, solusi atau pandangan yang sama, maka hargailah perbedaan. Karena, ada beberapa hal dalam hidup yang tidak bisa disepakati secara bersama sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Bakal Sukses Menjalin Hubungan Jarak Jauh, Kamu?

3. Komunikasi yang jujur dan terbuka

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering TerabaikanUnsplash/Polina Zimmerman

Ketika memiliki hubungan, maka artinya kamu sedang memberi kepercayaan kepada pasanganmu. So, ketika sudah percaya maka bersikaplah terbuka kepadanya. Terbukalah dalam hal komunikasi. Berkomunikasilah secara jujur tanpa menyembunyikan apapun.

Meski harus mengatakan hal yang pahit sekalipun, tetaplah sampaikan kepadanya secara bijak. Karena jika satu kebohongan terjadi dalam hubungan, maka akan menyisakan tanda yang akan dapat terus diingat. Jadi, jangan rusak kepercayaan hanya karena kebohongan.

4. Bisa menikmati waktu masing-masing

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering TerabaikanUnsplash/Toa Heftiba

Ingatlah bahwa selain menjadi pasangan, kamu dan dia adalah seorang individu. Kalian tidak bisa selamanya terus ketergantungan satu sama lain. Karena, baik kamu atau pasanganmu juga punya hubungan dengan diri sendiri.

Kamu dan dia juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Jadi, ketika melakukan suatu hal sendiri-sendiri, maka jangan mengira bahwa kalian tidak peduli atau tidak nyaman satu sama lain.

5. Peduli satu sama lain

5 Kunci Kelanggengan dalam Hubungan Asmara yang Sering TerabaikanUnsplash/Nathan McBride

Cinta adalah kepedulian. Peduli kepada pasanganmu di saat senang maupun susah. Peduli untuk selalu mendukung, membantu dan menyemangatinya. Karena yang membedakan hubungan cinta dan hubungan biasa adalah kamu akan memberikan prioritas lebih kepada orang yang kamu cintai.

Peduli bukanlah selalu bermakna mengasihani. Tapi, peduli dalam artian ingin melindungi dan ingin selalu ada di setiap momen kehidupannya.

Berikut tadi beberapa kunci kelanggengan dalam hubungan asmara. Kamu dan pasanganmu sudah melakukan lima hal di atas, belum?

Baca Juga: Siap Serius, Ini 5 Ciri Sikap Pasangan yang Sudah Mantap Denganmu

미아 Photo Verified Writer 미아

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya