Comscore Tracker

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break Hubungan

Jangan sampai menyesalinya

'Break' adalah kata yang sering diucapkan oleh pasangan kekasih yang sudah lelah dengan rutinitas hubungan dan masalah yang datang tanpa henti. Keinginan untuk break bisa diinginkan oleh siapa saja, baik yang baru saja pacaran maupun yang sudah lama menjalani hubungan. 

Break sebenarnya sah dilakukan jika memang kalian butuh space untuk sendiri terlebih dahulu dan gak ingin hubungan ini berakhir. Namun, biar keputusan break tidak merugikan siapa pun, makan sebaiknya kamu perlu membuat dan mematuhi lima aturan di bawah ini. 

1. Didasari atas alasan yang logis

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break Hubunganilustrasi perbincangan (pexels.com/cottonbro)

Segala sesuatu yang melibatkan keputusan dalam hubungan harus disertai dengan alasan. Berikan dan jelasin alasan kamu ingin break dari hubungan ini untuk sementara waktu. Misalnya, apakah kamu ingin menenangkan diri, mencari solusi dari permasalahan, atau mengusir kejenuhan yang kamu rasakan? 

Diskusikan masalah ini sampai kalian benar-benar paham apakah memang solusi dari masalah yang dirasakan adalah break? Jika memang itu perlu, maka lakukan, tapi jika tidak cari solusi lain. 

2. Menyepakati waktu yang telah ditentukan

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break Hubunganilustrasi komunikasi (pexels.com/Tim Douglas)

Break adalah sebuah jeda dalam hubungan. Kamu dan dia harus menyepakati berapa lama kalian akan break agar jelas soal waktunya. Jangan sampai kalian break, tapi gak tahu sampai kapan berakhir dan hanya mengandalkan perasaan saja. 

Ingat, perasaan itu sifatnya adalah dinamis. Perasaan kamu akan berubah seiringnya waktu yang dilalui. Oleh karena itulah, perlu ada waktu yang disepakati agar tidak terjadi hal-hal yang gak diinginkan. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak Dianjurkan

3. Manfaatkan waktu dengan melakukan segala hal yang kamu sukai

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break Hubunganilustrasi bahagia (pexels.com/Sam Lion)

Tujuan break dilakukan adalah agar kamu dan dia bisa sama-sama saking intropeksi dan menenangkan pikiran. Oleh karena itu, isilah waktu yang telah disepakati dengan melakukan segala hal yang kamu suka. 

Bersenang-senang selama break dapat membuatmu bahagia dan mengusir kebosanan juga. Setelah kamu melakukan semuanya dan masa break berakhir, kamu bisa jauh lebih bahagia menjalani hubungan lagi. 

4. Atur batasan selama break

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break Hubunganilustrasi hubungan (pexels.com/William Fortunato)

Selanjutnya, sepakati batasan selama kalian break. Kamu dan dia harus tahu batasan. Misalnya saja, apakah kalian masih bisa bertemu, komunikasi, atau hilang kontak untuk sementara waktu? 

Itu semua perlu dijelaskan dan diatur dengan detail agar gak ada penyesalan selama menjalaninya. Mulailah dengan mengungkapkan keinginanmu selama break dan pasangan juga harus mengajukan keinginannya juga. Tampung semuanya dan pilih apa yang kalian mau. 

5. Jangan kencan dengan siapa pun

5 Aturan yang Harus Ditetapkan dan Patuhi saat Akan Break HubunganIlustrasi pria bahagia (pexels.com/Novan Swaby)

Perlu diingat kalau kamu sedang break, bukan putus dengannya. Kamu hanya sedang menikmati jeda hubungan dan fokus pada dirimu sendiri. 

Jangan pernah melakukan kencan dengan orang lain selama break karena itu akan menimbulkan masalah dan kesalahpahaman yang menyakiti pasangan. Jaga jarak dengan lawan jenis, kalau perlu lebih baik kamu sibukkan diri dengan hal yang menyenangkan saja soal dirimu. 

Tanpa terkecuali, semua aturan di atas harus kamu dan pasangan buat bersama. Jaga agar hubungan kalian tetap berjalan walau memilih untuk break terlebih dahulu. 

Baca Juga: 7 Pelajaran Berharga yang Diperoleh dari Momen Break dalam Hubungan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya