Comscore Tracker

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebih

Bukan cuma karena cinta ternyata! 

Menjalin hubungan asmara dengan usia hubungan lima tahun hingga lebih, bukanlah hal yang mudah. Berbagai rintangan sudah mereka lewati dari pertengkaran yang ringan hingga berat. 

Sebagai pasangan yang telah menjalani hubungan lima tahun lebih, rasa cinta yang dimilikinya pun lambat laun akan termakan oleh waktu dan luntur begitu saja. Meski cintanya telah luntur, nyatanya mereka tidak akan mengakhiri hubungan dan memilih untuk mempertahankan semuanya. 

Lantas apa alasan untuk tetap bertahan jika itu bukan karena cinta? Berikut alasan yang bisa kamu simak baik-baik. 

1. Telah berjuang semuanya dari nol

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebihpexels.com/Darwis Alwan

Usia hubungan yang sudah terjalin begitu lama membuktikan bahwa mereka telah mengawali semuanya dari usia yang muda dan remaja. Oleh sebab itu, Masing-masing dari mereka pun telah melewati berbagai tahapan hidup, mulai dari sekolah, kuliah, kerjaan hingga mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Tidak heran, mereka yang telah melalui itu semua akan mempertahankan satu sama lain untuk saling menguatkan. Hal itulah yang menjadikan kebahagiaan dan kepuasan sendiri baginya untuk saling menjaga hubungan.

2. Tahu baik dan buruk karakter sifat masing-masing

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebihpexels/Daria Shevtsova

Hubungan yang sudah terjalin begitu lamanya tidak menutup kemungkinan untuk saling mengenal satu sama lain. Segala perilaku pasangan sudah sangat hafal mereka ketahui dan mengerti hal itu satu sama lain.

Tidak heran ketika ada masalah yang datang, mereka akan menyikapinya dengan emosi yang lebih stabil. Hal itu disebabkan mereka sudah tahan banting akan masalah dan pertengkaran dan sudah mengerti karakter sifat masing-masing. 

Baca Juga: 5 Pilar Cinta Versi Shafira Umm yang Jitu Buat Hubungan Lebih Langgeng

3. Bisa menerima banyak kekurangan dari masing-masing

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebihpexels.com/Arthur Goulart

Cinta bukanlah satu-satunya faktor utama dalam hubungan. Menerima kekurangan pasangan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Rasa kesal, marah dan jengkel sudah mereka rasakan pada awal hubungan dan kini semua kekurangan tidak menjadi hambatan untuk tetap menjalin hubungan asmara.

Orang lain memang banyak yang lebih cantik, tampan, mapan dan baik. Namun, yang bisa menerima dengan banyak kekurangan yang dimiliki adalah hal yang sangat langka. 

4. Saling ketergantungan untuk menjalani hidup

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebihpexels.com/Emma Bauso

Sudah dipastikan bahwa pasangan yang telah menjalin hubungan bertahun-tahun, bahkan lima tahun lebih, mereka telah bergantung satu sama lain. Berpisah karena masalah tidak adanya cinta hanya akan membuat mereka menderita dan menyakiti satu sama lain. Makanya, mereka memilih untuk bertahan meskipun rasa cintanya sudah luntur.

Selain itu, mereka pun saling memegang tanggung jawab untuk menjaga satu sama lain. Berpisah dapat membuat mereka tidak menepati janji yang telah diucapkan. 

5. Malas untuk membuka lembaran baru dengan orang lain

5 Alasan yang Buat Seseorang Bertahan di Usia Hubungan 5 Tahun Lebihpexels.com/Gui Vergouwen

Sudah pernah merasakan usia hubungan di atas lima tahun pasti tahu akan rasa seperti ini. Yah, malas untuk membuka lembaran baru dengan orang lain jika hubungan sudah berakhir.

Malas memulainya dari awal kembali. Mulai dari masa pendekatan, pacaran di awal-awal hubungan hingga saling menjaga image satu sama lain. 

Itulah lima alasan yang membuat seseorang bertahan pada usia hubungan lima tahun lebih. Jangan pernah mengatakan hal negatif apa pun pada mereka yang telah menjalin hubungan lima tahun lebih, sebab kamu tidak akan pernah merasakan apa pun yang mereka rasakan. 

Baca Juga: 5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahun

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya