Comscore Tracker

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikah

Jangan sampai mereka diam-diam tak menyukainya

Menikah adalah impian semua orang, terlebih bila kamu menikah dengan sosok yang dicintai, tentunya sangat membahagiakan bukan? Berbagai macam persiapan dilakukan dengan teliti agar segalanya bisa berjalan dengan baik. 

Namun, sebelum mempersiapkan terlalu jauh akan pernikahanmu dengan calon pasanganmu nanti, ada baiknya untuk membicarakan secara terbuka dengan kedua orangtuamu tentang dirinya.

Ada pun hal-hal yang dibicarakan mengenai lima macam pertanyaan yang bisa kamu teliti lebih dalam dari orangtuamu. Berikut pertanyaan yang bisa kamu berikan pada mereka. 

1. Apakah mereka menyukai pasanganmu? 

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikahpexels.com/Alexy Almond

Sebelum melangkah lebih jauh dan nantinya kamu menyesal, cobalah tanyakan terlebih dahulu pada kedua orangtuamu, apakah mereka menyukai calon pasanganmu atau tidak?

Jika menyukai, maka kamu bisa melangsungkan pernikahan segera mungkin. Jika tidak, maka kamu harus tanyakan alasan spesifiknya dan jangan membantah, apa lagi memaksa untuk tetap menikah karena kamu tidak akan mendapat restunya, lalu kamu bisa menyesal di kemudian hari. 

2. Apakah menurut orangtuamu, dia adalah sosok yang bisa menghormatimu? 

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikahpexels.com/Mena Fox

Orangtua biasanya bisa menebak dan melihat tata cara calon pasangan dalam memperlakukanmu. Tentang, apakah dia bisa memperlakukanmu dengan baik dan bisa menghormatimu, atau tidak bisa sama sekali? 

Oleh karena itu, penting untukmu menanyakan pendapat mereka, tentang bagaimana pandangan mereka dalam melihat perlakukan calon pasangan padamu. Tanyakan secara detail agar kamu bisa tahu dan tak selalu mengedepankan rasa cintamu padanya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Justru Buat Pasangan Yakin untuk Memperjuangkanmu, Lho!

3. Apakah suka dengan perlakuan pasanganmu terhadap mereka?

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikahpexels.com/Jopwell

Bukan hanya menanyakan perlakuannya padamu saja, tapi tanyakan juga, apakah orangtuamu menyukai perlakuan calon pasangan pada mereka atau tidak? Bagaimana perlakukan calon pasangan pada orangtuamu? 

Jika mereka menyukai segala bentuk perlakukan dan cara menghormatinya pada orangtuamu, berarti kamu sudah dapat restu dari mereka. Namun, jika tidak menyukai, maka jangan diteruskan hubunganmu. Batalkan saja pernikahan, daripada nanti menyesal. 

4. Apakah menurut mereka, pasanganmu dan keluarganya bisa menerima mereka dengan baik? 

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikahpexels.com/Fauxels

Menikah itu bukan hanya menyatukan kamu dan calon pasanganmu saja, tapi juga menyatukan dua keluarga. Oleh sebab itu, kamu juga harus menanyakan pada kedua orangtuamu, apakah dilihat dari perilaku dan perlakuannya pada mereka, calon pasangan dan keluarganya dapat menerima mereka dengan baik? 

Jika memang tidak bisa dan terpaksa dilakukan hanya karena kamu dan dia saling mencintai, maka lebih baik urungkan niatmu untuk menikah dengannya. Jika sebaliknya, maka kamu bisa melanjutkan untuk mempersiapkan pernikahanmu. 

5. Apakah mereka menyukai keluarga dari pasanganmu? 

5 Hal soal Pasanganmu Ini Perlu Ditanyakan ke Orangtua Sebelum Menikahpexels.comAndrea Piacquadio

Bukan hanya memandang calon pasangan dan keluarganya saja tentang penerimaan, tapi kamu juga harus menanyakan, apakah kedua orangtuamu menyukai keluarga dari pasanganmu dan menerima mereka sebagai besan? Tanyakan sedetail mungkin agar kamu bisa tahu tentang sebenarnya dan juga tahu akan restu yang diberikan orangtuamu, apakah tulus atau hanya terpaksa saja. 

Itulah lima pertanyaan yang harus ditanyakan pada orangtua tentang calon pasangan sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Jangan sampai kamu menyesal nantinya karena restu orangtua adalah segalanya dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insecure saat Kamu Merasa Tak Diprioritaskan Pasangan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya