Comscore Tracker

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunan

Coba pahami lagi tentang tujuan menikah

Menikah dan punya anak adalah impian setiap orang dalam hidupnya. Dengan memiliki seorang anak, rumah tangga yang dijalani pun jauh lebih berwarna dan bahagia dari sebelumnya. Makanya, tidak heran bila setiap pasangan ingin selalu cepat menikah dengan seseorang yang dicintainya. 

Namun, menjadikan menikah dengan tujuan ingin punya anak sebenarnya salah. Mengapa demikian? Berikut lima alasan yang harus kamu ketahui dan pahami lebih lanjut. 

1. Punya anak dalam pernikahan itu penting, tapi tujuan menikah bukan hanya tentang anak

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunanunsplash.com/NeONBRAND

Tidak ada yang bilang, bahwa punya anak itu tidak penting. Namun, perlu diketahui menikah itu bukan hanya perkara soal reproduksi dan punya anak.

Banyak tujuan lainnya yang sering dilupakan oleh pasangan suami istri, seperti ingin menghabiskan waktu bersama dengan seseorang yang dicintai, dan ketenangan jiwa serta menyempurnakan agama.

Jika tujuan menikah hanyalah punya anak, maka ketika suatu saat nanti menikah dan tak punya anak, tentunya akan bercerai dan marah pada pasangan, bukan? Oleh karena itu, ubahlah mindset agar bisa berpikir lebih terbuka saat menjalani hidup, terutama pernikahan. 

2. Masih banyak pasangan suami istri yang menikah bukan hanya ingin punya anak

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunanunsplash.com/Nathan Dumlao

Di luaran sana, masih banyak pasangan suami istri yang menikah bukan hanya ingin memiliki anak saja, tetapi ingin menjalani kehidupan bersama dengan seseorang yang dicintainya. Urusan punya anak itu bukanlah prioritas bagi setiap orang, yang lebih diprioritaskan adalah tentang menghargai sesama dan membangun cinta dalam rumah tangga agar tetap harmonis dan langgeng hingga tua nanti. 

Baca Juga: Saat Menikah Nanti, Kamu Cocoknya Menikah di Mana Ya?

3. Kedekatan emosional itu penting dalam rumah tangga

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunanunsplash.com/Joana Nix

Terkadang masih banyak pasangan suami istri yang salah menafsirkan bahwa menikah itu tujuan sematanya hanyalah tentang keturunan. Punya keturunan memang tidak salah, tapi menjalin kedekatan emosional dengan pasangan pun penting. Apa lagi, hidup bersama dengan pasangan salam satu atap selamanya.

Jika kedekatan emosional tidak tercipta, tentu saja rumah tangga yang dijalani pun tidak akan terasa bahagia. Kebahagiaan itu bukan terletak pada kehadiran anak, tapi pada rasa cinta kasih masing-masing dalam rumah tangga untuk membuat suasana lebih nyaman dan tenang. 

4. Anak itu adalah pemberian Tuhan dan tidak tentu kapan waktunya

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunanunsplash.com/Jessica Rockowitz

Jangan dulu marah pada pasangan karena tak kunjung memiliki anak, apa lagi menuduh bahwa pasangan mandul atau punya kendala dalam kesuburan. Hal itu tentunya tidak boleh dilakukan, karena perihal punya anak atau tidak, itu adalah urusan dari yang maha kuasa.

Tuhan yang menentukan kapan waktunya punya anak dan kapan waktunya untuk belum punya anak. Daripada menyalahkan, ada baiknya untuk saling menguatkan satu sama lain dan berusaha lebih keras lagi agar cepat diberi momongan oleh Tuhan. 

5. Keinginan terbesar pasangan suami istri sebenarnya adalah menghabiskan waktu dengan seseorang yang dicintai

5 Alasan Sebenarnya Tujuan Menikah Itu Bukan Hanya tentang Keturunanunsplash.com/Jonathan Borba

Perlu diketahui, bahwa sebagainya besar pasangan suami istri itu sebenarnya menikah bukan hanya karena ingin punya anak, tapi lebih kepada ingin hidup bersama dengan pasangan yang telah dia pilih. Bukan bermaksud tak ingin punya anak, tapi keinginan punya anak itu adalah urusan kesekian kalinya. 

Nah, itu tadi lima alasan yang menjelaskan bahwa tujuan menikah itu sebenarnya bukan hanya tentang keturunan. Setelah memahami kelimanya, ada baiknya untuk berpikir lebih terbuka soal pernikahan, agar tidak salah kaprah dalam menyikapi segalanya dalam rumah tangga. 

Baca Juga: Kami Tahu Apakah Kamu Sudah Siap Menikah atau Belum!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya