Comscore Tracker

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaran

Hindari!

Menjalani suatu hubungan dengan pasangan pilihan kamu sebaiknya dijalani dengan hati gembira tanpa adanya suatu tekanan apapun. Namun ketika hubungan yang dijalani justru membuat kamu terbebani, akan ada akibat buruk yang nantinya dirasakan. 

Akibat buruk seperti apa, mari kita simak penjelasan berikut ini. Baca sampai habis ya!

1. Jauh dari bahagia saat menjalani hubungan

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaranilustrasi pria (pexels.com/lukasrychvalsky)

Terbebani dengan hubungan yang dijalani membuat diri kamu tidak nyaman dan tidak merasa bahagia dalam menjalaninya. Tidak sepatutnya hal ini terjadi karena akan menyiksa diri kamu sendiri. 

Seharusnya yang perlu diperjuangkan ialah perasaan bahagia satu sama lain, bukan menanggung beban adanya suatu hubungan. Perhatikan baik-baik hal seperti ini ya!

2. Mudah merasa lelah dalam mempertahankan hubungan

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaranilustrasi bertengkar (pexels.com/alexgreen)

Akan ada rasa di mana kamu bakal lelah dalam menjalani hubungan jika menjadikannya sebagai beban. Memaksakan diri untuk melakukan segala sesuatunya demi hubungan sebaiknya harus memikirkan diri sendiri juga. 

Jangan sampai membuat susah hidupmu nantinya. Bukan menjadikan hubungan sebagai beban, namun nikmatilah semua yang ada untuk dijalani.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikah

3. Pasangan akan merasa tidak nyaman

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaranilustrasi bertengkar (pexels.com/alexgreen)

Selain kamu sendiri yang akan merasa tidak nyaman, pasangan juga kerap tidak nyaman dengan sikap kamu yang menjadikan hubungan sebuah beban. Jalani apa adanya semua yang ada hingga pada akhirnya tidak memberatkan satu sama lain. 

Tidak perlu memaksakan apa yang tidak kamu bisa. Karena kenyamanan dalam hubungan akan membawa keharmonisan yang langgeng dalam hubungan.

4. Keharmonisan hubungan tidak awet

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaranilustrasi bertengkar (pexels.com/paveldanilyuk)

Bisa saja hubungan yang dijalani dengan adanya beban dalam satu pihak membuat keharmonisan hubungan tidak awet. Benar saja, karena keharmonisan dalam hubungan tercipta karena keduanya bisa saling kompak satu sama lainnya. 

Kekompakan itu akan terjalin jika ada rasa saling mengerti antara kedua belah pihak yang menjalani. Jika satu pihak hanya fokus pada rasa yang membebaninya, bukan tidak mungkin akan sia-sia saja.

5. Kurang bisa fokus pada masa depan diri kamu sendiri

5 Akibat Buruk Ketika Kamu Selalu Merasa Terpaksa Menjalani Pacaranilustrasi malas bekerja (pexels.com/andreapiacquadio)

Akibat lain yang bisa saja hinggap ketika kamu terlalu menjadikan hubungan sebagai beban ialah kurang fokusnya pada hal lain yang juga lebih penting dalam hidupmu. Misalnya saja ketika seseorang ingin selalu dekat dengan pasangan demi hubungan yang terus baik namun ia mengabaikan pekerjaan. 

Yang ada ia akan jadi seorang yang kurang produktif sehingga merugikan masa depannya. Jangan sampai menyesal pada akhirnya!

Tidak baik ketika kamu terlalu menjadikan hubungan percintaan kamu dan pasangan sebagai beban. Karena sejatinya hubungan tersebut harus bisa memberi kenyamanan dan kebahagiaan bukannya suatu hal yang dapat menjadikan kesedihan. Sebaiknya hindari yang demikian tersebut ya.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran, Fokus Kembangkan Diri!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya