Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan Masalahnya

Kalau belum bisa jangan dipaksa ya! #IDNTimesLife

Ketika melihat temanmu terlihat berdeda dari biasanya, kadang membuatmu otomatis menanyakan apa yang sedang terjadi. Namun terkadang dia juga enggan mengatakan apa yang sedang terjadi, dan memilih untuk bersikap seakan baik - baik saja. 

Walaupun kamu tahu, ini lima asalan kenapa kamu tidak boleh memaksa temanmu untuk menceritakan masalahnya. Yuk simak! 

1. Belum siap

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan MasalahnyaIlustrasi memendam perasaan(unsplash.com/Seankkkkkkkkkkkkkk)

Tidak semua orang siap untuk menceritakan masalahnya. Sekalipun dia merupakan orang yang banyak bicara, namun bisa saja dia belum mampu untuk menceritakan masalah yang ia alami. 

Ketika kamu menanyakan apa yang terjadi dan dia tidak menjawab, cobalah untuk menunggu temanmu merasa lebih baik dahulu bukan memaksanya.

2. Takut jika masalahnya diketahui orang lain

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan MasalahnyaIlustrasi tidak menyerah (unsplash.com/Tesecreates)

Salah satu penyebab temanmu enggan bercerita, karena tidak ingin masalahnya diketahui orang lain. Bukannya tidak percaya, ada kemungkinan temanmu merasa lebih nyaman untuk menyimpan dan menyelesaikan masalahnya seorang diri. 

3. Takut merepotkan

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan MasalahnyaIlistrasi ragu bercerita (unsplash.com/Priscilladupreez)

Tidak sedikit orang yang justru beranggapan, ketika menceritakan masalahnya akan merepotkan orang yang mendengarnya. Terlebih lagi dia berpikir jika kamu juga memiliki masalahmu sendiri, dan ketika dia bercerita akan membuat bebanmu jadi bertambah. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Lebih Baik Mendengarkan Saat Teman Curhat

4. Dia ingin menghibur diri

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan MasalahnyaIlustrasi bersama teman (unsplash.com/Kxvn_lx)

Jika temanmu tidak ingin menceritakan apa yang terjadi, maka hentikan kebiasaanmu untuk bertanya. Ada kalanya temanmu menemuimu untuk membuat dirinya terhibur, melupakan masalahnya sejenak. Maka dari itu kamu bisa membantunta, dengan membuat susana agar lebih menyenangkan. 

5. Takut mendapat penolakan

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Memaksa Temanmu Menceritakan MasalahnyaIlustrasi sedang kecewa (unsplash.com/Siora18)

Tidak bisa dipungkiri sering mendapat penolakan, akan memunculkan rasa enggan. Mungkin ini yang terjadi pada temanmu, ia terbiasa diabaikan ketika ingin mengungkapan sesuatu. Maka dari itu, ia menjadi lebih memilih menyimpannya sendiri. 

Itu dia alasan kenapa kamu harus berhenti memaksa temanmu untuk menceritakan masalahnya. Terlebih dari itu setiap orang memiliki alasanya sendiri, jadi kita harus menghormatinya. 

Baca Juga: 5 Kriteria Teman yang Cocok Dijadikan Tempat Curhat, Jangan Asal Pilih

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya