Comscore Tracker

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehat

Nomor 3 sudah kamu lakukan belum?

Punya kulit wajah yang kenyal, sehat, dan glowing ala artis Korea sudah jadi idaman sebagian besar orang. Tapi, kamu gak akan bisa mendapatkan kulit seperti itu bila tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini.

Banyak orang sibuk memilih skincare yang tepat. Padahal, kamu juga harus merawat kulit dari dalam dibarengi kebiasaan-kebiasaan ini. Nah, kalau sudah rutin pakai skincare tapi kondisi kulitmu belum membaik, coba cek apakah kebiasaan ini yang tidak kamu lakukan? Yuk, simak!

1. Rutin minum air mineral

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi orang meminum air (unsplash.com/engin akyurt)

Kunci dari kulit sehat dan terjaga adalah tetap terhidrasi. Untuk itu, kebiasaan kecil seperti meminum air mineral perlu kamu lakukan secara rutin. Dr. Jasmine Shaikh, MD dalam MedicineNet mengatakan bahwa kamu harus minum setidaknya 2 liter air setiap hari, atau setara 8 gelas air.

Menurut Dr. Jasmine, tubuh kita ini terdiri dari 80 persen air, lho. Jadi penting banget memastikan bahwa tubuh terpenuhi air dengan cukup. Dengan meminum air, kamu bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan mengisinya dengan energi.

Selain itu, rutin minum air juga akan memperlambat proses penuaan. Banyak racun yang keluar dan ada regenerasi sel kulit baru, sehingga kulitmu tampak lebih sehat dan kenyal.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi smoothie (unsplash.com/Claudia Soares)

Menjaga kulit wajah itu gak cuma dari produk skincare yang kamu pakai, lho. Kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam, melalui makanan dan minuman penuh gizi. Misalnya, kamu bisa membuat smootie untuk sarapan di pagi hari.

Mengutip Dr. Lawrence E. Gibson, M.D dari Mayo Clinic, "Daripada fokus pada jenis spesifik makanan, lebih baik fokus pada diet yang sehat. Makanan buah dan sayur yang banyak. Pilih susu berjenis low fat atau fat free. Masukkan kacang atau biji-bijian dalam makanan. Kurangi makanan atau minuman yang manis."

Menurut ahli gizi Jo Lewin dilansir BBC Good Food, kamu juga membutuhkan asupan Vitamin C sebagai antioksidan. Vitamin C ini bukan hanya membuat kulit tampak bercahaya dan menyembuhkan luka, tetapi bisa menguatkan imunmu saat ini. Vitamin C dari blueberri, brokoli, jambu, kiwi, jeruk, pepaya, strawberri, dan kentang juga mengandung kolagen untuk mengencangkan kulit wajah, lho.

3. Mengurangi masakan yang bersifat gorengan

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi pasangan memasak (unsplash.com/Jimmy Dean)

Selain makanan, cara kita memasak itu juga memengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh, lho. Hal ini disampaikan Rachel Olsen, seorang ahli gizi dan health influencer, bahwa metode memasak itu berpengaruh terhadap perubahan nilai gizi dalam makanan.

"Kalau kita kebanyakan menggoreng makanan, Vitamin  C berkurang sebanyak 80 persen. Misalnya kita makan brokoli yang digoreng atau ditumis terlalu lama dan kebanyakan minya, Vitamin C sudah berkurang di dalamnya," terang Rachel dalam Webinar Indonesian Women's Forum.

Menurut Rachel, metode memasak yang bagus adalah dikukus karena tidak menggunakan minyak. Terlalu banyak minyak akan meningkatkan lemak dan inflamasi kulit (peradangan). Alhasil kulit bukan kenyal dan sehat, malah semakin rusak karena radikal bebas yang tinggi.

Baca Juga: 6 Kiat Ciptakan Kulit Glowing, Sehat dari Luar dan Dalam

4. Tidak lupa menggunakan pelembap dan sunscreen

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi perempuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pelembap dan suncreen merupakan bagian dari skincare routine yang gak boleh terlewatkan. Selain mengontrol kelembapan ruangan dan cukup minum air, jangan lupa menggunakan pelembap setelah mandi baik di tubuh dan wajah. Jangan menunggu wajah terlalu kering baru pakai pelembap, ya!

Dr. Arini Widodo, Sp. KK dalam Webinar Indonesian Women's Forum, menjelaskan bahwa kulit harus diberi pelembap seusai mandi atau cuci tangan. Selain itu, jangan lupa memakai suncreen setiap hari.

Dilansir Healthline, cara kerja suncreen itu akan menghalangi sinar UV yang berdampak buruk untuk kulit wajah. UV A bisa mengakibatkan kulit penuh dengan kerutan atau cepat menua. UV B bisa menyebabkan kulit terbakar, sehingga pilihlah suncreen yang tepat sesuai kebutuhan kulit.

5. Tidur cukup

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi tidur (unsplash.com/Damir Spanic)

Penlitian yang dilakukan Tina Sundelin, MSc dan kawan kawan di Karolinska Institutet, Stockholm, Sweden menunjukkan pengaruh kurangnya tidur terhadap penampilan wajah.  Hasilnya banyak kerutan atau garis halus, kantung mata, kulit memucat, dan sebagainya.

Dilansir Healthline, kondisi tidur yang cukup sebanyak 7-9 jam bisa mengembalikan peredaran darah, memperbaiki kulit dari efek buruk sinar UV, mengurangi kerutan dan flek, serta mengembalikan produksi kolagen. Yuk, mulai rawat kulitmu dengan istirahat secukupnya!

6. Rutin self care atau me time

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehatilustrasi membaca buku (unsplash.com/Anthony Tran)

"Lifestyle management itu penting buat kulit kita. Kalau badan kita sehat, kulitnya juga ikut sehat. Kalau stres terus, wajah gak akan terlihat cerah. Jadi kita harus ada manajemen stres, cukup tidur, cukup hidrasi, minum yang cukup. Tentunya selama pandemik ini ada perubahan gaya hidup, jadi kita harus ada perubahan dari personal care. Kita harus tetap terlibat dalam aktivitas sosial supaya gak stres. Harus dijalani dengan happy dan tetap menjaga kelembapan kulit kita supaya tetap fresh dan kulit terjaga," ujar Dr. Arini Widodo, Sp. KK.

Sediakan waktu untuk diri sendiri di tengah kegiatanmu yang padat. Misalnya satu hari dalam seminggu di hari libur, manfaatkan untuk benar-benar istirahat. Gak ada salahnya untuk membuat jadwal self care pribadi, lho.

Itu dia beberapa kebiasaan yang harus kamu lakukan agar kulit wajah tampak lebih sehat, kenyal, glowing. Gak perlu terburu-buru, menanamkan kebiasaan ini juga butuh proses asalkan kamu ada niat!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Wajah Kencang dan Glowing, Mudah dan Murah!

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya