Comscore Tracker

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadari

Jangan anggap remeh gejala yang muncul, ya

Sebagai cewek, penting banget lho menjaga kesehatan vagina. Salah satu parameter vagina sehat adalah terjaga dalam kondisi kencang dan elastis. Jika ototnya mulai mengendur, gak cuma kepuasan seksual saja yang terganggu tapi juga berdampak pada kesehatan.

Otot vagina normalnya mengendur seiring pertambahan usia. Tapi pola hidup masa kini membuat beberapa wanita muda mulai mengalami pengenduran otot vagina. Sayangnya, tanda-tanda yang muncul jarang disadari dan sering dianggap remeh.

Untuk menambah wawasan dan kewaspadaanmu, kenali enam tandanya di bawah ini yuk!

1. Muncul rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadarimamamia.com.au

Kamu pernah gak tiba-tiba merasa ingin buang air kecil dan kesulitan menahannya? Kata orang zaman dulu, hal ini terjadi karena peranakan turun. Padahal, ini adalah salah satu tanda mengendurnya vagina.

Otot pelvic atau otot vagina juga berperan mengatur kerja kandung kemih. Kalau kamu sering tiba-tiba ingin kencing dan sulit ditahan, waspadai ada yang gak beres dengan otot vagina.

2. Sulit mengatur laju air kencing

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadarigreatist.com

Saat buang air kecil, kamu bisa mengatur laju air kencing dengan menggerakkan otot vagina. Keberadaan otot ini yang memungkinkanmu menahan kencing saat belum menemukan kamar mandi.

Bisa dibayangkan dampaknya jika otot ini mengendur, kamu gak sadar air kencing keluar dan muncul rasa gak nyaman saat buang air kecil.

3. Buang air kecil gak sampai tuntas

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadariindoindians.com

Gejala lanjutan yang muncul adalah keluarnya air kencing gak bisa tuntas. Seperti ada yang tersisa dan mengganjal. Tanda ini juga sering diikuti rasa panas dan ngilu di lubang kencing.

4. Sering buang angin lewat lubang vagina

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadari30seconds.com

Normalnya manusia buang angin lewat anus. Tapi beberapa cewek pasti pernah mengalami buang angin lewat lubang vagina. Ini bukan sebuah masalah serius jika terjadi sesekali saja.

Tapi jika kamu sering mengalaminya, ini adalah salah satu tanda mengendurnya otot vagina yang perlu diwaspadai.

5. Muncul rasa gak nyaman hingga nyeri di bagian panggul

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadarispineuniverse.com

Mengendurnya otot vagina juga ditandai dengan nyeri di bagian panggul, apalagi bagi cewek-cewek yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Rasa nyeri yang gak biasa ini seringnya muncul setelah berhubungan seksual.

6. Sulit mendapat kepuasan saat berhubungan seksual

Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadariunsplash/brookeowinters

Khusus bagi yang sudah aktif melakukan hubungan seksual, mengendurnya otot vagina bisa mengurangi kenikmatan saat berhubungan intim.

Kemampuan otot vagina mencengkeram penis jadi menurun. Dampaknya gak cuma ke diri sendiri, tapi juga pasangan yang merasa kurang puas.

Jangan panik setelah menyimak enam tanda vagina mengendur di atas. Sangat bisa diatasi kok, bisa dengan melakukan senam kegel dan gerakan olah raga lainnya.

Jika menginginkan penanganan spesifik, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan atau spesialis kulit dan kelamin. Kenali gejalanya sejak dini. Penting banget lho menjaga kesehatan organ intim.

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya