Comscore Tracker

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai Skincare

Ternyata merawat kulit itu penting lho!

Bagi sebagian perempuan, skincare dianggap sebagai kunci penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat. Tapi bagi sebagian lainnya, justru khawatir skincare akan membuat kulit jadi ketergantungan dan bahkan memicu berbagai masalah kulit, sehingga mereka enggan menggunakan produk skincare.

Menggunakan produk skincare memang tidak boleh berlebihan atau sembarangan. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa meninggalkan semua produk skincare, karena hal ini dapat memicu masalah kulit yang lebih parah.

Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi jika kamu tidak pernah menggunakan skincare.

1. Terjadi penumpukan kotoran di kulit

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai Skincareunsplash.com/X )

Salah satu produk perawatan yang paling dasar dan penting adalah produk pembersih. Pembersih wajah sangat penting untuk menghilangkan riasan, minyak, keringat, polutan, mikroba, kotoran, dan sel kulit mati.

Dilansir dari laman Allure, tanpa pembersihan, akan terjadi penumpukan kotoran pada kulit yang dapat menyebabkan masalah tekstur, utamanya karena masalah regenerasi sel kulit. Penumpukan kotoran ini berpotensi menyumbat pori-pori yang mengakibatkan kulit kering, teriritasi, dan bahkan jerawat.

2. Tanpa membersihkan kulit, efektivitas seluruh skincare akan terganggu

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai Skincareunsplash.com/Velizar Ivanov

Jika kamu tidak membersihkan maupun melakukan eksfoliasi, maka keseluruhan rutinitas perawatan kulit juga tidak akan bisa bekerja secara efektif. Sebab, berbagai produk skincare, seperti toner, esens, serum, hingga pelembap tidak dapat menembus kulit akibat terhalang kotoran yang menumpuk.

Oleh karena itu, membersihkan wajah merupakan langkah perawatan yang tidak boleh dilewatkan sama sekali.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Skincare Set untuk Remaja, dari Face Wash hingga Bedak

3. Mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai SkincareUnsplash com/Edward cisneros

Menurut laman Good House Keeping, tidak menggunakan produk pelembap dapat menyebabkan kerutan yang lebih dalam di kemudian hari. Ketika barrier kulit terganggu, kulit tampak menjadi lebih kering dan memicu peradangan pada kulit. Peradangan ini pada akhirnya menyebabkan kerusakan kolagen dan memicu penuaan dini.

Selain itu, bagi kulit yang sudah timbul keriput dan garis-garis halus, melewatkan pelembap dapat memperparah tanda-tanda penuaan ini.

4. Memicu dan memperparah jerawat

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai Skincareunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Dilansir dari laman Bustle, membiarkan kulit kering tanpa pelembap dapat memperparah jerawat. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan khawatir pelembap dapat memicu kulit makin berminyak, cobalah pilih pelembap berbasis air atau yang dirancang untuk kulit berminyak. Begitu pula untuk individu dengan kulit berjerawat, disarankan untuk memakai pelembap bebas minyak, bebas pewangi, dan nonkomedogenik.

5. Wajah jadi sulit dirias

Bukan Mau Menakuti, Tapi Ini 5 akibat Kalau Tak Pernah Pakai Skincareunsplash.com/Sharon McCutcheon

Kesehatan kulit juga sangat memengaruhi tampilan makeup. Bagi kulit yang tidak pernah dirawat, atau tidak menggunakan skincare terlebih dahulu sebelum dirias, maka akan menyebabkan tampilan riasan kurang sempurna.

Seperti, memperjelas tampilan garis-garis halus, riasan sulit menempel, tidak tahan lama, sulit diratakan, dan sebagainya. Untuk itu, minimal gunakan pelembap lima menit sebelum memakai primer atau foundation untuk hasil riasan yang bagus.

Wah, ternyata skincare memiliki fungsi yang sangat penting bagi kulit bukan? Untuk itu, yuk jangan malas merawat kulit! Tidak harus menggunakan produk yang mahal atau bermacam-macam, minimal gunakan produk pembersih dan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kulit Tanpa Perlu Banyak Produk Skincare

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya