Comscore Tracker

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakan

Biar stunning seharian

Mata yang tegas adalah kunci untuk mendapatkan riasan mata yang indah, salah satu caranya dengan mengaplikasikan eyeliner. Namun, sering kali, eyeliner luntur dan mengotori seluruh kelopak mata beberapa saat setelah diaplikasikan. Alhasil, bukannya mempercantik penampilan, eyeliner yang luntur justru bisa membuat penampilan makin aneh.

Jika termasuk salah satu yang memiliki masalah dengan eyeliner yang berantakan, kamu tidak sendirian kok. Kamu juga tidak perlu khawatir karena masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan teknik khusus yang mudah dipraktikkan. Yuk, simak tipsnya di sini.

1. Aplikasikan primer terlebih dahulu

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakanpexels.com/Burst

Tips pertama untuk membuat eyeliner bertahan lama adalah memberikan dasar yang baik. Untuk memberikan kekuatan yang tahan lama pada eyeliner, aplikasikan primer eyeshadow ke kelopak mata. Selanjutnya, timpa primer dengan translucent powder atau eyeshadow warna kulit.

Primer mata membantu mengatur dan mengintensifkan riasan mata. Ini juga membantu mencegah eyeliner kusut. Kombinasi dinamis antara primer dan bedak akan sangat ampuh dalam membuat riasan mata tahan lama, termasuk eyeliner.

2. Aplikasikan concealer dan bedak

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakanunsplash.com/Karly Jones

Jika tidak memiliki primer, kamu bisa menggunakan concealer atau foundation. Ambil sedikit concealer dan aplikasikan di sekitar mata dengan gerakan menepuk. Setelah itu, timpa concealer dengan bedak.

Formula lembut dari concealer akan mengisi semua garis di sekitar kelopak mata. Berfungsi sebagai pembatas antara kulit dan eyeliner, formula concealer awet lebih lama dan tetap segar. Sementara, bedak berfungsi mencegah eyeliner kusut dan terlepas. Teknik ini membantu dalam mengatur eyeliner secara utuh dan tetap di tempatnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Eyeliner Putih Cetar dari Brand Lokal, Murah Berkualitas

3. Gunakan eyeliner dengan formula yang baik dan aplikasikan dengan teknik layering

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakanunsplash.com/Artem Labunsky

Agar eyeliner tidak luntur, kamu wajib menggunakan eyeliner dengan formula waterproof atau smudgeproof. Ini akan menjadi sahabat terbaik dalam merias mata karena eyeliner yang waterproof dan smudgeproof memang dirancang agar tidak mengotori mata.

Selain itu, kamu perlu menggunakan teknik layering untuk membuat eyeliner tetap utuh sepanjang hari. Mulailah dengan mengaplikasikan eyeliner, kemudian usap dengan lembut menggunakan kuas pensil atau kapas. Lalu, aplikasikan eyeliner sekali lagi dan eyeliner akan bertahan sangat lama.

4. Gunakan kertas penyerap minyak untuk menghilangkan kelebihan minyak

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakanfreepik.com/cookie_studio

Trik ini akan sangat membantu orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Untuk yang merasa bahwa dalam waktu 1 jam setelah merias wajah kilauan dan minyak muncul di sekitar mata dan area zona-T wajah, kamu bisa menggunakan kertas penyerap minyak yang baik di area yang sering berminyak untuk menghilangkan kelebihan berminyak.

Minyak dapat menyebabkan eyeliner lebih cepat kusut dan tergelincir. Dengan menghapus kelebihan minyak, eyeliner bisa tetap diam di tempat dan tidak mudah luntur.

5. Tambahkan pengunci

Dijamin Berhasil! 5 Tips Ampuh Mencegah Eyeliner Luntur dan Berantakanunsplash.com/Curology

Bagi kamu yang memiliki kelopak mata superberminyak, mata berair, atau ingin berenang, pertimbangkan untuk menambahkan eyeliner dengan sealant, misalnya setting spray. Kosmetik berbentuk cairan ini bekerja dengan menciptakan penghalang di sekitar liner untuk menguncinya tetap di tempatnya dan membuatnya tahan terhadap air dalam waktu yang sangat lama.

Caranya, cukup semprotkan sealant setelah eyeliner dan keseluruhan riasan selesai, lalu biarkan hingga menyerap 

Dengan trik ini, dijamin kamu akan terbebas dari masalah eyeliner luntur atau berantakan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Ide Makeup dengan Eyeliner Putih yang Sedang Digandrungi 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya