Comscore Tracker

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

Biar gak usah suntik pemutih gitu...

Kulit tangan dan kaki yang belang akibat aktivitas luar ruangan dan kontak langsung sinar matahari bisa membuat kurang percaya diri. Apalagi jika warna wajah, kulit tangan, dan kulit kakimu tidak sama, rasanya makin aneh saja karena kesannya kamu tidak bisa merawat kesehatan kulit dengan baik. 

Sebenarnya warna kulit yang tidak merata terjadi karena beberapa hal seperti hiperpigmentasi; kurangnya menjaga kebersihan kulit dari polusi, debu, dan kotoran; tidak memakai tabir surya atau pelindung dari sinar matahari, dan tidak menjaga kelembapan kulit.

Meratakan warna kulit atau memutihkan memang tidak bisa dalam waktu sekejab, tapi kamu bisa mencoba 6 bahan alami yang telah terbukti sebagai cara memutihkan kulit dan bisa mengangkat kotoran yang ada tangan dan kaki.

Langsung aja yuk kita lihat bahan alami apa aja yang bisa kamu pakai sebagai masker atau lulur untuk mengembalikan warna kulit tangan dan kaki yang belang.

1. Bengkoang

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belangtipsmuka.com

Buah bengkoang sudah dipercaya dari dulu sebagai perawatan kecantikan baik untuk kulit. Selain bengkoang dapat digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, kandungan vitamin C didalamnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat secara alami.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat lulur alami dari bengkoang yang pertama adalah kupas kulit bengkoang dan haluskan dengan cara diblender atau diparut. Peras kemudian ambil airnya dan diamkan semalam untuk mengambil endapan atau saripatinya.

Jika sudah mengendap, oleskan endapan tersebut di bagian punggung jari tangan dan kaki secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan bengkoang ini secara rutin untuk mempercepat dalam menyamarkan kulit yang belang.

2. Kunyit

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belangserisehat.com

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang sudak dipercaya dari dulu sebagai pencerah kulit. Kandungan curcumin yang merupakan zat antioksidan cukup ampuh untuk mengurangi produksi melamin di kulit dan membantu menghilangkan perubahan warna pada kulit. Kamu juga bisa membuat dan handbody hand made dari kunyit dengan campuran lidah buaya dan minyak kelapa.

Cara membuat lulur dari kunyit adalah pertama ambil kunyit secukupnya lalu parut, oleskan pada tangan dan kaki lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Sedangkan cara membuat handbody dari kunyit adalah pertama kamu ambil 3 batang kunyit dan iris tipis-tipis setelah itu panaskan dengan satu gelas kecil air. Kemudian biarkan hingga air menjadi setengah saat dipanaskan dan diamkan hingga dingin. Campurkan air rebusan kunyit tersebut dengan lendir lidah buaya dan minyak kelapa secukupnya. Kamu bisa mengoleskannya pada tangan dan kaki dan diamkan selama 1 jam, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Jeruk nipis

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belangfamilinia.com

Kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menyamarkan kulit belang pada kaki dan tangan yang sering terkena paparan sinar matahari. Jeruk nipis mengandung senyawa alami untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara mengaplikasikan jeruk nipis untuk kulit kamu juga cukup mudah.

Pertama kamu bisa memeras air jeruk nipis pada wadah yang bersih. Setelah itu oleskan pada bagian yang belang secara merata sambil bersihkan dengan tangan lalu diamkan selama 30 menit. Terakhir kamu bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

4. Beras

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belangdodogs.website

Selain bisa menjadi kebutuhan pokok sehari-hari beras juga sudah terbukti bisa memutihkan kulit secara alami. Beras mengandung vitamin B1 yang berfungsi sebagai pencerah kulit. Banyak produk pemutih yang juga menggunakan beras sebagai bahan pembuatannya. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah dan bisa kamu lakukan sekarang juga.

Caranya tumbuk beras hingga menjadi tepung. Tambahkan sedikit air hangat hingga menjadi pasta. Oleskan ke bagian tangan dan kaki yang belang kemudian diamkan selama 1 jam. Kemudian terakhir kamu bisa membilasnya hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

5. Gula, pisang, dan madu

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belanglivestrong.com

Campuran dari ketiga bahan yaitu pisang, gula, dan madu bisa kamu gunakan sebagai scrub alami untuk meratakan kulit tangan dan kaki yang belang.

Cara menggunakannya adalah dengan melumatkan pisang secukupnya dan menambahkan 2 sendok gula serta madu secukupnya. Oleskan secara merata sambil memijatnya di bagian tangan dan kaki kamu yang belang. Setelah itu diamkan selama 30 menit, jika sudah kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

6. Susu

6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belangthekitchn.com

Kamu bisa menggunakan susu mentah dengan kandungan asam laktat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan permukaan kulit yang belang. Susu juga mempunyai khasiat alami untuk memutihkan kulit sehingga cocok untuk mengembalikan warna kulit kamu yang belang.

Cara penggunaanya adalah dengan mencelupkan kapas ke susu mentah lalu memoleskannya pada permukaan tangan dan kaki. Bersihkan dengan sedikit menekan lalu kamu akan melihat akan ada banyak kotoran yang terangkat melalui kapas tersebut. Jika sudah, diamkan selama 30 menit agar kandungan susu di dalamnya bisa masuh ke pori-pori kulit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

Bahan-bahan di atas cukup mudah ditemukan di rumah. Lakukan cara-cara tadi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain dapat mengembalikan warnah kulit yang tidak merata, kulit kamu juga akan lebih sehat, putih, cerah dan bersih.

Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kulit tangan dan kaki yang belang bukan?

Fajar Laksmita Photo Verified Writer Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Wendy Novianto

Just For You