Comscore Tracker

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedo

Siapa nih yang sering melakukannya?

Komedo muncul karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran. Meskipun kecil, namun komedo membuat penampilanmu menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu cara menghilangkan komedo yang terbaik adalah dengan mencegahnya muncul, seperti nasehat mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Ternyata, komedo-komedo ini dapat bermunculan karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan, lho! Jadi sebagus apapun perawatanmu jika kamu tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini maka komedo akan tetap bermunculan dan menghiasi wajahmu.

1. Makan makanan berminyak secara berlebihan

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttps://www.finedininglovers.com

Keadaan kulit tentu dipengaruhi dengan apa yang kita konsumsi setiap harinya. Mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak tinggi seperti gorengan dapat merusak kulitmu dan menimbulkan komedo serta jerawat di wajah cantikmu.

Oleh karena, itu lebih baik hentikan atau kurangi mengkonsumsi makanan berminyak dan menggantinya dengan buah dan sayur yang dapat menutrisi dan merawat kulit.

2. Sering menyentuh wajah

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttps://www.pexels.com

Kebiasaan menyentuh wajah harus dikontrol mulai dari sekarang, karena menyentuh wajah menjadi salah satu pemicu timbulnya komedo. Apalagi jika menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor, bakteri pada tangan akan berpindah dan menginvasi wajah.

Jika dibiarkan berlama-lama maka akan menyebabkan timbulnya komedo, jika ingin menyentuh wajah pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, ya!

3. Tidak mencuci wajah setelah olahraga

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttp://saanphotos.blogspot.co.id

Setelah melakukan olahraga atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan keringat berlebih di wajah, jarang sekali orang yang mencuci bersih wajahnya dari sisa keringat yang menempel. Biasanya orang-orang hanya akan membiarkan keringat tersebut mengering dengan sendirinya.

Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kulit. Keringat dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga dapat menimbulkan munculnya komedo serta jerawat. Hal ini semakin diperparah dengan make up yang masih menempel pada wajah. Jadi segera cuci wajah kita setelah berkeringat ya.

4. Tidak menghapus makeup dengan benar

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttps://www.avoskinbeauty.com

Komedo adalah tentang penyumbatan pori-pori, jadi segalah kebiasaan yang berhubungan dengan penyumbatan pori-pori wajah pasti dapat menyebabkan komedo. Salah satunya adalah tidak menghapus makeup, apalagi jika tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Duh, pasti keesokan harinya komedo dan jerawat akan mulai bermunculan.

5. Tidur dalam posisi miring

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttps://www.pexels.com

Jika komedo muncul hanya di satu sisi wajahmu, besar kemungkinan komedo tersebut dikarenakan posisi tidurmu yang hanya miring pada satu sisi. Biasanya jika tidur dengan posisi miring, sebagian wajah akan menempel pada bantal terutama bagian hidung.

Kebiasaan tidur miring dengan menempelkan sebagian wajah pada bantal dapat membuat sisi wajah tersebut menjadi berkeringat, kondisi bantal yang tidak bersih serta bakteri yang ada pada bantal dapat menempel pada wajah dan memicu timbulnya komedo.

6. Jarang keramas

Tanpa Kamu Sadari, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Munculnya Komedohttps://www.pexels.com

Jarang keramas bisa berefek ke wajah? Tentu saja, saat kamu jarang keramas rambutmu akan menjadi berminyak. Lalu minyak yang berasal dari rambut akan menempel pada wajah saat rambutmu tidak sengaja mengenai wajah. Kebiasaan saat menyentuh rambutmu yang berminyak lalu tanpa membasuh tangan kamu menyentuh bagian wajahmu juga menjadi sarana perpindahan minyak dari rambut ke wajah.

Nah minyak yang berasal dari rambut ini akan menempel dan menyumbat pori-pori di wajahmu. Apalagi jika wajahmu dalam keadaan kotor, maka komedo akan semakin cepat tumbuh bersarang di wajahmu. 

Dari kebiasaan-kebiasaan di atas, manakah yang sering kamu lakukan? Nggak nyangka banget kan kalau ternyata kebiasaan tersebut dapat menimbulkan komedo yang membuat kecantikanmu tidak maksimal, karena itu coba untuk menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang, ya.

 

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You