Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!

Bukan cuma kulit saja yang bisa kena sunburn!

Teriknya cahaya matahari dan jarangnya turun hujan tentu akan membuat kita terkena sunburn apalagi jika kita terbilang lama saat beraktivitas di luar ruangan. Biasanya sunburn memang seringnya terjadi pada kulit. Tanda-tanda kulit terkena sunburn adalah kulit terasa terbakar, kusam bahkan kemerahan.

Namun nyatanya sunburn tidak hanya terjadi pada kulit, tetapi pada bibir juga. Berikut 5 tanda jika bibirmu terkena sunburn, sudah tahu?

1. Rasa tertarik pada bibir

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!medicalnewstoday.com

Teriknya cahaya matahari pastinya membuat sinar UVA dan UVB juga menyinari bibir. Sinar UV ini nyatanya membuat efek negatif pada bibir yaitu salah satunya bibir terasa tertarik serta kelembapannya berkurang. Rasa tak nyaman pada bibir ini jangan dibiarkan saja dan segera atasi dengan menggunakan lipbalm.

2. Warnanya menjadi lebih gelap

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!today.com

Ternyata bibir menggelap bukan hanya karena lipstik tetapi sinar matahari juga. Sinar UV yang setiap hari menyinari bibir lambat laun akan membuat bibirmu menghitam dan kehilangan cantik alaminya.

Kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan serangkaian produk lip care dan pakai pelembap dengan kandungan sunscreen.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Lipstik untuk Kamu yang Memiliki Bibir Hitam

3. Kering sampai pecah-pecah

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!wisegeek.com

Kondisi bibir tertarik lambat laun akan membuat bibirmu tampak kering dan akhirnya pecah-pecah. Apalagi jika kamu jarang minum otomatis keadaan bibirmu akan semakin tak baik. Tak ada salahnya saat bibir kering pakailah lipscrub sesekali agar sel-sel kulit yang mengering itu bisa terangkat dan tergantikan dengan yang baru.

4. Perih

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!thehealthy.com

Jika bibir tampak kering dan pecah-pecah tentunya hal ini otomatis akan membuat bibirmu terasa perih. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka bukan hanya terasa perih tetapi kamu pun berisiko terkena kanker kulit. Oleh sebab itu jangan hanya pakai lipstik saja lindungi bibirmu dengan lip care yang mengandung SPF ya!

5. Terkelupas sampai berdarah

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!vitamins.lovetoknow.com

Keadaan bibir yang kering lambat laun akan menimbulkan pengelupasan dan akhirnya bibir pun berdarah. Meskipun kelihatannya sepele tetapi keadaan bibir yang mengering ini bisa saja menyebabkan infeksi kalau sudah berdarah. Oleh sebab itu jangan pernah membiarkan kondisi ini begitu saja dan segera atasi dengan cepat!

Dengan mengenali tanda di atas dan ternyata kamu mengalaminya, kembalikan kesehatan serta kecantikan alami bibirmu!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Scrub Bibir Itu Penting, Harus Tahu!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya