Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Mengganggu

Cara mudah yang bekerja efektif untuk milia 

Selain komedo dan jerawat, kulit wajah juga sangat rentan terhadap milia. Milia ini sering disebut milk spots karena bentuknya yang kecil berwarna putih. Kehadirannya di kulit wajah tentu sangat merusak penampilan, apalagi bila jumlahnya banyak dan menumpuk di satu area wajah.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena milia ini bisa dihilangkan kok. Bagaimana caranya? Kamu bisa terapkan 5 tips mengatasi milia seperti dilansir dalam majalah Elle berikut ini.

1. Lakukan exfoliating

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Menggangguamoremiog.com

Munculnya milia bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati di area sekitar wajah. Untuk itu, coba lakukan exfoliating secara teratur yaitu 2-3 kali seminggu. Sehingga, sel-sel kulit mati bisa terangkat dan terkikis secara perlahan.

Pastikan produk exfoliating yang digunakan mangandung AHA dan BHA, ya! Bagi kamu yang belum terbiasa dengan exfoliator, sebaiknya pilih kandungan yang ringan dulu guna menghindari munculnya iritasi pada kulit wajah.

2. Tambahkan retinol dalam rangkaian skincare milikmu

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Menggangguunsplash.com/Tiara Leitzman

Seperti yang kamu tahu, retinol kaya akan Vitamin A. Kandungan ini akan membantu mengatasi penumpukan sel kulit mati dan meregenerasi kulit dengan cepat. Tambahkan retinol ini pada rangkaian produk skincare yang digunakan sehari-hari, entah itu pagi atau malam hari.

Mengingat retinol ini termasuk kandungan aktif, sebaiknya gunakan dalam takaran yang cukup. Pastikan pula kamu tidak menggabungkannya dengan AHA atau BHA karena akan mengurangi khasiat dari retinol ini sendiri.

3. Gunakan sunscreen setiap hari

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Mengganggubesthealthmag.ca

Paparan sinar matahari tak hanya merusak lapisan kulit dan mengubah warna kulit. Tetapi, juga dapat menyebabkan milia lho! Maka dari itu, gunakanlah sunscreen setiap kali ingin bepergian.

Mengingat iklim di Indonesia sangat panas, sebaiknya pilih sunscreen yang setidaknya mengandung SPF 30. Agar lebih aman lagi, kamu bisa meningkatkan level SPF-nya menjadi 50 ke atas.

Baca Juga: Bisa Ganggu Makeup Lho! Ini Fakta Milia, Benjolan Kecil di Area Mata 

4. Hindari cream wajah yang terksturnya thick

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Mengganggumadamenoire.com

Pada dasarnya, krim yang tekturnya padat dan thick sangat ampuh untuk melembabapkan kulit. Tapi di lain sisi, teksturnya yang thick ini justru dapat menyebabkan milia. Terutama di daerah sekitar mata yang terkenal sangat sensitif terhadap apapun.

Apabila milia yang diderita terdapat di sekitar mata, sebaiknya beralihlah ke tekstur krim yang lebih ringan. Sehingga, krim ini benar-benar memberi manfaat terhadap kesehatan kulit. Bukannya malah membuat kulit iritasi dan rusak.

5. Jangan pernah memencet milia

5 Tips Mengatasi Milia, si Bintik Kecil yang Sangat Menggangguharpersbazaar.com

Kamu boleh saja terganggu dengan kehadiran milia di wajahmu. Tapi ingat, jangan pernah coba-coba untuk memencet milia karena usahamu ini akan sia-sia. Bukannya hilang, kulit wajahmu malah akan menjadi kemerahan dan iritasi.

Jika kamu ingin cara yang instan, sebaiknya pergi dan konsultasikan dengan ahlinya. Di sana, kamu akan menjalani serangkaian perawatan untuk menumpas abis milia. Sehingga, kulit wajah akan kembali cantik seperti sedia kala.

Sekarang, kamu tak perlu pusing-pusing untuk mengatasi milia karena kamu sudah punya tipsnya. Semangat ya demi kulit yang sehat tanpa noda!

Baca Juga: Kerap Ganggu Penampilan, Musnahkan Milia di Wajah dengan 6 Bahan Ini

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya