Comscore Tracker

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebih

Mudah dilakukan

Pori tersumbat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada kulit berminyak. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil dengan tekstur kasar saat diraba.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak tersebut dengan beberapa cara di bawah ini. Sederhana banget, lho!

1. Melakukan double cleansing

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak BerlebihFreepik.com/jcomp

Double cleansing merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkan sel kulit mati dan minyak yang menumpuk. Akan tetapi, double cleansing untuk kulit berminyak lebih disarankan menggunakan cleansing oil atau cleansing balm

Tenang saja, walaupun berbahan dasar oil, cleansing jenis ini tidak akan membuat kulit tambah berminyak. Pasalnya, cleansing oil atau cleansing balm justru memiliki formula yang sangat mudah untuk dibersihkan dari permukaan kulit.

2. Rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebihpexels.com/cottonbro

Sunscreen merupakan salah satu langkah penting dalam kegiatan skincare routine. Tujuannya adalah untuk menghindari pori-pori semakin terlihat membesar dan mengontrol kulit agar tidak memproduksi minyak berlebih.

Ketika kulit tidak terlindung dari sinar UV, maka kolagen yang ada di dalam kulit akan rusak dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Untuk itu, jangan lupa menggunakan sunscreen dalam setiap kegiatanmu, ya!

3. Menggunakan skincare yang mengandung vitamin C dan E

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebihunsplash.com/Vya Naturals

Vitamin C dan E merupakan dua jenis kandungan dengan unsur antioksidan yang sangat tinggi. Artinya, dengan menggunakan jenis skincare ini, kamu bisa melindungi kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat bahaya sinar UV.

Selain itu, kandungan ini juga diyakini dapat membantu menjaga kadar air dalam kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Luar biasa sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Penyebab Pori-pori Hidung Berukuran Besar, Sudah Tahu?  

4. Melakukan eksfoliasi kulit dengan kandungan AHA/BHA

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebihinstagram.com/cosrx

Selain double cleansing, kamu juga bisa membersihkan minyak dan sel kulit mati dengan eksfoliasi menggunakan produk yang mengandung AHA/BHA. AHA (Alpha Hyroxy Acid) bekerja untuk menyerap minyak dan mengangkat kotoran serta sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori wajah.

BHA (Beta Hydroxy Acid) bekerja dengan masuk ke dalam pori-pori untuk memecah minyak yang tersumbat sekaligus membersihkannya. Selain itu, kandungan BHA juga sangat cocok untuk mengatasi masalah komedo yang diakibatkan oleh penyumbatan minyak pada pori.

5. Menggunakan clay mask

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebihpexels.com/Gustavo Fring

Kandungan clay pada masker, pada dasarnya memiliki fungsi sebagai penyerap minyak dan pengangkat kotoran yang cukup efektif. Ini karena clay mask bekerja membersihkan pori-pori dan minyak berlebih tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit.

Selain itu, kandungan clay juga bisa memberikan perlindungan dari serangan bakteri penyebab infeksi. Jadi ingin mencobanya, kan?

6. Memakai skincare yang mengandung niacinamide

6 Tips Membersihkan Pori Tersumbat Akibat Produksi Minyak Berlebihunsplash.com/Okan Younesi

Niacinamide merupakan kandungan yang dipercaya ampuh untuk mencegah produksi minyak berlebih yang berasal dari kelenjar minyak. Oleh karenanya, pemakaian skincare jenis ini sangat dianjurkan bagi pemilik kulit berminyak.

Selain itu, niacinamide juga dapat menjaga pertahanan lapisan kulit sehingga pori-pori akan tampak mengecil. Kulit pun menjadi lebih elastis. 

Itu dia beberapa tips untuk membersihkan pori-pori pada wajah yang tersumbat akibat produksi minyak berlebih. Semoga dapat membantumu menyelesaikan masalah yang dihadapi, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pori-pori Jadi Besar, Sering Melakukan?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya