Comscore Tracker

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembap

Kulit normal beda perawatannya dengan kulit sensitif

Hydrating toner merupakan item penting dalam rangkaian perawatan kulit karena berfungsi memberikan hidrasi dan keseimbangan pH alami. Hanya saja, beberapa orang menganggap hydrating toner ini hanya cocok digunakan untuk pemilik kulit kering saja.

Padahal, semua jenis kulit lain ternyata juga membutuhkan hydrating toner untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi mengenai penggunaan hydrating toner yang cocok berdasarkan jenis kulit yang dimiliki. 

1. Kulit normal

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembappexels.com/ShinyDiamond

Meski jenisnya normal, kamu juga harus tetap menggunakan hydrating toner untuk menjaga kelembapan kulit. Dalam penggunaannya, disarankan memilih hydrating toner dengan dua kandungan terbaik bagi kulit normal, yakni Aloe vera dan hyaluronic acid.

Ini karena kandungan Aloe vera mudah menyerap pada kulit dan bisa menjaga kelembapan kulit wajah yang sudah memilik pH seimbang. Sedangkan, hyaluronic acid dapat menahan kadar air dalam kulit yang lebih banyak.

2. Kulit kering

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembappexels.com/cottonbro

Penggunaan hydrating toner yang mengandung Aloe vera, ternyata juga cocok untuk kulit kering. Pasalnya, Aloe vera dipercaya dapat mempertahankan kelembapan kulit dan menenangkan masalah iritasi yang sering diakibatkan oleh kekeringan berlebih.

Pemilik kulit kering juga disarankan untuk memakai hydrating toner yang mengandung vitamin E. Ini karena kandungan vitamin E dapat mengembalikan kelembapan alami pada kulit yang kering, sekaligus membuatnya tampak lebih segar dan lembap

3. Kulit kombinasi

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembapunsplash.com/Rafaella Mendes Diniz

Kandungan hyaluronic acid ternyata juga bisa menjadi pilihan bagi pemilik kulit kombinasi yang ingin menggunakan hydrating toner. Ini karena hyaluronic acid merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

Tidak hanya itu, pemilik kulit kombinasi diketahui juga cocok menggunakan hydrating toner yang mengandung niacinamide. Kandungan ini memiliki kemampuan menghidrasi kulit dengan sangat baik serta mengontrol produksi minyak di area T-zone.

Baca Juga: 8 Pilihan Toner Brand dari Korea Selatan yang Bebas Alkohol

4. Kulit berminyak

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembapunsplash.com/JoelValve

Untuk pemilik kulit berminyak, ada dua jenis kandungan hydrating toner yang cocok, yakni witch hazel dan green tea. Witch hazel merupakan kandungan yang berfungsi untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah yang menyebabkan jerawat.

Sedangkan, kandungan green tea sangat ampuh untuk menyeimbangkan kadar sebum dan air yang ada pada kulit. Sangat sesuai untuk masalah kulit yang dihadapi, bukan?

5. Kulit berjerawat

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembapfreepik.com/user18526052

Witch hazel juga diketahui memiliki kandungan anti peradangan yang dapat mengatasi inflamasi pada jerawat. Kandungan ini dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit berjerawat agar tidak semakin parah.

Untuk meminimalisir efek peradangan akibat jerawat, seperti kemerahan dan rasa perih, kamu juga bisa menggunakan hydrating toner yang mengandung Centella asiatica. Kandungan ini mengurangi peradangan kulit tanpa meninggalkan efek berupa kulit kering. 

6. Kulit sensitif

6 Tips Memilih Hydrating Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Biar Lembapunsplash.com/Park Street

Bagi pemilik kulit sensitif yang ingin menggunakan hydrating toner, cobalah pilih toner yang mengandung chamomile atau allantoin! Kandungan chamomile memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antiseptik yang memberi efek tenang pada kulit sensitif.

Sedangkan, kandungan allantoin memiliki sifat anti inflamasi dengan keunggulan dapat menjaga kelembapan serta memperbaiki struktur kulit yang rusak. Hydrating toner dengan kedua jenis kandungan ini, sangat disarankan bagi pemilik kulit sensitif.

Dari informasi di atas, apakah produk hydrating toner kamu sudah memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis kulitmu? Share yuk di kolom komentar!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Produk Exfoliating Toner yang Tumpas Sel Kulit Mati

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya