Comscore Tracker

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!

Masih tetap mau dilakukan atau pilih berhenti?

Bagian tubuh cewek yang paling mendapat banyak perhatian adalah wajah. Tapi apa jadinya kalau penampilanmu jadi kurang sempurna karena pori-pori yang membesar? Pasti bakal menganggu banget dan bikin tingkat percaya diri menurun karena lubang pori-pori wajah yang besar membuat kulit jauh dari kata mulus.

Siapa sangka, ternyata pori-pori membesar bisa jadi adalah akibat dari kebiasaan yang menurutmu sepele. Ini lho, 8 kebiasaan yang membuat pori-pori pada kulit wajah terlihat membesar.

1. Jarang atau tidak pernah lakukan eksfoliasi pada kulit wajah

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!iStock/Yuri_Arcurs

Kalau kamu jarang atau bahkan gak pernah melakukan eksfoliasi sama sekali, jangan heran pori-pori wajah terlihat membesar. Kelebihan kadar minyak dan sel kulit mati yang menumpuk itulah yang jadi biang membesarnya pori-pori.

Maka dari itu, ingatlah akan pentingnya eksfoliasi karena dapat bantu mengecilkan pori-pori serta membuat kulit wajah jadi lebih sehat.

2. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan atau over exfoliation

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!Shutterstock/Popcorner

Rutin eksfoliasi bukan berarti melakukannya secara berlebihan, lho. Bukannya mendapat manfaat, eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan justru membuat kulit dehidrasi, iritasi, serta pori jadi makin membesar.

Meski ada beberapa produk yang mild hingga bisa digunakan setiap hari, produk eksfoliasi lainnya belum tentu aman digunakan sehari-hari. So, kamu mesti inisiatif baca aturan pakainya dulu ya, girls.

Baca Juga: Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar

3. Menyepelekan penggunaan sunscreen saat beraktivitas outdoor

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!bustle.com

Sering menganggap sepele pemakaian sunscreen adalah suatu kesalahan. Padahal paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa mengurangi kelembapan dan elastisitas kulit hingga sebabkan pori-pori wajah jadi makin membesar.

Makanya, mulai dari sekarang kamu perlu sadar kalau penggunaan sunscreen sangat penting. Selain itu, pilihlah yang sesuai jenis kulit biar aman dipakai.

4. Blotting paper atau kertas minyak digunakan secara terus-menerus

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!elitedaily.com

Blotting paper atau kertas minyak kerap digunakan saat wajah yang sudah dirias terlihat berminyak. Kalau pakai sekali dua kali sih gak masalah, namun lain halnya jika berlebihan. Sebenarnya kulit wajah juga butuh minyak alami, lho.

Ketika kamu terus-menerus tempelkan blotting paper untuk menghisap minyak, justru ini mendorong kulit untuk produksi minyak lebih banyak dan membuat pori terlihat kian membesar.

5. Keseringan touch up riasan wajah

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!Shutterstock/Puhhha

Meski niatnya untuk membuat riasan terlihat tetap sempurna, terlalu sering touch up makeup bisa jadi penyebab pori-pori wajah jadi besar. Setelah berjam-jam makeup bertahan di wajah, debu dan kotoran dari udara ikut menempel.

Pelapisan ulang dengan bedak akan mengunci kotoran dan bakteri di permukaan wajah. Jika dilakukan terlalu sering dan gak dibersihkan, pori yang tersumbat pun akan terlihat membesar.

6. Mengusap wajah dengan keras menggunakan handuk

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!allure.com

Setelah mencuci wajah dengan bersih, handuk biasa digunakan supaya wajah lebih cepat kering. Kalau sekadar ditepuk pelan sih gak masalah. Tapi beda cerita kalau handuk diusapkan dengan keras ke kulit wajah, apalagi dengan gerakan ke arah bawah. Alih-alih bikin wajah yang basah jadi cepat kering, malah bisa menyebabkan iritasi dan membuat pori-porimu makin besar.

7. Tidur dalam keadaan makeup masih menempel di wajah

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!Shutterstock/Svyatoslava Vladzimirska

Walaupun kamu kelelahan setelah seharian beraktivitas, jangan pernah langsung tidur dengan keadaan makeup masih menempel di wajah. Kalau kamu biarkan makeup melekat semalaman, bahan kosmetik akan bercampur dengan kotoran, bakteri dan minyak. Kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan jerawat dan pori-pori besar karena tersumbat.

8. Nekat memencet komedo dan jerawat

Stop 8 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Pori-pori Kulit Wajah Membesar!iStock/Tomwang112

Sekalipun komedo dan jerawatmu mengganggu, tahanlah keinginan buat memencetnya. Kebiasaan memencet komedo dan jerawat di wajah bisa memberi dampak buruk. Selain akan meninggalkan bekas, hal ini dapat menimbulkan bopeng dan pori-pori besar di kulit wajah. Daripada ambil resiko, lebih baik berikan perawatan dengan produk skincare supaya komedo perlahan menghilang dan jerawat cepat kempes.

Setelah tahu bahwa kebiasaan di atas ternyata bisa berdampak pada pori-pori, sebaiknya kamu tinggalkan mulai sekarang. Jangan pernah dilakukan lagi kalau gak mau pori-pori wajahmu jadi makin besar karena tentunya akan mengganggu penampilan.

Baca Juga: Budget-Friendly, 6 Tips Jitu Skincare Ramah Untuk Kantong Pelajar

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You