Comscore Tracker

Gak Cuma Menenangkan, Meditasi Juga Bisa Bikin Berat Badanmu Turun!

Kamu cukup melakukannya lima menit, setiap hari

Jika kamu hendak menurunkan berat badanmu, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa teknik meditasi untuk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berdiet. Jurus sederhana dan bebas biaya ini tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga bisa membantumu langsing.

Tips dari pendiri Mentors Channel Doron Libshtein, seperti yang dikutip Woman's World ini, bisa membantu orang-orang sibuk memetik manfaat dari meditasi kapan saja dan di mana saja.

1. Apa itu meditasi?

Gak Cuma Menenangkan, Meditasi Juga Bisa Bikin Berat Badanmu Turun!Pexels.com/Pixabay

Meditasi adalah praktik relaksasi yang membersihkan pikiran dari segala hal duniawi. Ada beberapa orang yang berlatih hanya lima menit sehari, tetapi kebanyakan ahli meditasi menyarankan untuk berlatih hingga 20 menit setiap hari.

Meditasi tidak harus sulit. Jika kamu baru memulai, bermeditasilah lima menit segera setelah kamu bangun tidur pafa pagi hari. Hal ini bertujuan untuk merelaksasi diri sebelum menghadapi hari sibuk.

Cukup tutup kedua matamu dan fokus pada pola pernapasan tanpa mencoba mengubahnya. Jika pikiranmu mengembara, segera fokus kembali ke pola pernafasan.

Walau begitu, Libhstein menyarankan untuk bermeditasi selama 10 menit setiap hari (lima menit di pagi dan lima malam). Dia mengakui, jumlah waktu bermeditasi tidak  lebih penting dari melakukannya secara teratur.

Memang akan terasa sulit untuk membentuk kebiasaan baru. Jadi, jika kamu memulai hanya lima menit sehari, itu tidak masalah. Jangan ragu mengubah posisi baik duduk maupun berbaring atau posisi apapun yang terasa paling nyaman untukmu.

2. Apa hubungan antara meditasi dan penurunan berat badan?

Gak Cuma Menenangkan, Meditasi Juga Bisa Bikin Berat Badanmu Turun!universityofcalifornia.edu

"Meditasi dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu orang menurunkan berat badan," kata Libshtein.

Apa sebenarnya yang membuat meditasi bisa begitu berperan dalam hal penurunan berat badan? Meditasi, kata Libshtein, menyelaraskan pikiran sadar dan tidak sadar untuk menyetujui perubahan yang ingin kita terapkan pada perilaku kita.

Perubahan itu bisa termasuk mengendalikan keinginan untuk makanan yang tidak sehat dan mengubah kebiasaan makan. Sangat penting untuk melibatkan pikiran bawah sadar. Karena di pikiran bawah sadar itulah dorongan.

Meditasi dapat membantumu lebih sadar akan dorongan menambah berat badan. Dengan meditasi, kamu dapat mengesampingkan pikiran tentang makan dan bahkan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan pelangsingan.

3. Bagaimana meditasi dapat membantu ketika diet dan olahraga tidak berhasil?

Gak Cuma Menenangkan, Meditasi Juga Bisa Bikin Berat Badanmu Turun!Pexels.com/kinkate

"Dalam banyak kasus, stres adalah pemicu utama kenaikan berat badan yang berlebihan atau ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan secara efektif," kata Libshtein.

Jadi, jika kamu sudah berdiet dan berolahraga tetapi terus-menerus stres, upayamu jelas tidak berdampak. Sebaliknya, kamu membuat berat badanmu tetap naik.

Sekali lagi, stres melepaskan hormon yang menyimpan lemak ekstra. Hal ini bahkan dapat memicu siklus stres. Kamu tidak dapat menurunkan berat badan karena kamu sedang stres. Kamu stres karena tidak mampu menurunkan berat badan. Ini adalah pola yang mudah membuatmu terjebak. Walau begitu, kamu dapat lepas dari 'lingkaran setan' itu. Meditasi adalah solusinya.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya