Comscore Tracker

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!

Cantik-cantik rambutnya bau apek. Oh no!

Rambut ibarat sebuah mahkota bagi kaum perempuan. Bahkan demi menjaga keindahan dan kesehatannya, sebagian perempuan rela merogoh kocek dalam-dalam demi melakukan perawatan mahal di salon terbaik.

Sayangnya, rambut seringkali mengeluarkan aroma tak sedap atau berbau apek tanpa kamu tahu penyebabnya. Hal yang semacam ini sudah pasti bikin kamu bete sekaligus nggak pede kan? Masa sih cantik-cantik kok rambutnya bau apek.

Tapi sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi orang-orang akan tutup hidung dan menjauh saat kamu mengibaskan rambut cantikmu. Karena dengan 6 cara mudah yang ada di bawah ini kamu bisa membuat rambutmu wangi sepanjang hari. Bye, rambut apek!

Yuk, simak langsung cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat rambutmu terbebas dari bau tak sedap.

1. Lidah buaya

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!rensaskincare.com

Lidah buaya atau Aloe vera memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut. Tapi selain berguna untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut, tanaman yang satu ini juga bisa membantu kamu mencegah rambut rontok sekaligus membuat rambutmu bebas dari bau tak sedap lho.

Cara penggunaan lidah buaya bahkan sangat mudah. Cukup kamu jadikan sebagai masker yang dioleskan secara merata di rambut dan kulit kepala kamu. Diamkan selama beberapa menit hingga meresap, kemudian bilas rambut hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker lidah buaya setiap seminggu sekali.

2. Jeruk

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!2il.org

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk bermanfaat untuk membunuh bakteri yang ada di kulit kepala karena sifat asamnya.

Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah, yaitu dengan mengiris atau menumbuk kulit jeruk kemudian peras. Perasan air dari kulit jeruk tersebut bisa kamu gunakan untuk membilas rambut.

3. Tomat

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!bhg.com.au

Daging tomat memiliki kandungan pH yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah yang satu ini bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada rambut dan kulit kepala.

Cara penggunaannya hanya cukup dengan menghaluskan tomat menggunakan blender atau mixer. Kemudian gunakan tomat yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker rambut. Wah gampang banget kan?

4. Tea tree oil

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!organicfacts.net

Mengandung sifat antimikroba, tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek pada rambut dan kulit kepala. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan tea tree oil secara merata ke permukaan kulit kepala dan rambutmu. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga tak ada lagi minyak yang tersisa.

5. Minyak esensial

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!oilshealthy.com

Minyak esensial ternyata juga bisa lho digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulit kepala dan rambutmu. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan secara merata minyak esensial pilihanmu ke rambut. Kemudian pijat kulit kepalamu dengan lembut. Setelah itu bersihkan hingga tak ada lagi minyak esensial yang tersisa.

Minyak esensial akan membantu mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada rambut maupun kulit kepala. Sehingga kulit kepala dan rambutmu akan menjadi bersih sekaligus wangi.

6. Baby powder

Punya Masalah Rambut Apek? Atasi Saja Dengan 6 Cara Ampuh Ini!care2.com

Cara yang paling mudah mengusir bau tak sedap dari rambut yaitu dengan menggunakan bedak bayi. Ini merupakan cara yang paling praktis dan mudah untuk memberikan aroma wangi sekaligus segar pada rambut secara singkat. Selain itu, bedak bayi juga bisa membuat rambutmu yang lepek kembali bervolume.

Penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan menaburkan bedak bayi secukupnya di kulit kepala dan batang rambut sehingga lebih mudah terserap.

Sangat mudah kan mengusir bau tak sedap dari mahkota kebanggaanmu? Apalagi bahan-bahan di atas juga cukup mudah didapatkan. Nah, bahan mana nih yang ingin kamu coba terlebih dahulu?

Reksita Wardani Photo Community Writer Reksita Wardani

Menulis adalah bekerja dalam keabadian - Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You