Comscore Tracker

Fakta Sunscreen yang Perlu Kamu Ketahui, Jangan Asal Pakai Lho!

Ternyata sunscreen dan sunblock beda, lho

Sunscreen merupakan tahapan akhir dari rentetan skincare yang dipakai, juga, tahapan awal sebelum menggunakan makeup. Namun, banyak orang yang hanya menggunakan sunscreen ketika ingin ke pantai atau saat ingin berenang dan bukan sehari-hari. Padahal, dalam keseharian kamu selalu terpapar oleh sinar matahari, lho. Bahkan di dalam ruangan pun sinar matahari masih dapat masuk dan mengakibatkan kerusakan pada kulit. Maka dari itu kulit perlu selalu dijaga dengan menggunakan sunscreen, girls.

Nah, selain manfaat sunscreen yang banyak, kamu juga perlu mengetahui perbedaan berbagai produk sunscreen supaya gak asal beli. Kamu wajib ketahui jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa fakta tentang sunscreen yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Apa itu sunscreen/sunblock?

Fakta Sunscreen yang Perlu Kamu Ketahui, Jangan Asal Pakai Lho!essentialaesthetics.net

Selain sunscreen, pasti kamu juga sering mendengar istilah sunblock? Di antara beragam pilihan produk pelindung matahari, menentukan produk yang tepat untuk kamu kadang bisa sangat membingungkan. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa terdapat perbedaan jelas antara sunscreen dan sunblock, beserta manfaat yang dikandungnya. Pada dasarnya, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV.

Terdapat dua sinar UV, yaitu UV-A yang berarti aging atau penuaan, dan UV-B, burning atau pembakaran. Di dalam kedua produk tabir surya, perlu adanya SPF, yakni, singkatan dari Sun Protection Factor. SPF akan memberi tahu kamu sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulitmu dari sengatan matahari.

Angka SPF adalah penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB dan mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang.

Baca Juga: Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?

2. Bagaimana cara kerja sunscreen dari kandungan kimiawi?

Fakta Sunscreen yang Perlu Kamu Ketahui, Jangan Asal Pakai Lho!brookespharmacy.com

Cara kerja sunscreen adalah menyerap sinar UVA dan UVB, kemudian diubah menjadi panas. Biasanya teksturnya lebih lembut, ringan, mudah menyerap, dan tidak meninggalkan white cast. Namun sayangnya tipe seperti ini kurang cocok untuk kulit yang sensitif dan bermasalah, karena zatnya yang lebih ringan, jangan terlalu lama di bawah paparan matahari karena dapat memperburuk produksi sebum di dalam kulit, sehingga hanya cocok untuk kulit normal dan kering saja.

Lotion cair kimiawi ini bekerja sebagai penyaring sinar matahari sehingga tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis dan tidak kasat mata saat diaplikasikan. Sedangkan sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. 

3. Lalu, apa perbedaannya dengan sunblock dari segi fisik?

Fakta Sunscreen yang Perlu Kamu Ketahui, Jangan Asal Pakai Lho!medicalnewstoday.com

Cara kerja pelindung matahari yang satu ini adalah memantulkan sinar UVA dan UVB agar tidak masuk ke dalam kulit atau yang sering disebut juga dengan sun blocking. Tipe seperti ini teksturnya lebih tebal dan terkadang menimbulkan white cast.

Tekstur lotion sunblock lebih kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Nah, sunblock adalah rekomendasi perlindungan terbaik jika kamu memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berenang atau bermain di pantai. 

Sekarang sudah tahu kan bedanya? Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, girls.

Baca Juga: Gak Cuma Lindungi Muka dari Sinar UV, Ini 5 Manfaat Sunscreen Lainnya

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You