6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak Berserakan

Yuk, buktikan!

Tata rias mata adalah salah satu kunci untuk membentuk tampilan wajah yang utuh. Meskipun tidak mendominasi porsi wajah seperti pipi, tak diakui mata adalah jendela. Namun, merias wajah bukanlah hal yang mudah. Sudut-sudutnya yang kecil, agak sulit ditata dalam sekejap dan perlu ketelitian.

Buat kamu yang masih pemula, ini dia enam trik gampang supaya makeup mata paripurna, awet, dan tidak berserakan. Yuk, kita buktikan!

1. Sebelum membuat riasan mata, jangan pernah lupa membersihkan wajah. Kotoran dan minyak yang menempel bikin makeup jadi percuma

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/Leah Kelley

Selain membuat pori-pori tertutup, berdandan pada kulit kotor berpotensi membuat makeup menggumpal. Minyak di wajah yang tak segera dihilangkan dengan cuci muka, juga membuat eyeshadow tak menyatu di kelopak dan sulit diratakan.

2. Agar makeup mata tidak mudah luntur, aplikasikan matte finished foundation. Baru kemudian eyeshadow primer

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/Anderson Guerra

Walau terkesan lebih ribet, percayalah hasilnya lebih worth! Tak cuma makeup tahan lama, penampilan mata setingkat lebih bikin pangling. Caranya, lapiskan matte finished foundation sebagai dasar di kelopak mata. Tipis-tipis saja menyapukannya. Lalu, lanjutkan dengan eyeshadow primer secukupnya dan eyeshadow.

Baik matte finished foundation dan eyeshadow primer sama-sama punya kemampuan mencegah eyeshadow dan eyeliner luntur yang sempurna lho!

3. Pastikan urutan menghias matamu adalah eyeshadow bubuk dulu, baru eyeliner. Jangan terbalik, ya!

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/Kaboompics .com

Jika kamu lakukan dengan terbalik, eyeliner kamu bisa hilang atau berhamburan hingga kelopak. Selain itu, warna eyeliner bisa terlapisi warna eyeshadow. Misalnya, kamu memilih warna hitam. Gara-gara urutan pemakaian yang terbalik, ada warna ungu berkilau di tepian mata. Gak seru kan?

dm-player

Baca Juga: Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek Ketahui

4. Supaya tahan lama, gunakan eyeliner cair ketimbang eyeliner dengan aplikator pensil. Baru lapisi bulu mata dengan maskara waterproof

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/freestocks.org

Jatuhkan pilhanmu pada eyeliner cair beraplikator kuas atau stylo (spidol). Keduanya membuat tampilan mata lebih tegas ketimbang eyeliner pensil dan tidak mudah terhapus karena gesekan atau minyak di kulit. Tampilannya juga lebih rapi. Pastikan yang kamu miliki adalah eyeliner yang mudah kering, ya!

5. Saat salah melukis alis, jangan menghapusnya dengan kapas. Lebih baik, bubuhi bedak sampai menipis dan gambar lagi

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/Adrienn

Ketika berdandan, penggunaan pensil alis biasanya setelah berbedak. Ketika alis salah digambar, jangan dihapus dengan kapas. Nanti bedak akan hilang dan makeup tak menyatu. Coba koreksi kesalahan dengan membedaki alis dan lukis lagi.

6. Selalu sediakan cotton bud untuk mengoreksi eyeliner cair atau maskara yang berserakan di tempat yang tidak diinginkan

6 Trik Gampang Supaya Makeup Mata Paripurna, Awet, & Tidak BerserakanPexels/Rakesh Naidu

Seringkali maskara atau eyeliner cair berserakan di sudut-sudut mata. Ketebalan kesalahannya sulit dijangkau dengan kapas atau kain. Maka, sediakan selalu cotton bud untuk mengoreksi sudut yang sulit terjangkau dengan ukuran kecil.

Itu dia trik gampang supaya makeup mata paripurna, awet, dan tidak berserakan. Sudahkah kamu mempraktekkan sebelumnya? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca Juga: Ini 5 Fakta Rambut Kemaluan Cewek, Jarang Diperhatikan tapi Berfaedah

Topik:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya