Comscore Tracker

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!

Gowes musim hujan butuh persiapan!

Musim penghujan telah tiba. Haruskah kita haruskah kita berhenti bersepeda? Apakah ada cara aman ketika bersepeda ketika hujan? Tentu kita tidak perlu berhenti bersepeda dan pasti ada cara aman agar kita bisa tetap bersepeda ketika musim hujan. Selama pandemi peminat olahraga sepeda meningkat drastis. Namun tidak semuanya paham tentang bagaimana bersepeda dengan aman ketika musim hujan berlangsung. 

Bersepeda pada saat hujan tentu tidak boleh kita asal gowes saja, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar gowes kita aman dan nyaman. Mau tahu caranya? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Siapkan perlengkapan yang memadai

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!ilustrasi cara aman bersepeda ketika hujan (roadcyclinguk.com

Sebelum bersepeda pada musim hujan atau saat hujan ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan sebelum bersepeda. Pertama, pastikan sepeda kalian dalam kondisi prima. Kedua, bawa jas hujan. Ketiga, pakai helm dan kacamata dan bawa bekal minum serta toolkit yang memadai.

Dengan perlengkapan yang lengkap dan memadai tentu gowes di waktu hujan akan tetap menyenangkan. Dan, tentunya kamu tetap akan merasa aman.

2. Atur tekanan ban dan pilih ban yang sesuai

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!ilustrasi cara aman bersepeda ketika hujan (asiatri.com)

Sebelum bersepeda akan lebih kalian memastikan tekanan ban kalian agar tidak terlalu keras. Karena apabila tekanan ban terlalu keras akan mudah tergelincir karena ban kehilangan cengkeramannya.

Kemudian, kalau perlu siapkan ban khusus saat musim hujan. Biasanya ban tersebut memiliki alur yang mampu memecah air di jalan dan secara ukuran lebih besar sedikit.

3. Atur kecepatan dalam bersepeda

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!ilustrasi cara aman bersepeda ketika hujan (bikingtoronto.com)

Bersepeda saat hujan bukanlah ajang untuk balapan kecepatan. Karena pada dasarnya ketika kita mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi akan berisiko pada keselamatan pesepeda dan orang lain.

Jalan yang licin serta jarak pandang yang terbatas tentu akan menjadi hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar kita tetap aman dan tidak membahayakan pengguna jalan yang lain.

Baca Juga: Mau Upgrade Sepeda Lipat? Fokuskan Pada 4 Hal Ini

4. Memasang lampu dan mudguard di sepeda

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!ilustrasi cara aman bersepeda ketika hujan (cyclinguk.org)

Aksesori yang sebaiknya dipasang ketika bersepeda di waktu hujan adalalah mudguard dan lampu sepeda. Mudguard berguna melindungi pesepeda dan pengguna jalan lain dari cipratan air dan lumpur ketika bersepeda ketika hujan.

Sementara lampu berfungsi sebagai alat pencahayaan ketika gelap. Selain itu juga sebagai sinyal atau tanda ketika berkabut dan jarak pandang terbatas.

5. Bersihkan sepeda setelah dipakai

5 Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan, Jangan Asal Gowes!ilustrasi cara aman bersepeda ketika hujan (bicycling.com)

Air hujan bersifat asam sehingga bisa mengakibatkan sepeda kalian yang berbahan besi atau aluminium akan mudah berkarat ketika tidak langsung dibersihkan setelah dipakai bersepeda. Selain itu dengan dibersihkan tentu akan menjaga penampilan sepeda tetap clean dan sedap dipandang mata. Terakhir jangan lupa untuk melumasi rantai sepeda secara rutin agar tetap nyaman dan aman saat bersepeda.

Nah, itulah lima cara aman bersepeda di saat hujan. Tentu agar aman kita tidak boleh asal-asalan saja bersepeda pada saat hujan, karena  membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ada yang hobi gowes saat hujan?

Baca Juga: 5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia 

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya