Comscore Tracker

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Juta

Yang hobi sepeda wajib tahu! #IDNTimesMen

Selama pandemik Covid-19 sepeda menjadi salah satu alat olahraga yang menjadi buruan banyak orang. Kesadaran akan pentingnya kesehatan dan olahraga membuat permintaan sepeda khususnya road bike atau sepeda balap melonjak drastis. Namun, jumlah sepeda di pasaran tidak sebanding dengan permintaan, hal tersebut membuat kenaikan harga sepeda.

Road bike kini menjadi salah satu jenis sepeda yang tengah menjadi favorit di kalangan penghobi sepeda karena memiliki desain yang ringkas, bobot yang ringan serta memiliki kenyamanan ketika dikendarai di jalanan aspal. Di pasaran, road bike memang memiliki harga yang terbilang mahal dibandingkan jenis sepeda lain, karena dari segi bahan dan komponen menggunakan bahan yang berkualitas tinggi.

Buat kalian yang baru mau mulai hobi sepeda, ini ada lima rekomendasi road bike atau sepeda balap buat pemula dengan harga di bawah harga Rp8 juta. Baca sampai habis!

1. Polygon Startos S3

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Jutailustrasi roadbike (polygonbikes.com)

Polygon menjadi salah satu brand sepeda lokal yang sudah punya banyak penggemar di Indonesia karena kualitasnya yang sudah teruji. Salah satu lini produk yang laris manis di pasaran adalah road bike seri Strattos. Seri Strattos sebetulnya memiliki beberapa seri, mulai dari Strattos S2, S3, S4, S5, S7 dan S8. Nah khusus seri S3 memang ditujukan bagi kalian yang ingin memiliki road bike dengan harga terjangkau. 

Strattos S3 menggunakan bahan alloy atau aluminium pada frame dan carbon pada sisi fork, sehingga membuat bobot sepada ini terbilang ringan yaitu 10,5 kg. Untuk group set memakai Shimano Sora 2x9 speed yang sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Harga Polygon Strattos S3 berada di kisaran Rp7.500.000 hingga Rp8.000.000

2. Thrill Enthral 2.0

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Jutailustrasi roadbike (thrillbicycle.com)

Produsen sepeda Thrill mengeluarkan produk road bike terbaru mereka dengan nama Enthral 2.0 di mana merupakan seri lanjutan Enthral 1.0. Sepeda ini dirancang menggunakan rangka berbahan aluminium yang ringan serta yang tahan karat.

Memiliki desain gagah dan geometri agresif membuat sepeda ini terlihat keren saat dikendarai. Group set yang dipakai juga sudah cukup mumpuni yaitu Shimano Sora 2X9 speed yang memberikan kemampuan fleksibel saat dikendarai. Harga yang ditawarkan juga cukup worth it dengan spesifikasinya yaitu di angka Rp7.870.000.

3. United Vitessa 1.00

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Jutailustrasi roadbike (unitedbike.com)

United mengeluarkan seri road bike dengan nama Vitessa 1 di mana menjadi produk pertama untuk seri Vitessa 1 hingga 3.  United VItessa 2 menggunakan frame alloy yang ringan, fork sudah berbahan karbon sehingga membuat bobotnya lebih ringan sekaligus rigit saat dikendarai dan dilengkapi dengan group set Shimano Sora yang sudah cukup mumpuni melibas jalanan Indonesia.

Fitur internal cable routing atau sistem kabel dalam membuat penampilan sepeda ini menajdi lebih clean dan rapi. Bobot sepeda ini adalah 10,5 kg dan memiliki harga Rp7.900.000.

Baca Juga: Galau Pilih Road Bike? Simak Dulu 6 Tips Berikut

4. Element Camp Radon

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Jutailustrasi roadbike (elementmtb.com)

Element Camp Radon bisa dibilang menjadi road bike low entry dengan desain paling menawan. Didesain semi aero sehingga menimbulkan kesan gagah dan mewah, meskipun frame dan fork masih terbuat dari alloy atau aluminium.

Las pada penghubung frame juga terbilang rapi dan bobotnya juga tergolong ringan di kelasnya yaitu hanya 10 kg saja. Group set memadukan antara brand Shimano Sora dan Prowheel dibagian crank. Sepeda keren ini dibanderol Rp7.815.000 saja, terjangkau bukan?

5. Polygon Stratos S2

5 Rekomendasi Road Bike Terbaik untuk Pemula, Harga di Bawah Rp8 Jutailustrasi roadbike (polygonbikes.com)

Strattos S2 bisa dibilang menjadi produk andalan Polygon pada sektor road bike entry level Keunggulan Strattos S2 adalah di sisi harga yang sangat terjangkau dan spesifikasi yang ditawarkan juga mumpuni. Frame memakai bahan aluminium yang kokoh dan ringan serta pada bagian fork menggunakan bahan karbon.

Group set memakai Shimano Claris 2x8 speed sehingga cocok untuk jalanan datar dan rute yang tidak terlalu menanjak. Bobot sepeda ini di angka 11 kg, masih cukup ringan untuk pemakaian harian. Harga sepeda seri ini adalah Rp6.600.000, harga tersebut sangat worth to buy bagi pemula.

Itulah lima rekomendasi road bike terbaik bagi pemula dengan harga di bawah Rp8 juta. Ada road bike idaman kalian?

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hobi jadi Sumber Penghasilan saat Pandemik

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya