Comscore Tracker

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang Dimiliki

Lakukan sesuatu yang nyaman, agar dirimu senang

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Kemampuan menghargai diri sendiri perlu kamu sadari dan miliki, terlepas dari segala jenis kekurangan yang ada dalam diri. Semakin kamu mampu menghargai diri sendiri, maka akan semakin terlihat potensi yang kamu miliki.

Perasaan pun akan selalu merasa bahagia, karena menghargai diri sendiri, dapat membuatmu mampu bersyukur dan gak selalu ingin membandingkan apa yang ada dalam diri dengan apa yang orang lain miliki. Menghargai diri sendiri, berarti kamu harus menerima dirimu secara apa adanya dengan segala kelebihan maupun kekurangannya. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mengenali diri secara dekat dan dalam lagi 

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang DimilikiIlustrasi pria bahagia (pexels.com/@mentalhealthamerica)

Cara menghargai diri sendiri yang pertama harus dilakukan yaitu, kenali dan pahami dirimu terlebih dulu. Semakin kamu mengenal secara dekat dan dalam terhadap dirimu sendiri, maka kamu akan semakin mampu melihat dan mengetahui bahwa kamu adalah pribadi yang unik dan baik.

Semakin kamu menyadari keunikan dalam diri, maka kamu akan semakin mampu menghormati dirimu sendiri. Maka mulai sekarang, cobalah temukan nilai-nilai yang ada dalam dirimu, tentukan juga apa yang menjadi prinsip hidupmu, serta tujuan yang ingin kamu capai. Hal tersebut membantumu dalam mengenali dan menemukan jati diri yang sesungguhnya. Memang membutuhkan waktu dan proses, tapi hal ini akan bermanfaat untuk diri dan masa depanmu nanti.

2. Belajar memaafkan diri sendiri 

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang Dimilikiilustrasi pria menyendiri (pexels.com/Anastasiya Vragova)

Untuk bisa menghargai diri, terlepas dari kekurangan yang kamu miliki, maka hal yang perlu dilakukan yaitu memaafkan dirimu sendiri. Jika kamu ingin lebih menghargai diri, apa pun kesalahan yang pernah kamu perbuat di masa lalu, dan segala kekurangan yang ada dalam diri, kamu perlu belajar untuk ikhlas dan memaafkannya.

Jangan menyangkal kesalahan yang pernah dilakukan, akui saja dan terima, lalu maafkanlah. Setelah itu, gak perlu terbelenggu oleh apa yang pernah terjadi di masa lalu. Kembalilah melangkah ke depan dan tataplah masa depan dengan lebih menghargai, serta menghormati dirimu secara lebih baik lagi. Sadari dan pahami bahwa kamu juga manusia, yang tak lepas dari kesalahan. Belajar dari kesalahan dan maafkanlah dirimu.

3. Menerima diri sendiri dengan segala hal yang kamu miliki 

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang Dimilikiilustrasi menerima diri sendiri (pexels.com/Hasib Khorami)

Cara berikutnya, agar kamu lebih bisa menghargai diri sendiri dengan segala kekurangan yang kamu miliki yaitu, belajarlah untuk menerima diri sendiri secara apa adanya. Sayangi dan kasihilah dirimu dengan penerimaan terhadap diri sendiri. Belajar menerima diri sendiri, karena setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan jauh dari kesempurnaan.

Berbahagialah dengan apa yang kamu miliki dan segala hal yang kamu sukai tentang dirimu. Apabila ada yang kurang sempurna dalam diri, terimalah dengan hati yang ikhlas, apalagi jika hal tersebut ada sesuatu yang memang sudah sulit, atau bahkan gak bisa diubah lagi. Sayangilah dan terimalah dirimu mulai dari sekarang, tak peduli dengan kekurangan yang ada dalam diri.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Dirimu Putus Asa, Perhatikan!

4. Tingkatkan rasa kepercayaan diri 

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang Dimilikiilustrasi percaya diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara berikutnya yang perlu kamu lakukan agar lebih menghargai diri sendiri yaitu, dengan meningkatkan rasa kepercayaan diri. Dengan memiliki kepercayaan diri, maka kamu akan lebih mudah menerima dirimu secara utuh dan apa adanya. Kamu bisa menjadi lebih bahagia dengan jati dirimu sendiri.

Entah seperti apa penampilan yang kamu miliki, atau segala sesuatu yang kamu jalani, jika kamu percaya diri, maka apa pun itu pasti kamu akan mampu menghargainya. Meningkatkan kepercayaan diri memang membutuhkan proses dan usaha, tapi jika kamu terus berupaya setiap harinya, maka kamu akan bisa secara perlahan mendapatkan kepercayaan diri yang baik terhadap diri sendiri.

5. Menjaga pikiran dan tindakan agar senantiasa positif 

5 Cara Menghargai Diri Sendiri Terlepas dari Kekurangan yang DimilikiIlustrasi pria dan wanita di tempat kerja (unsplash.com/@krakenimages)

Menghargai diri sendiri, juga berkaitan dengan pikiran dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuatu yang positif pasti akan menghasilkan hal positif juga, maka jagalah pikiran dan tindakanmu agar senantiasa positif sepanjang hari. Apabila ada kenyataan yang terjadi, gak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, tetaplah menghargai diri sendiri.

Jangan menyalahkan dirimu atas hal yang gak diinginkan menjadi kenyataan. Cobalah berpikir positif lagi, bahwa fakta yang terjadi saat ini, pasti akan tetap ada hal positifnya terhadap diri dan masa depan nanti. Belajarlah untuk gak selalu berpikir negatif, saat harapan gak menjadi kenyataan.

Hargai dirimu sendiri, terlepas dari kekurangan yang kamu miliki. Sejatinya, setiap manusia pasti memiliki kekurangan atau pernah melakukan kesalahan. Tetaplah perlakukan dirimu secara hormat dengan menerapkan kelima cara di atas. Jangan pula merasa iri melihat keberhasilan orang lain.

Apa pun yang kamu percayai tentang dirimu sendiri bahwa hal tersebut layak untuk dihargai, maka hargailah. Jangan menganggap diri sendiri terlalu rendah, jika kamu ingin lebih bisa menghargai dirimu, maka janganlah merendahkan diri, baik saat di depan orang lain, maupun saat sedang berkomunikasi dengan diri sendiri. Jangan pernah takut untuk menjadi versi diri sendiri, lakukanlah sesuatu yang nyaman, agar dirimu senang.

Baca Juga: 6 Cara Menangani Masalah dengan Bijak, Stop Menjadikannya Beban Hidup!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya