Comscore Tracker

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!

Punya kegigihan yang luar biasa

Jika selama ini dirimu sudah merasa konsisten, pertanyaan selanjutnya adalah apakah kamu juga sudah punya sikap diri yang persisten? Jika dijelaskan, inti dari sikap persisten adalah sikap yang dimiliki oleh pribadi yang gigih dalam berusaha dan dilakukan secara berkelanjutan.

Tentu sikap persisten juga merupakan sikap patut dipuji, ya, sehingga untuk membantu kamu lebih mengenali hal tersebut, sebaiknya coba cek dulu lima tanda berikut ini. Yuk, segera simak!

1. Pantang menyerah ketika sedang berusaha 

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!ilustrasi sedang menulis (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ketika punya konsistensi diri yang baik, seseorang tentu akan lebih tekun dalam berusaha. Namun yang kadang dilupakan adalah pentingnya persistensi diri. Ya, saat seseorang mampu untuk bersikap persisten, ketika dihadapkan pada tantangan dan rintangan pun, dirinya akan tetap teguh pada tujuan yang hendak dicapai.

Ini artinya, pantang menyerah juga jadi kunci penting bagi seseorang yang ingin persisten. Sebab dirinya memiliki daya juang yang tinggi dan mampu bertahan serta menguatkan diri agar bisa melewati segala kesulitan yang ada.

2. Punya tekad yang kuat dan kokoh

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!ilustrasi diberi arahan dari mentor (pexels.com/Armin Rimoldi)

Rasanya bukan persisten namanya jika tidak memiliki tekad yang kuat, betul? Nah, ketika seseorang persisten terhadap impian atau tujuan yang ia inginkan, pastinya perlu membangun tekad yang kokoh terlebih dahulu.

Jika tidak, sikap persisten yang ingin dilatih dan dibiasakan pun menjadi sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jika dirimu punya tekad yang kokoh dan kuat, maka ini artinya kamu sudah maju selangkah dalam mengembangkan sikap persisten.

3. Punya kesadaran untuk terus mengembangkan diri

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!ilustrasi pria kerja di depan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mereka yang persisten biasanya juga sadar untuk terus berusaha mengembangkan diri. Dengan bekal punya kesadaran diri untuk berkembang, seseorang akan berusaha meningkatkan kemampuan dan kualitas diri agar menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, perkembangan diri juga tentu memerlukan proses dan sebaiknya dipahami serta dilakukan secara bertahap. Dengan begitu, sikap persisten bisa menjadi hal yang bisa dijalankan secara teratur dan diseimbangkan juga dengan sikap konsisten.

Baca Juga: 5 Sikap Meyakinkan Seseorang bahwa Dia Gak Salah Pilih Pasangan

4. Punya semangat yang tidak mudah luntur

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!ilustrasi orang sedang memilih buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tanpa semangat, kemungkinan besar sikap konsisten juga gak akan mudah dijalankan dalam keseharian, bahkan cenderung pudar dan sulit memberikan manfaat yang sebelumnya diharapkan. Hal ini dikarenakan pentingnya semangat diri untuk memperkuat sikap konsisten untuk menjadi bagian penting dalam kehidupan.

Jadi jika kamu merasa kamu punya semangat yang kuat dan tidak mudah luntur, ini bisa jadi tanda kalau kamu memang pribadi yang persisten. Setelah itu, kamu bisa coba untuk terus melatih diri untuk senantiasa bersikap persisten, ya!

5. Selalu mengingatkan diri untuk disiplin

5 Tanda kalau Kamu Pribadi yang Persisten, Salut Banget!ilustrasi orang sedang menulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Pada dasarnya, persistensi diri yang baik juga akan disertai dengan kedisiplinan yang sudah dilatih. Hal ini berarti dalam proses mengembangkan sikap persisten, sebaiknya selalu mengingatkan diri untuk disiplin ketika sedang berusaha mengerjakan sesuatu.

Dengan demikian, segala upaya yang kamu lakukan berpotensi memberikan hasil yang baik dan bermanfaat. Sehingga waktu yang ada juga turut digunakan dengan maksimal dan tentunya tidak sia-sia.

Jadi, kelima tanda di atas semoga mampu membantumu mengenali apakah diri sendiri sudah persisten atau tidak? Selain itu, catatan yang juga perlu diingat adalah sikap persisten baiknya disertai dengan pemikiran yang bijak agar nantinya bisa lebih dimaksimalkan lagi melalui langkah-langkah yang tepat.

Baca Juga: 5 Penyebab Sikap Disiplin Belum Berkembang, Kira-kira Kenapa?

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya