Comscore Tracker

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!

Kombinasikan dengan bahan-bahan sederhana

Ketombe pada rambut sering menjadi masalah yang paling menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Ketombe bisa muncul karena banyak faktor, mulai dari cuaca yang berubah-ubah, cara perawatan yang salah, hingga timbulnya jamur.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami, seperti jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan ketombe bisa kamu coba lakukan secara rutin. Bisa juga dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti madu, lidah buaya, hingga minyak kelapa.

Simak selengkapnya di artikel ini, yuk!

1. Langsung aplikasikan di kulit kepala

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!Ilustrasi jeruk nipis (unsplash.com/jessicalewiscreative)

Sebelum mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain, kamu bisa mencoba menggunakannya langsung ke kulit kepala dulu. Berikut caranya:

  1. Ambil satu buah jeruk nipis dan bagi menjadi dua.
  2. Jika rambutmu cukup panjang, jepit rambutmu hingga kulit kepala terlihat.
  3. Lalu, mulailah menggosok secara perlahan jeruk nipis ke kulit kepala secara menyeluruh.
  4. Balut rambut dengan handuk atau shower cap selama 10 menit supaya kandungannya meresap.
  5. Bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa.
  6. Ulangi cara ini selama dua kali seminggu.

2. Jeruk nipis dan sampo

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!Ilustrasi jeruk nipis (pexels.com)

Kamu juga bisa mencampur jeruk nipis dengan sampo atau kondisioner yang kamu gunakan saat mandi. Caranya sangat sederhana. Kamu tinggal memeras 2-3 jeruk nipis dan campur dengan sampo atau kondisioner.

Kamu cukup mencampurkannya di tanganmu saat ingin keramas. Lalu, keramaslah seperti biasa.

3. Jeruk nipis dan tea tree oil

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!ilustrasi tea tree oil (pixabay.com/irakudryavtseva)

Tea tree oil dikenal sebagai minyak alami yang baik untuk kulit. Ternyata tea tree oil juga bisa digunakan untuk merawat kulit kepala, lho. Kamu bisa mencampurkan tea tree oil dengan jeruk nipis. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Cara pengaplikasiannya juga simpel. Cukup campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dan 4 sdm tea tree oil. Lalu, ratakan campuran tersebut ke kulit kepala secara merata. Setelah itu, balut rambutmu dengan handuk hangat atau shower cap selama satu jam. Jika sudah, bilas dan keramas seperti biasa.

4. Jeruk nipis dan lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!Cara menghilangkan ketombe dengan soda kue dan lidah buaya (freepik.com)

Lidah buaya memang sejak lama dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya membantu rambut terlihat lebih tebal dan bebas bakteri serta jamur. Selain itu, lidah buaya juga memiliki enzim yang mengandung antioksidan, sehingga bisa mencegah kerusakan.

Untuk melakukannya, kamu cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan 2-3 sdm gel lidah buaya. Jika sudah teraduk rata, oleskan campuran tadi ke kulit kepala secara menyeluruh.

Kemudian balut rambut dengan shower cap dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah, jangan lupa bilas dan keramas.

5. Jeruk nipis dan garam

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!Ilustrasi garam dapur (pixabay.com/mkupiec7)

Kandungan dalam garam diketahui bisa membantu menyerap minyak berlebih di kulit kepala. Garam juga bisa membantu melawan tumbuhnya jamur penyebab ketombe.

Kamu bisa mencampurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm garam dapur. Supaya mudah tercampur, kamu bisa tambahkan 1 sdm air biasa.

Setelah tercampur, oleskan ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dan keramas seperti biasa.

6. Jeruk nipis dan telur

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!ilustrasi menambahkan telur (Pexels.com/SHVETS production)

Tahukah kamu kalau putih telur ternyata mengandung enzim yang bisa membasmi bakteri dan mengurangi iritasi di kulit kepala? Kamu bisa mencampurkan putih telur dengan jeruk nipis ini dan mengoleskannya ke kulit kepala. Berikut caranya:

  1. Ambil satu butir telur dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
  2. Campurkan putih telur dengan 1 sdm air perasan jeruk nipis.
  3. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala secara merata, boleh dilakukan dengan sedikit pijatan.
  4. Diamkan selama 30 menit dan bungkus dengan shower cap.
  5. Bilas dan keramas dengan sampo hingga bersih.

7. Jeruk nipis dan minyak jarak

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!ilustrasi minyak jarak (pexels.com/Pixabay)

Minyak jarak atau castor oil juga sudah lama dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut. Minyak jarak memiliki kandungan antimikroba yang bisa membasmi bakteri.

Caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan beberapa tetes minyak jarak dengan 2-3 sdm air perasan jeruk nipis. Aduk dan oleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam dan bersihkan dengan air bersih serta sampo.

8. Jeruk nipis dan yoghurt

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!ilustrasi greek yoghurt (freepik.com/Racool_studio)

Mungkin kamu tidak menyangka kalau yoghurt yang biasa dikonsumsi untuk tujuan kesehatan ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Yoghurt umumnya mengandung lactic acid yang bisa mengeksfoliasi sel kulit mati pada kulit, termasuk kulit kepala. Ditambah dengan kandungan citric acid pada jeruk nipis yang bisa menyeimbangkan pH kulit kepala.

Cara pengaplikasiannya juga simpel, kamu tinggal mencampurkan 3 sdm yoghurt plain dengan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah dengan sampo.

Baca Juga: 8 Kondisioner Rambut Pria Terbaru dan Terbaik, Cek di Sini

9. Jeruk nipis dan madu

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!Ilustrasi madu (pexels.com/Pixabay)

Perpaduan antara madu dan jeruk nipis juga menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang ampuh. Kedua bahan alami ini bisa membantu menumpaskan bakteri dan jamur di kulit kepala.

Caranya kamu tinggal mencampurkan 2 sdm madu murni dan 2 sdm air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, oleskan di kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Vitamin Rambut Pria untuk Semua Jenis Rambut

10. Jeruk nipis dan minyak kelapa

10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mudah dan Ampuh!ilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/towfiqu bharbuiya)

Campuran jeruk nipis sebagai cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalah mengombinasikannya dengan minyak kelapa. Sejak lama minyak kelapa dikenal bermanfaat untuk melembapkan rambut. Ternyata minyak kelapa juga mengandung antimikroba dan antijamur yang bisa membasmi ketombe, lho.

Caranya adalah mencampurkan 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm air jeruk nipis. Jika sudah tercampur, oleskan ke kulit kepala. Diamkan selama 30-45 menit dan bilas hingga bersih.

Sekian tadi 10 campuran jeruk nipis sebagai cara menghilangkan ketombe yang efektif dan pasti aman karena menggunakan bahan alami. Jadi, kamu mau coba yang mana nih?

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan, Mudah dan Ampuh!

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya