Comscore Tracker

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu Tahu

Hati-hati banyak Air Jordan KW beredar, Bro!

Air Jordan menjadi salah satu sepatu basket paling ikonik, baik dalam dunia basket hingga dunia fashion. Tak jarang para cowok memasukkan Air Jordan sebagai salah satu sepatu basket andalannya untuk bergaya kasual.

Saking populernya, Air Jordan juga banyak beredar yang versi tiruan atau KW. Meski terlihat mirip, Air Jordan versi KW tak sebagus dan senyaman aslinya, Bro. Meskipun Air Jordan orisinal memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari versi KW, namun harganya sesuai dengan kualitas yang didapatkan.

Nah, jika kamu berniat membeli sepatu Air Jordan orisinal, maka kamu harus bisa membedakan versi orisinal dan versi KW-nya ya, Bro. Cara membedakannya bisa kamu baca di artikel ini!

1. Perhatikan logo-logo pada sepatu 

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi logo sepatu Air Jordan (unsplash/Klim Musalimov)

Air Jordan memiliki beberapa logo pada sepatunya. Mulai dari logo jumpman yang berupa siluet Michael Jordan sedang melompat untuk memasukkan bola, logo Air Jordan berbentuk sayap, serta logo swoosh Nike. Dari logo-logo ini kamu bisa membedakan sepatu Air Jordan orisinal dengan KW.

Untuk logo jumpman, kamu bisa cek di internet bagaimana logo tersebut seharusnya, dan pastikan logo pada sepatu Air Jordan yang akan kamu beli sama persis dengan logo tersebut. Biasanya ada produk KW yang sedikit membedakan logo jumpman, seperti tangan yang tidak memegang bola mengarah ke atas padahal seharusnya mengarah ke bawah.

Sedangkan logo Air Jordan berbentuk sayap terdapat pada Air Jordan 1. Di logo ini kamu harus perhatikan tulisan Air Jordan yang tercetak. Tulisannya harus rapi dan terlihat jelas. Tulisan ini cenderung dicetak dengan huruf yang tipis pada Air Jordan orisinal. Selain itu yang bisa menjadi patokan adalah huruf R dan D pada tulisan Air Jordan harus menyambung pada bagian bawah hurufnya. Lalu tulisan TM (trademarks) pada ujung tulisan Air Jordan harus terlihat jelas dan cukup tebal.

Untuk logo swoosh Nike, kamu bisa perhatikan ujung tanda centang pada logonya. Logo Nike yang orisinal harus meruncing, bukan tumpul seperti pada sepatu KW. Intinya logo-logo yang dicetak pada sepatu Air Jordan orisinal sangat presisi dan rapi, Bro.

2. Perhatikan material sepatu

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi sepatu Air Jordan (unsplash/Max Burchill)

Air Jordan kebanyakan menggunakan material kulit asli, yang dapat terasa kokoh namun tetap fleksibel dan menimbulkan bau kulit yang khas. Beberapa Air Jordan juga menggunakan tambahan bahan mesh, pastikan bahan mesh-nya berkualitas bagus, terasa rapi, dan terasa adem saat digunakan.

Sedangkan untuk sol, sepatu Air Jordan asli menggunakan sol karet yang berkualitas dan lem yang bagus. Sehingga tidak menimbulkan bau yang kurang sedap dari bahan sol dan lem dengan kualitas rendah yang biasa digunakan oleh sepatu KW.

3. Perhatikan kerapian lubang-lubang udara pada sepatu 

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi lubang udara sepatu Air Jordan (unsplash/Marat Khairat)

Beberapa Air Jordan, salah satunya Air Jordan 1, memiliki lubang udara di area ujung kaki. Lubang udara ini cukup banyak dan harus terlihat presisi serta rapi. Kamu bisa membandingkan lubang udara sepatu Air Jordan antara yang kanan dan kiri.

Sepatu Air Jordan KW biasanya memiliki lubang udara dengan jarak yang kurang konsisten antara sepatu kanan dan kirinya. Sehingga, ini bisa menjadi salah satu patokan untuk mengecek air Jordan orisinal atau KW.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!

4. Perhatikan dus sepatu Air Jordan

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi sepatu dan dus Air Jordan (unsplash/Glodi Miessi)

Air Jordan datang dengan dus khusus berlogo Air Jordan, bukan logo Nike seperti sepatu Nike lain. Kamu harus pastikan dus yang datang memiliki logo Air Jordan berupa jumpman. Dusnya pun sering diubah, sehingga ada baiknya kamu memastikan dulu di internet bentuk dus Air Jordan saat ini seperti apa. Dus Air Jordan yang asli juga rapat dan kokoh, serta presisi di setiap sisi.

Di bagian dus terdapat label yang menunjukkan keterangan sepatunya. Kamu harus memastikan keterangan pada label yang ada di dus sama persis dengan keterangan yang ada pada label di sepatu. Jika keterangannya berbeda, maka dus bukan bawaan sepatunya dan ada kecenderungan produknya tidak orisinal karena datang dengan dus yang berbeda.

5. Perhatikan kerapian jahitan dan detail pada bahan

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi sepatu Air Jordan (unsplash/Sahand Babali)

Air Jordan bukan sepatu yang dibuat dengan main-main. Bahan serta jahitannya dibuat sangat rapi dan presisi. Sehingga kamu bisa mengecek setiap jahitan sepatu. Jangan sampai ada jahitan yang miring maupun terlihat berantakan. 

Selain itu, potongan setiap bahannya juga rapi. Kamu bisa memerhatikan setiap ujung panel bahan kulit sepatu. Air Jordan yang orisinal tidak memiliki sisa potongan pada ujung-ujung bahan kulitnya, sehingga terlihat sangat rapi dan mulus di setiap bagian ujung sambungan panel bahan kulit.

6. Jangan tergiur pada harga yang terlampau murah

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlustrasi sepatu Air Jordan (unsplash/Deepal Tamang)

Air Jordan orisinal ukuran dewasa memiliki harga mulai Rp1,6 jutaan ke atas, dengan produk-produk edisi spesial bisa dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga harga ini bisa menjadi patokan untuk menentukan apakah produk tersebut asli atau KW.

Produk-produk Air Jordan KW biasanya dibanderol dengan harga di bawah Rp1 juta, baik itu Air Jordan seri biasa maupun edisi spesial. Sehingga, kamu harus berhati-hati jika mendapati Air Jordan dengan harga yang kelewat murah.

Hati-hati juga dengan penawaran yang mengatakan produk tersebut orisinal dengan tambahan embel-embel kata lain seperti orisinal pabrik, atau orisinal premium, dan sebagainya. Penjual sepatu yang orisinal akan lebih percaya diri mengatakan bahwa produknya orisinal tanpa tambahan embel-embel lain di belakangnya.

7. Cek kode pada label sepatu

5 Perbedaan Sepatu Air Jordan Ori dan KW yang Perlu Kamu TahuIlsutrasi sepatu Air Jordan (unsplash/Blake Carpenter)

Setiap produk Air Jordan memiliki label yang biasanya dapat ditemukan di dalam lidah sepatu. Pada label terdapat keterangan berupa kode yang menunjukkan seri sepatu Air Jordan tersebut. Menariknya, kode tersebut bisa dicek di internet!

Kamu bisa mengetikkan kode tersebut di mesin pencarian Google, lalu klik pada menu gambar. Kamu harus menemukan gambar sepatu Air Jordan yang sama baik seri dan warnanya di internet dengan sepatu yang kamu cek kodenya.

Nah, dengan cara-cara ini semoga kamu bisa membedakan Air Jordan orisinal dengan KW. Jangan sampai tertipu ya, Bro!

Baca Juga: 5 Perbedaan Sepatu Converse Ori dan KW, Jangan Salah Beli Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya