Comscore Tracker

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!

Perhatikan penggunaannya

Salah satu fashion item yang banyak digunakan oleh pria adalah jas. Hadir dalam beragam material,  model, dan warna, fashion item ini memberikan kesan formal pada pemakainya. Karenanya, tak mengherankan bila jas cocok dipakai untuk acara resmi, seperti bisnis, pernikahan, dan acara formal lainnya.

Hanya saja, tak sedikit pria yang mengira jas dan blazer sama. Padahal, bila diperhatikan lebih saksama, keduanya memiliki detailnya yang berbeda. Agar tidak salah pakai, cek enam perbedaan jas dan blazer yang perlu kamu ketahui berikut ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Jas Jahit Baru Selalu Lebih Baik Daripada Beli Jadi

1. Material

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan material (unsplash.com/hardinidwi)

Perbedaan jas dan blazer yang utama dapat dilihat dari segi material. Material jas cenderung lebih kaku dan lebih mahal. Salah satu material yang umumnya dipakai untuk merancang jas adalah wol.

Sementara itu, blazer terbuat dari bahan yang tipis dan lembut demi kenyamanan pemakainya. Material utama blazer terdiri dari katun, beludru, dan poliester. Karena tidak didukung komponen bahan yang mumpuni, tak jarang blazer terasa panas saat terlalu lama dikenakan.

2. Warna

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan warna (pexels.com/thelazyartist)

Meski tersedia dalam ukuran slim fit, jas dan blazer muncul dalam varian warna yang berbeda. Perbedaan jas dan blazer ini juga bisa dilihat dari motif yang dipilih untuk menambah kesan elegan. Warna basic dan netral menjadi ciri khas jas. Mayoritas potongannya pun terlihat polos tanpa motif.

Dalam hal warna, blazer lebih unggul sebab varian warnanya lebih bervariasi, mulai dari cerah hingga gelap. Blazer berwarna basic pun juga laris di pasaran. Selain warna, detail motif blazer juga juga memberi nilai plus tersendiri. Kamu bisa menemukan blazer bermotif polos, kotak-kotak, garis, dan motif menarik lainnya. Cukup sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: 9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! 

3. Jahitan

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan jahitan (unsplash.com/salvadorgodoyladrero)

Perbedaan jas dan blazer selanjutnya terlihat dari detail jahitan. Karena sifatnya eksklusif, jas dirancang oleh penjahit. Mesin jahit yang digunakan pun masih mesin jahit tradisional. Jas dirancang dengan jahitan berlapis tiga dengan tambahan furing pada seluruh bagian tubuh dan lengan bagian dalam.

Sebaliknya, blazer dirancang oleh penjahit maupun konveksi. Karena diproduksi massal, blazer dijahit menggunakan mesin jahit industri. Fashion item ini pun hanya memiliki satu lapisan tanpa furing di dalamnya.

4. Bagian lengan

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan bagian lengan (canva.com)

Selain jahitan, bagian lengan juga menjadi faktor perbedaan jas dan blazer. Terdapat dua garis sambung di sisi dalam dan luar pada jas. Tak cuma itu, kancing manset juga disematkan di bagian ujung lengan jas.

Di lain pihak, sambungan lengan blazer hanya ada di bagian dalam seperti kemeja pada umumnya. Tambahan cincin manset di ujung lengan blazer juga bersifat opsional.

Baca Juga: 5 Tips Mengenakan Setelan Jas untuk Pria, Jangan Sampai Gak Tahu!

5. Harga

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan harga (pexels.com/thelazyartist)

Perbedaan jas dan blazer terkesan mencolok dari segi harga. Karena dirancang khusus sesuai postur tubuh dan terbuat dari material unggul, harga jas cenderung lebih mahal. Meski begitu, kualitasnya yang prima cukup sepadan dengan dana yang harus kamu keluarkan. Selain diproduksi sesuai pesanan, jas hanya bisa ditemui di perusahaan yang khusus merancang jas.

Bahan blazer yang bisa ditemukan dengan mudah dengan kualitas yang tak sunggul jas menyebabkan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Fashion item ini pun bisa kamu dapatkan dengan mudah baik melalui toko fisik atau e-commerce pilihanmu.

6. Penggunaan

6 Perbedaan Jas dan Blazer yang Utama, Jangan Salah Pilih!Perbedaan jas dan blazer berdasarkan penggunaan (pexels.com/mentatdgt-330508)

Faktor penggunaan juga menjadi salah satu perbedaan jas dan blazer. Umumnya didesain sepasang dengan celana, jas dipakai untuk menghadiri acara-acara formal, misalnya pernikahan, pertemuan bisnis, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan jas, blazer tidak dilengkapi dengan celana sehingga kamu harus menentukan sendiri bawahan yang tepat untuk dipadukan dengan jas. Meski begitu, tak sedikit yang menjatuhkan pilihannya pada celana jeans untuk melengkapi penampilan. Karena terkesan santai tapi rapi, blazer ideal untuk dipakai di acara semi formal.

Itulah enam perbedaan jas dan blazer. Kini kamu tidak perlu bingung lagi dalam menentukan pakaian yang cocok untuk dikenakan. Yang terpenting, apa pun pilihanmu, sesuaikan dengan acaranya, Bro! 

Baca Juga: 10 Tips Pria Tampil Rapi yang Sayang Dilewatkan, Cobain Bro!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya